VMware dan Benefitnya untuk Infrastruktur Cloud Computing

Anda pasti sering mendengar VMware. Sebenarnya apa itu VMware? VMware adalah Perusahaan Cloud Computing dan Virtualisasi yang didirikan tahun 1998. VMware memiliki produk untuk memvirtualisasi hardware (Server, Storage, Network) Virtualisasi ini  membuat lapisan-lapisan abstrak pada hardware yang memungkinkan hardware seperti prosesor, memori, ruang penyimpanan, dan lain-lain dibagi menjadi beberapa komputer virtual yang biasa disebut virtual machine (VM). Setiap virtual machine ini menjalankan masing-masing sistem operasinya dan bertindak seperti komputer yang mandiri, meskipun masih menjadi bagian hardware dari komputer yang asli.

Seperti yang Anda bayangkan, virtualisasi bisa membuat penggunaan hardware komputer lebih efisien dan mampu meningkatkan laba investasi (ROI). Ini juga bisa membuat penyedia layanan cloud computing, baik itu private cloud maupun public cloud, melayani lebih banyak pengguna dengan hardware komputer yang sudah mereka miliki.

Benefit yang ditawarkan

Dengan menggunakan produk dan layanan VMware untuk infrastruktur cloud computing, Anda akan mendapatkan banyak benefit. Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pengalokasian IT resource secara efisien

VMware memungkinkan Anda menggunakan lebih banyak sumber daya komputer fisik. Administrator tidak suka menjalankan banyak aplikasi pada satu server karena jika ada satu aplikasi yang crash, itu bisa membuat OS-nya tidak stabil dan merusak aplikasi lain yang sedang dijalankan.

Salah satu cara untuk mengurangi risiko ini adalah dengan menjalankan masing-masing aplikasi dengan OS-nya sendiri-sendiri dan dengan virtual servernya masing-masing. Akan tetapi, ini akan sangat tidak efisien karena masing-masing OS akan memakan 30% dari CPU. Dengan VMware, Anda bisa menjalankan setiap aplikasi dengan OS-nya masing-masing di server yang sama, sehingga Anda dapat memanfaatkan daya CPU dengan lebih baik.

2. Efisiensi energi dan ruang

VMware memungkinkan Anda menjalankan banyak aplikasi dengan menggunakan lebih sedikit server fisik. Lebih sedikit server fisik jelas membutuhkan ruangan yang lebih sedikit di data center Anda, sehingga lebih efisien dalam hal energi dan ruang. 

3. Support Terbaik

VMware adalah penyedia layanan virtualisasi terdepan dan terpopuler karena memiliki lebih dari 500.000 pengguna. Mereka juga memiliki lebih dari 75.000 jaringan customer support dengan berbagai macam layanan dan produk tambahan.

Virtualisasi di VMware

Setelah sudah mengetahui penjelasan dari pengertian dan benefit, berikut adalah bermacam komponen virtualisasi dari VMware dan cara kerjanya.

1. VMware Hypervisor

VMware memvirtualisasikan komputer fisik dengan menggunakan hypervisor. Sebuah hypervisor merupakan layer tipis dari software yang berinteraksi dengan sumber daya yang ada di komputer fisik (Host), lalu mengalokasikan sumber daya tersebut ke sistem operasi lainnya (Guest). Sistem operasi Guest meminta sumber daya tersebut dari hypervisor.

Hypervisor membagi tiap sistem operasi Host sehingga bisa tetap bisa beroperasi tanpa ada gangguan dari yang lain. Jika salah satu sistem operasi Guest mengalami crash, tidak stabil, atau terkena malware, itu tidak akan memengaruhi performa dari yang lainnya.

2. VMware ESX

Pusat data VMware ESXi hypervisor fokus pada tipe 1 atau hypervisor “bare metal”, dengan menggantinkan sistem operasi utama yang mungkin akan berinteraksi dengan komponen fisik sebuah komputer. ESXi menggantikan ESX dan memiliki hypervisor lebih besar sehingga ESX sudah tidak lagi diproduksi.

  • VMware vs Hyper-V: Microsoft memiliki Hyper-V yang merupakan produk hypervisor yang bisa membuat Anda menjalankan beberapa sistem operasi di server yang sama. Seperti ESXi, Hyper-V adalah tipe 1 hypervisor yang berinteraksi dengan komputasi fisik dan sumber daya memori. Ketika diaktifkan, Hyper-V akan terinstall bersamaan dengan sistem operasi Windows, sehingga Windows memiliki akses langsung terhadap perangkat keras bawaan.
  • VMware vs Citrix: Citrix menawarkan virtualisasi aplikasi dan desktop, serta memiliki riwayat panjang di pasar integrasi desktop. Hypervisor utama yang ditawarkan adalah Citrix Hypervisor, dikenal sebagai XenServer, yang bersaing dengan VMware vSphere. Produk virtualisasi desktop dan aplikasi milik Citrix bersaing dengan Horizon yang merupakan kepunyaan VMware.
  • VMware vs KVM: Baik ESXi dan KVM milik VMware adalah hypervisor, tapi KVM adalah bagian dari kernel Linux. Keunggulan utama KVM atas ESXi adalah produk open source, sehingga dasar kodenya transparan. Seperti kebanyakan proyek open source, pasti membutuhkan pekerjaan ekstra. Anda juga bisa sekalian membeli Red Hat Virtualization. 

Cara install VMware Tools

Ada satu hal baik dengan memiliki sistem operasi kedua di komputer Anda yakni kemampuan mengganti data dengan sistem operasi pertama. Di sanalah VMware masuk. Ini adalah bagian krusial dari segala lingkungan VMware Workstation, dan memungkinkan sistem operasi Guest berjalan dalam hypervisor tipe 2 agar bisa bekerja lebih baik dengan sistem operasi Host.

Keuntungan menginstall VMware Tools juga akan membuat performa grafis lebih cepat dan membantu folder sharing antara sistem operasi Guest dan Host. Anda bisa menggunakannya untuk drag and drop, cut and paste antara dua sistem operasi.

Untuk mengintall VMware Tools, klik VM lalu install VMware Tools dari menu VMware Workstation. VMware Workstation akan mount virtual CD-ROM di sistem operasi Guest yang berisi installer VMware Tools. Anda lalu mengakses CD-ROM tersebut dan menjalankan installer-nya.

Tipe 2 hypervisor VMware bersaing dengan banyak produk lainnya di pasaran. Anda bisa melihat perbandingannya di bawah ini.

  • VMware vs Virtualbox: Virtualbox adalah tipe 2 hypervisor yang diproduksi oleh Innotek. Virtualbox gratis, produk open source yang memperbolehkan Anda menginstall dan menggunakannya di sistem operasi lain meskipun Anda sudah memilikinya di laptop atau komputer Anda. Setiap produk memiliki kelemahan dan kekuatan masing-masing di area yang berbeda. Produk VMware menawarkan grafis 3D bagus, sementara Virtualbox bisa membuat virtual disk images lebih banyak.
  • VMware vs Parallels: Parallels adalah tipe 2 hypervisor yang didedikasikan untuk menjalankan sistem operasi Guest di platform macOS, dan bersaing dengan VMmware Fusion. Parallels bisa digunakan dengan sekali pembayaran dan dengan model subscription.

Menggunakan VMware di public cloud maupun private cloud dari Indonesian Cloud bisa menjadi solusi untuk bisnis Anda. Karena selain infrastruktur elastis untuk aplikasi AI/ML melalui hardware accelerator seperti GPU, Anda juga bisa deploy berbagai data dan memory intensive application via analisis secara real-time.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.