Manfaat Private Cloud: Melindungi Data Anda Sebelum Hilang

Bayangkan di suatu hari Anda bangun dari tidur dan perusahaan Anda diretas hacker dan seluruh data yang ada hilang. Ribuan file, jutaan tetesan keringat, dan miliaran rupiah pendapatan perusahaan hilang dalam sekejap.

Anda pasti sudah sering mendengar perusahaan-perusahaan yang kerap dibobol penjahat siber. Situasi seperti ini mungkin seperti mimpi buruk, tapi faktanya hal seperti ini sangatlah nyata bagi perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki strategi cloud yang solid. 

Tipe cloud

Public cloud dan private cloud adalah dua jenis cloud yang berbeda. Akan tetapi, keduanya memiliki manfaat yang besar bagi perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang ingin hijrah ke komputasi awan, harus dengan cermat memilih jenis cloud mana yang dibutuhkan oleh mereka.

Public cloud adalah yang paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Public cloud digunakan untuk menjalankan web server dan sistem deployment. Keunggulan terbesar public cloud adalah biayanya yang terjangkau, sebab lingkungannya multi-tenant.

Multi-tenant berari ruang digital Anda terbagi dengan klien lainnya di server yang sama dan dikelola oleh sebuah data center. Dengan public cloud, Anda membeli “sebilah” server yang menjadi sumber kehidupan digital perusahaan Anda.

Penggunaan public cloud biasanya dibayar per jam, dan Anda bisa menskalakan layanannya sesuai kebutuhan. Paket pembayaran ini sangat ideal jika Anda secara terus-terusan membangun dan meruntuhkan server.

Di sisi lain, private cloud digunakan hanya oleh satu klien atau perusahaan. Data dan jaringan Anda berlokasi di sebuah lingkungan khusus, di mana itu semua tidak akan bisa terpengaruh oleh apa pun termasuk klien cloud lain di lingkungan yang sama.

Perusahaan berskala menengah, besar, dan yang bergerak di bidang kesehatan biasanya memilih menggunakan private cloud karena keamanannya, kepatuhan, dan skalabilitas. Contohnya perusahaan kesehatan yang memiliki banyak informasi pasien sensitif, mereka memerlukan pertahanan ekstra untuk melindungi data-data.

Tidak seperti public cloud, private cloud memberikan kendali penuh kepada perusahaan mengenai data beserta konfigurasinya.

Fitur dan manfaat private cloud

Private cloud memiliki banyak keunggulan dibandingkan public cloud. Simak penjelasan berikut ini:

  1. Kontrol

Private cloud biasanya berlokasi secara on-site atau di data center penyedia layanan cloud sendiri, sehingga mempermudah akses ketika sedang dibutuhkan. Tim IT Anda bisa secara efisien mengelola platform dan membuat perubahan-perubahan yang dibutuhkan. 

Tim IT Anda pun bisa memprediksi hal-hal seperti downtime dan kendala pada layanan atau produk. Mereka juga bisa dengan mudah mengatur penggunaan sumber daya untuk kebutuhan perusahaan.

Di sisi lain, bagi perusahaan yang menggunakan public cloud, mereka tidak akan memiliki fleksibilitas seperti itu. Pengguna public cloud tidak bisa secara bebas mengatur sumber daya yang ada.

  1. Stabilitas

Komputasi awan menggantikan hard drive, komputer, flash drive, dan USB. meskipun sejatinya penggunaan hal-hal tersebut masih lumrah untuk membangun platform ruang penyimpanan, private cloud menyediakan tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan mendistribusikan data ke situs hosting yang aman dan memastikan semuanya tetap online.

Akan tetapi, untuk perlindungan yang lebih baik lagi, Anda memerlukan protokol suara yang selalu siap kala harus melakukan pemulihan bencana atau backup.

Private cloud sangat nyaman digunakan untuk menyimpan data-data sensitif, sebab tim in-house Anda bertanggung jawab untuk memastikan hal tersebut. Anda tidak perlu khawatir tentang aktivitas klien cloud lain apakah dapat berdampak pada sistem Anda. Selain itu, Anda dapat mengatur infrastruktur IT Anda menjadi lebih efisien.

  1. Kustomisasi

Anda bisa mengonfigurasi platform Anda dengan cara terbaik yang cocok dengan kebutuhan perusahaan Anda. Private cloud bisa beradaptasi dengan perusahaan dengan berbagai ukuran, indurstri, tujuan, atau faktor lainnya.

Coba lihat persyaratan yang perusahaan Anda miliki dan pilih mana yang terbaik berdasarkan kebutuhan perusahaan. Anda bisa mempertimbangkan ketersediaan, keamanan, dan skalabilitas.

  1. Kepatuhan

Dengan kemampuan untuk bisa mengendalikan secara penuh cloud storage dan bandwidth, mengustom lingkungan, atau mengatur sistem keamanan, perusahaan-perusahaan yang menggunakan private cloud memiliki kendali lebih besar terhadap infratstruktur mereka.

Perusahaan-perusahaan bisa membangun sebuah platform yang patuh dengan hukum-hukum yang relevan dan regulasi industri. Berbanding terbalik dengan public cloud, data yang disimpan di private cloud sulit menjadi subjek dari inspeksi eksternal atau hal-hal lainnya.

  1. Ketersediaan

Keunggulan komputasi awan adalah Anda dapat menskalakan sumber daya yang Anda butuhkan. Bahkan jika ada satu server sedang down, data yang Anda miliki secara otomatis mereplika ke lokasi backup lainnya, sehingga data tersebut tetap tersedia kapan pun Anda mau.

Selain itu, selama periode traffic tinggi, bandwidth dan jaringan bisa diskalakan berdasarkan kebutuhan perusahaan Anda. Ini menjadi keunggulan nyata bagi perusahaan yang menggunakan private cloud.

  1. Memiliki nilai tambah

Soal biaya, jika dibandingkan dengan public cloud, private cloud jelas lebih mahal. Biaya sebenarnya dari infrastruktur Anda akan tergantung dari berbagai faktor. Namun, biaya yang tinggi sangat sepadan dibandingkan dengan risiko-risiko yang ada jika Anda tetap menggunakan public cloud.

  1. Keamanan tinggi

Akan sulit mencari opsi lain yang lebih aman dibandingkan dengan private cloud. Private cloud sangatlah baik untuk siapa pun yang ingin melindungi data mereka dan informasi dari para peretas.

Setiap perusahaan selalu menginginkan keamanan tingkat tinggi karena setiap data yang bocor bisa bikin tamat perusahaan. Dengan private cloud, tim in-house Anda bisa mengelola dan memiliki data-data. Sekalipun menggunakan data center pihak ketiga, Anda tetap bisa tahu di mana keberadaan pasti data Anda, sehingga dapat melakukan hal-hal yang diperlukan apabila terjadi isu.

Di ruang public cloud, seluruh informasi berada di sebuah shared platform. Masalah keamanan menjadi isu yang patut diperhatikan jika tidak menggunakan private cloud.

Meskipun public cloud menawarkan sederet manfaat seperti self-service, skalabilitas, dan biaya yang terjangkau, private cloud tetap lebih unggul karena memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Kesuksesan perusahaan bergantung pada keamanan dan kendali pada data-data yang dimiliki. Private cloud adalah solusi paling masuk akal untuk segala jenis dan bentuk perusahaan.

Jika perusahaan Anda bergerak di industri yang memerlukan keamanan data, beroperasi di bawah regulasi ketat, atau setidaknya memang membutuhkan keamanan tingkat tinggi dan kustomisasi, private cloud adalah pilihan tepat tanpa perlu berpikir panjang.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.