Ancaman Yang Dapat Di Cegah oleh WAF

Salah satu aspek terpenting dari manajemen website di masa sekarang adalah kemampuan untuk tetap berada di depan dari kerentanan paling kritis, risiko keamanan, dan ancaman lainnya. Sebetulnya, hal-hal tersebut mampu dicegah oleh Web Application Firewall (WAF).

Ada sejumlah ancaman dan tren keamanan siber yang diperkirakan akan muncul di masa mendatang, sehingga penting adanya bagi perusahaan untuk memiliki WAF. Pasalnya, WAF mampu menangani ancaman siber yang ter-update sekalipun.

Sebagai salah satu elemen penting keamanan siber, WAF sudah digunakan oleh banyak perusahaan besar. Supaya mendapat gambaran pentingnya penggunaan WAF, berikut ancaman-ancaman siber yang WAF mampu tangani:

Advance Phishing

Sekarang, serangan phishing sudah semakin canggih. Seperti diketahui, phising menggunakan pesan digital untuk mengelabui orang-orang agar mengklik tautan untuk mengungkap informasi sensitif atau menginstal malware.

Mayoritas karyawan perusahaan tahu bahwa mengklik tautan yang terlihat mencurigakan seperti phishing email bukanlah ide yang baik. Akan tetapi, kesadaran ini justru membuat para peretas semakin licik dan canggih dalam membuat suatu phishing.

Peretas telah menggunakan machine learning untuk membuat pesan penipuan yang tampak kredibel, lalu dikirim dengan harapan bahwa penerima tidak sadar membukanya. Ini secara tidak sengaja akan membahayakan sistem dan jaringan perusahaan mereka sendiri.

Serangan phishing semacam ini memungkinkan peretas untuk informasi login dan berbagai bentuk informasi keuangan pribadi seperti kartu kredit. Peretas juga dapat memiliki akses ke database perusahaan.

Kerentanan Cloud

Salah satu tantangan keamanan dunia maya terbesar yang sepertinya akan selalu dihadapi bagi perusahaan-perusahaan adalah kerentanan cloud. Cloud semakin banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk menyimpan informasi sensitif yang berkaitan dengan operasi bisnis dan karyawan mereka. Meskipun sangat berguna bagi perusahaan, cloud juga mmenyimpan risiko tinggi.

Kabar baiknya adalah bahwa kerentanan cloud juga merupakan salah satu ancaman yang dapat dicegah oleh WAF, sehingga Anda tidak perlu lagi cemas dalam menggunakan cloud dalam setiap aktivitas perusahaan.

  1. Isu Patching

Masalah yang berkaitan dengan patching dapat mengakibatkan terbukanya gerbang yang dapat digunakan sebagai titik masuk para penyerang siber. Ketika sebuah patch yang telah dirilis tidak memiliki efisiensi yang baik, ini cenderung menghasilkan lebih banyak contoh patch bypass. 

Namun, WAF dapat membantu agar virtual patches dikirimkan ke website secara otomatis jika terdeteksi ada kerentanan dalam perangkat lunak. Anda pun tidak perlu khawatir lagi jika sudah memiliki WAF.

  1. Injection

Code injection terjadi saat penyerang mengirim data yang tidak valid ke aplikasi web untuk mencoba dan membuatnya melakukan sesuatu yang tidak dimaksudkan. Kurangnya validasi dan sanitasi data yang digunakan aplikasi web merupakan inti dari kerentanan code injection. Artinya, kerentanan ini ada di hampir semua jenis teknologi.

Teknologi yang digunakan oleh website akan menentukan metode yang dapat digunakan untuk mencegah kerentanan code inejction. Bagi sang pemilik website itu sendiri, WAF yang sudah disesuaikan adalah salah satu cara terbaik untuk mempertahankan website dari bahaya serius yang bisa kapan saja mengancam.

  1. Evolusi Strategi Ransomware

Setiap tahunnya ada miliaran juta rupiah hilang akibat serangan ransomware. Para peretas sekarang sudah menggunakan teknologi yang canggih untuk memungkinkan mereka mencuri database perusahaan atau individu, lalu menyanderanya demi tebusan uang. Semakin ramainya cryptocurrency seperti Bitcoin juga memicu munculnya serangan ransomware, sebab ini memungkinkan pembayaran secara anonim untuk permintaan tebusan.

Dengan organisasi yang terus meningkatkan fokus mereka pada pembangunan pertahanan yang lebih tangguh untuk mencegah serangan ransomware, para ahli percaya bahwa individu kaya dapat menjadi target besar berikutnya bagi peretas. Namun, untungnya serangan ransomware adalah salah satu ancaman yang dapat dicegah oleh Web Application Firewall. Web Application Firewall dapat terus memantau website dan aplikasi untuk menemukan dan mencegah serangan semacam itu.

  1. Serangan Siber dengan Artificial Intelligence (AI)

Hampir semua jenis industri telah mengalami masalah yang diakibatkan oleh AI dan machine learning. Secara keseluruhan, meskipun AI sendiri terbukti telah memberikan dampak besar yang positif bagi teknologi, AI sejatinya juga dapat menjadi alat yang berguna bagi penjahat dunia maya untuk melakukan aksi kriminalnya.

Sayangnya, kemampuan AI yang digunakan untuk mendeteksi dan mencegah serangan dunia maya, ternyata uga digunakan untuk melakukan serangan dunia maya yang sangat canggih oleh para peretas. AI digunakan dalam bentuk perangkat lunak berbahaya yang kompleks dan sangat adaptif terhadap pertahanan yang sudah dibuat oleh perusahaan-perusahaan..

Selain itu, ancaman besar berikutnya di bidang keamanan siber adalah AI fuzzing dan machine learning. Ancaman-ancaman seperti itu membuat keberadaan Web Application Firewall sangat dibutuhkan bagi perusahaan-perusahaan.

Ancaman-ancaman siber yang mampu dicegah oleh Web Application Firewall terlalu banyak untuk disebutkan. Namun, jelas ini menjadikan Web Application Firewall alat yang sangat berharga bagi perusahaan-perusahaan. Hubungi Indonesian Cloud untuk memastikan perusahaan Anda memiliki perlindungan terbaik.

Anda tinggal mengonsultasikan kebutuhan perusahaan Anda dengan kami mengenai Web Application Firewall. Kami menyediakan Cloudflare WAF, F5 WAF, dan Imperva WAF yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan perusahaan Anda.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.