Blog

Web Conference, Untuk Produktivitas Bisnis Anda Kapanpun Dan Dimanapun

  • Posted by Marketing Indonesian Cloud
  • On 17 December 2014

Seiring dengan perkembangan zaman dan industri global, ada banyak pilihan teknologi yang bisa anda pilih untuk saling berhubungan walaupun pada tempat yang berbeda. Dewasa ini juga mulai berkembang sistem komunikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan walaupun saling berjauhan.

Video conference adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi antara dua pihak atau lebih yang berada di lokasi yang berbeda secara real time dengan menggunakan media komputer ataupun mobile device. Video conference juga dapat digunakan untuk kuliah jarak jauh oleh universitas, meeting antar cabang perusahaan, pelatihan dan seminar.

Video conference baik bagi kegiatan bisnis karena :

  1. Waktu menjadi lebih efektif  bagi anda. Anda tidak perlu menghabiskan waktu dalam kemacetan untuk sampai di tempat meeting. Waktu tersebut dapat dialokasikan dengan kegiatan lain yang lebih berguna.
  2. Dapat menghemat biaya perjalanan khususnya jika jaraknya sudah berbeda kota, pulau dan negara
  3. Dengan fasilitas audio visual secara real time membuat komunikasi terasa nyata, sehingga peserta seakan-akan berhadapan langsung dengan peserta lain.
  4. Dilengkapi dengan fitur sharing document, sehingga para peserta meeting juga dapat mengutarakan pendapatnya terkait dokumen yang sedang dibahas dalam meeting.

Namun,  di tengah kemudahan yang ditawarkan oleh sistem video conference di atas masih ada kelemahan yang dirasa menyulitkan kebanyakan orang untuk bisa menikmati layanan ini. Video conference adalah berbasis desktop sehingga setiap user harus melakukan instalasi aplikasi nya terlebih dahulu sebelum dapat berkomunikasi.

Menjawab kelemahan yang ada pada video conference, kini telah hadir fasilitas Web Conference. Sekilas memang tampak tak memiliki perbedaan. Namun setelah dilihat lebih detail, terdapat perbedaa. Perbedaan tersebut adalah :

  • Video confrence :
  1. Conferencing berbasis desktop.
  2. Dibutuhkan investasi hardware serta penginstalan aplikasi ke dalam device yang akan digunakan, seperti video input (video camera atau webcam) dan video output (monitor), audio input (microphone) dan audio output (speaker) serta fasilitas data transfer (jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet).
  3. Hanya dapat dijalankan dengan koneksi internet broadband (jarak jauh).
  4. Biaya yang relatif mahal.
  5. Memiliki kapasitas user terbatas pada servernya.
  • Web confrence :
  1. Conferencing berbasis web.
  2. Cukup menggunakan aplikasi (software) khusus yang disediakan oleh provider web conference dengan cara berlangganan, dan memanfaatkan teknologi internet khususnya TCP/IP connection.
  3. Dapat dijalankan dengan berbagai macam koneksi internet.
  4. Biaya relatif murah.
  5. Dapat diikuti oleh banyak user

Berdasarkan perbedaan diatas, dapat kita lihat bahwa web conference juga memiliki kelebihan lain; diantaranya, anda tak hanya bisa menggunakannya pada PC atau Laptop, namun anda juga bisa menggunakan fasilitas tersebut di smartphone anda saat anda dalam perjalanan. Web confrence juga memiliki fasilitas yang mampu mendukung jalannya pertemuan/meeting/rapat, antara lain :

  • Slide presentasi, seorang pengguna dapat menyajikan presentasi secara online dan disaksikan oleh pengguna lain secara real-time.
  • Live atau video streaming dan audio streaming, digunakan untuk mendukung fitur komunikasi visual pada web conferencing.
  • Perekaman Rapat – dimana kegiatan presentasi akan direkam pada komputer klien, atau server .
  • Whiteboard electronic, memungkinkan presenter dan / atau hadirin untuk menandai pada slide presentasi atau membuat catatan pada papan tulis.

Dengan adanya fasilitas screen, maka dapat ditampilkan dokumen dalam bentuk word, excel, PDF, PPT, dll. Selama pertemuan/meeting/rapat berlangsung para user memiliki wewenang untuk mengoreksi atau memberi catatan pada dokumen yang sedang dibahas. Tapi hanya super user (admin) yang bisa mengubah isi dari dokumen yang ditampilkan. Berikut ini gambaran skema meeting via web conference.

Gbr 1.1 : Perbandingan skema meeting menggunakan fasilitas video conference dan web conference.

Bisa juga disebut sebagai pemimpin conference. User adalah peserta aktif dalam pertemuan/meeting/rapat yang bisa turut berargumen melalui device yang tersedia sebagai fasilitas. Sedangakan partisipan adalah partisipan pertemuan yang hanya dapat mendengarkan dan melihat screen, artinya tidak memiliki wewenang untuk bergabung pada pertemuan/meeting/rapat.

Ditulis Oleh : Reny Ajeng – Inside Sales of Business Solutions

Share:
0 comments on Web Conference, Untuk Produktivitas Bisnis Anda Kapanpun Dan Dimanapun

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *