Apa Itu Private Cloud ?

Private cloud  adalah salah satu  jenis layanan  cloud computing yang memiliki kelebihan hampir menyerupai public cloud, yaitu tingkat keamanan data yang baik serta fleksibilitas  yang bisa disesuaikan dengan organisasi namun memiliki infrastruktur yang  bersifat pribadi atau eksklusif 

Tidak seperti layanan public cloud yang memberikan layanan pada beberapa  organisasi atau kepada banyak pengguna. Private cloud lebih berfokus pada pelayanan yang diberikan pada lembaga perseorangan atau single organization.

Layanan  private cloud biasanya digunakan  oleh satu organisasi saja dan memastikan bahwa layanan tersebut benar- benar terisolasi dari organisasi lainnya. Perusahaan atau organisasi seringnya menggunakan layanan ini dengan sistem sewa bulanan. Private cloud  sering juga diubah untuk disesuaikan  dengan kebutuhan sebuah perusahaan atau organisasi. 

Private cloud biasanya juga hanya digunakan oleh lembaga resmi seperti lembaga pemerintahan serta beberapa perusahaan yang membutuhkan perlindungan pada   data- data yang dianggap penting dan juga berharga, 

Cara Kerja Private Cloud

Dalam penerapannya Private cloud services merupakan single  tenant environment yang artinya organisasi atau perusahaan yang menggunakan layanan private cloud services tidak berbagi dengan organisasi atau penyewa lain dari layanan tersebut. Resources dari layanan tersebut dapat di – host dan dikelola dengan berbagai macam cara. 

Private cloud services bisa saja memiliki resources dan infrastruktur yang sudah ada di Data Center organisasi tersebut atau pada infrastruktur baru yang disediakan oleh pihak ketiga.

Dalam beberapa kasus yang berbeda single tenant environment diaktifkan hanya menggunakan virtualization software . Sedangkan dalam kasus lain , private cloud dan resourcesnya  disediakan hanya untuk  satu user atau satu pengguna saja. 

Private cloud mengandalkan beberapa teknologi agar bisa bekerja dengan baik. Memahami cara kerja virtualisasi adalah cara terbaik agar private cloud bekerja dengan lancar. Private cloud menggunakan teknologi virtualisasi untuk menggabungkan sumber daya yang bersumber dari perangkat keras fisik ke dalam kumpulan beberapa data. Dengan cara ini cloud tidak harus membuat lingkungan dengan memvirtualisasikan sumber daya dari sekumpulan sistem fisik yang berbeda.

Proses IT ini dapat mengambil semua sumber daya tersebut dari satu sumber seperti layaknya supermarket data.

Menambahkan beberapa lapisan software manajemen memberikan kontrol administratif atas infrastruktur, platform, aplikasi, dan data yang akan digunakan di cloud dengan membantu admin cloud melacak dan mengoptimalkan penggunaan, mengawasi titik integrasi, dan menyimpan atau memulihkan data. 

Ketika lapisan otomatisasi akhir ditambahkan untuk mengganti atau mengurangi instruksi yang dilakukan oleh manusia atau pengguna dari layanan cloud tersebut, Maka komponen layanan mandiri dari cloud selesai  dan  gabungan dari beberapa teknologi tersebut kini menjadi satu kumpulan sistem private cloud

Keuntungan Menggunakan Private Cloud

Manfaat utama yang didapatkan  oleh sebuah  organisasi dengan menjalankan sistem private cloud adalah fleksibilitas, ketersediaan sumber daya yang terjamin, keamanan data yang tinggi, ketepatan dalam pengaturan dan dalam beberapa kasus termasuk  perusahaan juga bisa melakukan penghematan biaya  dengan mudah.

Beberapa manfaat lain  dari  teknologi cloud computing  didapatkan dari penggunaan teknologi virtualisasi yang menjadi dasar dari semua teknologi cloud computing yang saat ini digunakan. 

Sebagian besar server penggunaannya kurang maksimal  dan teknologi  virtualisasi memberikan kemudahan bagi pengguna private cloud dengan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik, karena beban kerja dapat diterapkan ke server fisik yang berbeda saat permintaan sumber daya berubah.

Salah satu alasan mengapa hal ini bisa terwujud adalah adalah fleksibilitas yang didukung dengan adanya teknologi  virtualisasi. Teknologi ini memungkinkan banyak aplikasi dan bahkan sistem operasi untuk beroperasi pada mesin fisik yang sama. Selain itu, jika persyaratan sumber daya aplikasi berubah, sumber daya yang didedikasikan untuk server virtual tertentu yang menjalankan aplikasi dapat disesuaikan dengan aplikasi yang  telah berubah sebelumnya.

