6 Manfaat Transformasi Digital Untuk Perusahaan Anda

Istilah transformasi digital sedang sering didengungkan belakangan ini. Akan tetapi, apa arti sebenarnya dari transformasi digital? Transformasi digital terjadi saat sebuah perusahaan merombak segala proses, strategi, kompentensi, dan aktivitas dengan menggunakan teknologi terbaru untuk mencapai tujuan. Perusahaan-perusahaan yang sudah memulai implementasi transformasi digital sudah merasakan keuntungannya seperti menjadi lebih kompetitif, agile, kolaboratif, scalable, dan lingkungan kerja yang aman.

Ekosistem bisnis terus berkembang, tapi kenapa harus melakukan transformasi digital? Karena digitalisasi sudah merambah ke semua aspek kehidupan, perusahaan-perusahaan juga harus mengimplementasi transformasi digital untuk efisiensi dan lebih kompetitif di pasar. Transformasi digital termasuk menggunakan teknologi berbasis cloud untuk mengubah proses kerja perusahaan dan lingkungan IT. 

Publik mengira transformasi digital hanya sekadar mengimplementasi teknologi digital terbaru, kecerdasan buatan, atau machine learning. Namun, transformasi digital juga mencakup keberlangsungan perusahaan untuk terus memiliki performa lebih baik, kemudahan kolaborasi antarkaryawan, ekspansi bisnis, dan meningkatkan customer experience.

6 Manfaat Digital Transformation Bagi Sebuah Perusahaan

Seluruh karyawan dalam sebuah perusahaan akan terdampak pada transformasi digital ini, mulai dari para petinggi, tenaga IT, divisi yang menggunakan software tertentu, dan bahkan konsumen. Meskipun terdapat bermacam-macam divisi dan posisi dalam sebuah perusahaan, mereka semua akan mendapat keuntungan transformasi digital. Berikut 6 keuntungannya:

  1. Business Insight yang Lebih Kredibel

Transformasi digital akan mengubah Anda dalam menjalankan bisnis. Dengan implementasi platform data insight, Anda akan mendapatkan koleksi data-data dan dashboard inti di mana metrik bisnis dengan mudah ditemukan. Perusahaan bisa menggunakan data-data tersebut untuk meningkatkan dan menunjang banyak inisiatif, seperti product development, marketing, dan customer service

Untuk para petinggi IT, akan ada real-time analytic yang akan meningkatkan efektivitas dan kepuasan konsumen. Melalui aplikasi data analytic, para petinggi IT, marketing, dan petinggi lainnya bisa dengan efektif menentukan kebijakan bisnis untuk perusahaan.

Man look graphic chart, business analytics concept, big data processing icon, virtual reality interface, server room admin administrator, isometric illustration vector neon dark
  1. Melindungi dan Mengontrol Data

Dengan makin maraknya pencurian data, proteksi data menjadi hal yang paling penting untuk banyak perusahaan di era digitial ini. Beberapa orang mungkin memiliki keraguan akan cloud service, namun rata-rata cloud provider Indonesia seperti Indonesian Cloud sudah memiliki proteksi keamanan yang bagus, privacy, tata kelola yang kuat, sehingga cloud menjadi hal esensial untuk bentuk transformasi digital apa pun. 

Dengan teknologi modern yang bisa dipasang baik untuk on-premise dan lingkungan cloud, perusahaan tidak lagi perlu khawatir soal keamanan. Perusahaan pun akan dengan mudah melindungi baik itu perangkat mereka, atau back-up data jika terjadi bencana dalam bentuk apa pun.

  1. Mempermudah Operasional

Jika perusahaan Anda sangat bergantung pada proses atau prosedur yang kompleks, Anda tidak sendirian. Salah satu keuntungan besar dai transformasi digital adalah menyederhanakan proses operasional yang ada sehingga menjadi lebih efektif. Juga penting untuk membangun proses operasional yang baru tersebut dengan tujuan yang jelas. Tanpa tujuan yang jelas, teknologi baru yang dipakai akan tampak berlebihan atau dipaksakan, sehingga jadi kurang efektif.

Contoh Aplikasi yang banyak memudahkan sekaligus mengefisienkan operasional perusahaan antara lain CBAS SLIK OJK (untuk melihat track record keuangan Nasabah), Cloudd Document Management System untuk urusan administrasi dan arsip dan Zimbra Mail & Collaboration yang dapat membantu proses kerja tim di perusahaan Anda.

Kolaborasi jadi semakin mudah berkat transformasi digital perusahaan
  1. Reinvest

Fokus utama dari transformasi digital adalah untuk investasi teknologi yang akan membuat perusahaan maju. Karena tingginya tekanan pasar, banyak perusahaan yang memensiunkan sistem lama. Dengan menukar sistem lama dengan scalable, teknologi berbasis cloud, bisnis Anda berarti ikut mendukung lingkungan kerja yang modern. 

