Begini Cara Cek SLIK OJK Online

Cara melakukan cek SLIK OJK online, ada atau tidak? Jika bisa, caranya bagaimana? Dikarenakan BI Checking yang saat ini telah berubah jadi SLIK OJK dapat skor yang jelek, membuat banyak orang yang akan ajukan pinjaman KTA atau KPR jadi kesulitan. Bahkan tak sedikit yang juga dapat penolakan dalam pengajuannya. 

BI (Bank Indonesia) sebagai bank sentral Indonesia mempunyai data yang isinya riwayat kredit ataupun pinjaman nasabah pada bank amaupun lembaga keuangan lain non-bank. Namun, sejak awal 2018 lalu, sistem SID (Sistem Informasi Debitur) telah dialihkan pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Peralihan ini juga ikut dalam mengubah nama layanan jadi SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). 

Itu artinya jika BI sudah tidak lagi berikan layanan SID. Masyarakat yang ingin untuk lakukan pengecekan mengenai kolektibilitas kredit dapat melakukan pada OJK. 

Cara untuk Cek SLIK OJK Online serta Syaratnya

Untuk memberikan dukungan pada upaya pencegahan virus corona (Covid-19), sejak bulan Maret 2020, masyarakat telah bisa untuk melakukan cek SLIK OJK online. Cara mengeceknya pun cukup mudah. Anda bisa ikuti berbagai langkah di bawah ini untuk mengeceknya. 

  • Buka dahulu halaman konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi untuk lakukan pengisian formulir antrean secara online. 
  • Pilih tanggal antrean dan jenis permohonan. Apabila tanggal yang Anda inginkan penuh, maka Anda bisa pilih tanggal serta jam lainnya yang masih ada. Untuk keterangan tentang Kantor OJK, Anda bisa memilih Kantor Pusat OJK.
  • Isi Formulir Profil Debitur dengan data diri Anda yang lengkap dan tentunya benar. 
  • Lengkapi permohonan dengan unggah foto, hasil scan dokumen yang asli dan yang menjadi syarat untuk melakukan pengecekan SLIK OJK online, misalnya saja:
    1. Untuk debitur yang perorangan : KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA.
    2. Untuk debitur yang badan usaha: Identitas dari pengurus (KTP atau Paspor seperti di atas), NPWP usaha, serta Akta Pendirian maupun Anggaran Dasar Pertama atau Akta Pendirian maupun Anggaran Dasar Terakhir apabila Akta alami perubahan. 
  • Menunggu konfirmasi bukti dari Registrasi Antrean SLIK Online OJK lewat email yang sudah didaftarkan. 
  • Pihak OJK akan lakukan verifikasi data. Apabila telah terverifikasi, OJK akan kirim email hasil validasi Antrean, selambat-lambatnya H-2 dari tanggal antrean. 
  • Ikuti instruksi yang ada pada email validasi yang diterima, seperti:
    1. Mencetak serta melengkapi data yang diminta pada formulir yang dikirim lewat email. Lalu, tanda tangani tiga kali. 
    2. Foto ataupun scan formulir yang sudah ditandatangai tersebut, lalu kirim pada nomor WhatsApp yang ada di dalam email. 
    3. Kirimkan foto diri dengan tunjukkan KTP.
    4. Tunggu hingga OJK lakukan verifikasi serta apabila dibutuhkan, lalukan panggilan video.
  • Setelah data lolos verifikasi di WhatsApp, OJK akan kirimkan hasil dari iDeb SLIK serta car abaca iDeb lewat email. 

Nah, begitulah cek SLIK OJK online. Anda tentunya bisa melakukan pengecekan langsung dari rumah, karena OJK tak lagi layani permintaan pengecekan dikuasakan. 

Selamat! Indonesian Cloud Jetski Racing Team Peroleh Runner Up Dunia

Atlet Jetski andalan Indonesia, Aqsa Sutan Aswar berhasil menyabet Runner Up Juara Dunia untuk Indonesia dalam gelaran World Finals 2021, Lake Havasu City, Arizona-USA...

Fitur-Fitur Menarik yang Terdapat pada Saat Pembelajaran LMS dan Wajib untuk Diketahui

Akhir-akhir ini bagi kalian Bapak dan Ibu guru sudah tidak asing dengan istilah LMS atau yang sering dikenal dengan sebutan Learning Management System.  Istilah...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.