Siapa yang Harus Menggunakan Private Cloud?

Setelah organisasi menentukan kebutuhan dan prioritas cloudnya, organisasi tersebut dapat menentukan apakah private cloud adalah kebutuhan IT  yang tepat bagi perusahaanya. .

Untuk beberapa organisasi, private cloud  akan menjadi satu-satunya pilihan realistis untuk memastikan ketepatan  terhadap peraturan. Misalnya “informasi kesehatan yang dilindungi secara elektronik”, dibuat, diterima, disimpan, dan dikirim dengan cara yang menjamin kerahasiaan, integritas, dan ketersediaannya pada pengguna .

Private Cloud  juga harus dipertimbangkan oleh organisasi yang mendapatkan keuntungan dari peningkatan fleksibilitas lingkungan virtual. Banyak organisasi, terutama di antara bisnis menengah dan besar, menjalankan berbagai aplikasi yang berbeda di pusat hardware mereka masing – masing.

Virtualisasi server yang menjalankan aplikasi tertentu, seperti email, memungkinkan organisasi untuk menambah atau mengurangi sumber daya yang tersedia untuk itu. Hal ini memungkinkan peningkatan kinerja, karena server yang menjalankan aplikasi yang lebih intensif sumber daya disediakan akan lebih banyak  menggunakan daya komputasi atau memori.

Ini juga cara untuk mengurangi biaya, karena peningkatan sumber daya diambil dari server yang kurang dimanfaatkan, server tersebut lebih baik digunakan  daripada disewakan atau dibeli secara terpisah.

Untuk menentukan apakah akan mendapat manfaat dari penerapan teknologi private cloud Organisasi atau perusahaan harus mengevaluasi persyaratan fleksibilitas, keamanan, kepatuhan, dan biayanya. Itu juga harus mempertimbangkan aplikasi yang digunakannya dan lingkungan apa yang cocok untuk mereka, dan kapasitas serta kebutuhan dari perusahaan itu  sendiri. 

Kesimpulan dan Penutup

Layanan private cloud biasanya dapat secara fisik ditempatkan di pusat data di situs organisasi atau perusahaan yang dimiliki pengguna. Atau menggunakan jasa hosting dari  penyedia layanan pihak ketiga. 

Pada layanan private cloud, server dan segala infrastruktur yang menyusun layanan secara bersamaan  dikelola dengan perangkat keras serta software di jaringan pribadi  yang dikhususkan  untuk  organisasi dan korporasi tertentu yang ada di jaringan itu saja.  

Dengan kata lain,   cara ini juga memudahkan sebuah organisasi dan korporasi untuk mengubah secara spesifik  serta mengkustomisasi  kebutuhan teknologi yang dibutuhkan . Perusahaan bebas menambah dan mengurangi infrastruktur sesuai kebutuhan IT perusahaan. 

Layanan  private cloud biasanya digunakan oleh lembaga pemerintahan, lembaga keuangan dan beberapa perusahaan menengah hingga perusahan berskala besar. Layanan ini juga sangat menguntungkan berbagai macam organisasi dan juga perusahaan tertentu, karena sifat yang memanfaatkan teknologi virtualisasi. Beberapa data yang bersifat pribadi dan juga rahasia  ,baik itu milik organisasi dan perusahaan dapat benar benar terjaga kerahasiaannya  

Pemanfaatan biaya yang tepat pun  menjadi pertimbangan banyaknya perusahaan yang menggunakan private cloud sebagai layanan cloud computing untuk perusahaan mereka. Karena layanan ini juga bisa dengan mudah disesuaikan dengan lingkungan,  kebutuhan dan kapasitas serta biaya yang dimiliki sebuah perusahaan atau organisasi. fleksibilitas dan performa tinggi menjadi kunci dari private cloud bisa bermanfaat dengan baik dalam sebuah organisasi. 

Alasan Perusahaan Sebaiknya tidak Menggunakan Email Gratisan dan Solusinya

Di masa sekarang, email adalah tulang punggung dari setiap perusahaan. Dengan email, Anda bisa dengan mudah berkomunikasi secara internal ke sesama kolega di perusahaan,...

Apa Itu Private Cloud ?

Private cloud  adalah salah satu  jenis layanan  cloud computing yang memiliki kelebihan hampir menyerupai public cloud, yaitu tingkat keamanan data yang baik serta fleksibilitas ...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.

× Butuh Bantuan? Chat Kami!