Anda sama saja seperti mengeluarkan uang yang lebih sedikit untuk memelihara hardware lawas atau sistem yang ketinggalan zaman, lalu diinvestasikan ke inisiatif-inisiatif baru yang fokus pada konsumen. Dengan reinvest, Anda bisa menciptakan lingkungan kerja modern karena ikut membantu bisnis mencapai keinginan konsumen dengan lebih efisien.

  1. Kolaborasi Modern

Teknologi terbaru juga membuat kolaborasi antarkaryawan dalam perusahaan menjadi lebih mudah, sehingga ini menjadi komponen utama dalam transformasi digital yang sukses. Bisa membuat karyawan-karyawan bekerja dengan cara ini, juga mengurangi tugas-tugas rumit yang bisa menghambat produktivitas. Cara kerja baru nan dinamis seperti berbagi file via cloud, membuat situs internal, akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

  1. Prioritaskan Produktivitas

Platform teknologi berbasis cloud jelas akan meningkatkan efisiensi operasional sebuah perusahaan. Platform seperti ini juga meminimalisir masalah yang bisa menghambat produktivitas, sekaligus membebaskan beban kerja staf IT agar bisa lebih fokus pada proyek yang memiliki prioritas lebih tinggi. 

Karyawan juga bisa menjadi lebih produktif karena mereka memiliki pengetahuan baru soal aplikasi-aplikasi modern. Kunci untuk memaksimalkan transformasi digital adalah memastikan seluruh karyawan dilatih secara tepat untuk memakai aplikasi bisnis yang baru.


Tantangan Perusahaan Dalam Melakukan Transformasi Digital

Ketika sedang menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk transformasi digital, Anda juga perlu dengan proaktif menyiapkan rencana apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya, karena dibutuhkan seluruh unit bisnis untuk ikut serta, proses implementasi transformasi digital bisa menjadi rumit, maka itu diperlukan rencana paripurna soal budget sehingga bisa memaksimalkan return on investment (ROI). Maka itu, Anda perlu menyimak tantangan-tantangan apa saja yang bisa terjadi berikut ini:

  1. Prioritas Tidak Sejalan

Sebelum sebuah perusahaan melakukan transformasi digital, penting untuk seluruh karyawan mengetahui tujuan proyek ini. Jika dari awal prioritas tidak sejalan, ini bisa membuat karyawan atau stakeholder kurang puas atau porsi budget dipangkas. Bahkan menurut survey Mulesoft, 69% terdapat perbedaan antara para petinggi bisnis dengan ahli IT di sebuah perusahaan soal apa yang bisa dicapai oleh transformasi digital.

Tantangan Perusahaan Dalam Melakukan Transformasi Digital
Tantangan Perusahaan Dalam Melakukan Transformasi Digital
  1. Budaya Perusahaan

Budaya bisa menjadi madu atau racun dalam transformasi digital. Toxic atau budaya kurang efisien di sebuah perusahaan bisa menjadi penentu keengganan para karyawan untuk mengadopsi teknologi yang baru. Jika ini terjadi, investasi infrastruktur teknologi yang sudah dipasang bisa tidak maksimal.

  1. Infrastruktur yang Sudah Ada

Sistem atau infrastruktur IT lawas yang tidak lagi diproduksi oleh vendor bisa menjadi kerikil dalam transformasi digital. Banyak perusahaan yang tetap bergantung pada sistem lawas ini karena mereka takut kehilangan uang dan ketidaknyamanan ketika migrasi ke sistem baru. Namun, jelas lebih mahal jika Anda tetap menggunakan sistem lama ini karena dibutuhkan biaya maintenance dan tingginya pencurian data di masa sekarang.

Ketika melakukan transformasi digital, penting untuk melakukan migrasi data ke sistem yang baru, meskipun karyawan membutuhkan waktu untuk adaptasi. Ini akan sangat membantu keamanan dan manajemen data perusahaan.

Apa pun alasan perusahaan Anda migrasi ke transformasi digital, baik karena permintaan pasar atau modernisasi, transformasi digital sangatlah krusial untuk mengoptimalkan ROI Anda. Mulai untuk mendapatkan banyak insight bisnis via data, hingga sekadar meningkatkan produktivitas karyawan, ini merupakan hal kunci untuk kemajuan sebuah perusahaan di masa sekarang.

Jangan ragu untuk segera melakukan transformasi digital untuk perusahaan Anda. Anda juga bisa menghubungi Indonesian Cloud karena kami memiliki IT Manage Services yang berbasis di Jakarta untuk memberikan Anda saran strategis, menawarkan solusi untuk hardware, software hingga data processing.

Satu Hari Menjadi VMware Engineer di Indonesian Cloud
Satu Hari Menjadi VMware Engineer di Indonesian Cloud

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.