Apa Itu Cloud Server?

Cloud server adalah sebuah server virtual yang berjalan di lingkungan cloud computing. Cloud server membangun, menyimpan, dan mengirim setiap data via platform cloud computing melalui internet. Cloud server memiliki seluruh software yang dibutuhkan untuk menjalankan dan bisa berfungsi sebagai unit yang independen.

Sementara itu, cloud sendiri merupakan istilah yang sering digunakan untuk beberapa server yang tersambung dengan internet yang disewakan sebagai sebuah software atau aplikasi. Layanan berbasis cloud bisa termasuk web hosting, data hosting, atau software. Cloud juga bisa merujuk pada cloud computing, di mana beberapa server tersambung menjadi satu kesatuan untuk membagikan data. Itu artinya ketimbang menggunakan satu server, sebuah proses yang kompleks bisa didistribusi via komputer-komputer yang lebih kecil.

Apa kelebihan cloud server?

  • Sebuah cloud server bisa memberikan perusahaan stabilitas dan keamanan karena masalah software yang bisa saja terjadi terisolasi dari lingkungan Anda. Server cloud lain tidak akan berdampak pada server Anda atau sebaliknya. Jika seorang pengguna lainnya terlalu membebani server, ini tidak akan berdampak pada cloud server Anda tidak seperti server fisik.
  • Cloud server stabil, cepat, dan aman. Cloud server bisa menghindari isu pada hardware yang biasa terjadi pada server fisik. Cloud server juga opsi paling stabil untuk perusahaan yang menginginkan budget mereka tetap minimal.
  • Cloud server juga sangat menguntungkan. Anda akan mendapatkan lebih banyak sumber daya dan layanan lebih cepat daripada Anda mengeluarkan jumlah dana yang sama untuk sebuah server fisik. Website yang cloud-hosted juga akan bisa berjalan lebih cepat.
  • Anda akan mendapatkan skalabilitas dengan penggunaan cloud server. Cloud server sangat cepat dan mudah di-upgrade dengan menambahkan memori dan ruang penyimpanan. Selain itu, cloud server juga terbukti lebih terjangkau.

Cara kerja cloud server

Cloud server adalah server virtual yang di-deployed in lingkungan cloud. Ini bisa dilakukan dengan mengombinasi sebuah kumpulan server menjadi satu lalu mendistribusikan sumber daya ke komputer individu.

Cloud server bekerja dengan menggabungkan beberapa server menjadi satu server raksasa. Contohnya, jika ada 20 server di pusat data, mereka akan dikombinasi seolah adalah satu server raksasa. Anda bisa bayangkan layaknya mengombinasi beberapa flash drive.

Sekarang karena sudah ada sumber daya komputasi dalam jumlah besar, ruang penyimpanan dapat dengan mudah didistribusi ke orang-orang. 

Perbedaan Dedicated vs Cloud Server

Di masa sekarang, sebuah perusahaan memiliki dua opsi apakah memilih penggunaan cloud server atau dedicated server. Berikut perbedaan mencolok antara dua hal tersebut:

Biaya operasional

Cloud server: Cloud server memiliki keunggulan berupa biaya yang lebih terjangkau dan tidak perlu pembayaran di awal untuk membeli atau maintenance infrastruktur. Cloud bisa dikonfigurasi untuk memberikan bisnis Anda fitur yang sama dengan dedicated server. Cloud lebih bisa diandalkan karena berjalan di beberapa server. Bahkan jika ada salah satu komponen yang fail, pelayanan tetap bisa berjalan dari server lainnya. Cloud tersedia di internet dan bisa membuat penggunanya mengakses data dari lokasi mana pun. Pengguna membayar berdasarkan layanan yang mereka gunakan.

Dedicated server: Dedicated server bukan hanya memiliki biaya setup yang mahal, tapi juga membutuhkan ongkos tambahan untuk maintenance. Sebuah perusahaan yang irit secara finansial harus menghindari dedicated server karena biaya di awal yang sangat mahal. Lebih lanjut, server-server ini membutuhkan administratornya masing-masing. Kurangnya jumlah administrator akan menjadi mimpi buruk karena harus mengonfigurasi lebih dari satu server.

Manajemen

Cloud server: Meskipun dedicated server juga menawarkan kemudahan, tapi tetap tidak semudah mengatur sebuah cloud server. Manajemen cloud server sudah menjadi porsi kerjaan vendor. 

Dedicated server: Dedicated server adalah sebuah server fisik dan Anda memiliki semua server untuk website Anda sendiri. Dedicated server jelas lebih aman dan memiliki performa yang baik karena Anda memiliki kendali penuh dan karyawan IT yang berdedikasi sepenuhnya untuk mengontrol server.

Reliability

Cloud server: Cloud server mampu membuat beberapa instansi data. Jika dibutuhkan, data dari server bare metal bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan klien, sehingga bisa memastikan kelanjutan pengiriman konten ke database klien. 

Dedicated server: Dedicated server seperti memiliki pulau sendiri, sehingga lebih aman. Akan tetapi, dedicated server memiliki satu kelemahan. Satu kesahalan kecil bisa membuat seluruh sistem down atau lebih buruknya mati total. Dengan dedicated server, Anda perlu backup database untuk mem-backup server lalu bisa memulihkannya jika ada bencana terjadi.

Bagaimana menggunakan cloud server?

Setelah Anda mengetahui cloud server mana yang ingin Anda gunakan, akan sempurna untuk memilih suatu lokasi spesial sebagai tempat. Sangat direkomendasikan Anda memiliki banyak pengguna di lokasi tersebut.

Contohnya, jika Anda memiliki konsumen di Eropa atau Amerika Serikat, coba pilih cloud server di lokasi tersebut. Ini bisa membuat Anda makin percaya diri akan bisnis Anda dan menghindari respons latensi.

Bagaimana menggunakan cloud server? Anda bisa menggunakannya seperti gudang big data, sama seperti server komputer untuk manajemen software, marketing, atau kegunaan lainnya yang membutuhkan software pada bisnis Anda.

Anda dapat mengskalakan cloud server Anda jika dibutuhkan sesuai dengan sumber daya yang dibutuhkan. Tidak perlu membuat jadwal maintenance untuk mengubah skalabilitas cloud Anda. Hanya dibutuhkan beberapa klik di Control Panel dan Anda sudah siap.

Cloud sangat mudah digunakan sehingga Anda tidak perlu tambahan karyawan IT dan melatih mereka. Di waktu yang bersamaan, cloud bisa secara efisien mengatur traffic tinggi yang kapan saja bisa muncul dan Anda tidak perlu meng-cover bandwidth atau resource tambahan. 
Di Indonesia Cloud, dengan keahlian kami dalam teknologi virtualisasi, kami menawarkan layanan public cloud yang berkinerja tinggi, aman, dan andal. Kami juga menyediakan privatecloud yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan internal dari suatu perusahaan atau organisasi.

Alasan Perusahaan Sebaiknya tidak Menggunakan Email Gratisan dan Solusinya

Di masa sekarang, email adalah tulang punggung dari setiap perusahaan. Dengan email, Anda bisa dengan mudah berkomunikasi secara internal ke sesama kolega di perusahaan,...

Apa Itu Private Cloud ?

Private cloud  adalah salah satu  jenis layanan  cloud computing yang memiliki kelebihan hampir menyerupai public cloud, yaitu tingkat keamanan data yang baik serta fleksibilitas ...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.

× Butuh Bantuan? Chat Kami!