Sistem Operasi untuk Enterprise Server Terpopuler

Untuk pengguna komputer, sudah lama menjadi bahan perdebatan sistem operasi mana yang lebih baik di antara Windows dan Mac. Akan tetapi di dunia server, Linux adalah raja dari sistem operasi server terpopuler di dunia.

Windows dan Mac dikenal banyak orang karena sudah terinstall jika Anda membeli komputer atau laptop. Di lain sisi, Linux adalah sistem operasi gratis yang memungkinkan Anda memodifikasi sistem operasi sesuai keinginan Anda. Dalam Linux, terdapat banyak distribusi atau distro yang bisa dipilih. Distro adalah sebuah sistem operasi yang berbasis di kernel Linux. Distro-distro yang populer adalah Red Hat, Ubuntu, Arch Linux, Deepin, dan Magela.

Apa perbedaan OS server dengan OS Desktop?

Memahami perbedaan antara OS server dan OS desktop adalah hal penting untuk diketahui. Ada beberapa perbedaan spesifik antara OS server dan OS desktop. OS desktop bisa menjalankan program seperti Microsoft Word dan Excel, Adobe Photoshop, dan sebagainya. OS desktop juga menggunakan koneksi seperti LAN dan Bluetooth. OS desktopjelas lebih terjangkau ketimbang OS server.

Meskipun lebih mahal, OS server bisa memiliki koneksi pengguna yang tidak terbatas, memori lebih besar, dan bisa berfungsi sebagai web server, database server, dan email server. OS server juga dioptimalkan untuk sebuah jaringan paripurna, daripada pengguna tunggal yang berarti server OS mampu menangani banyak desktop, sehingga dapat menjamin support, manajemen, dan mengurangi downtime.

Sistem operasi apa yang bagus untuk server bisnis?

Ada banyak OS yang saat ini tersedia. Tapi jika Anda mencari sebuah sistem operasi yang cocok untuk server, ada beberapa yang bagus. Sistem operasi ini menawarkan keamanan lebih baik, tools cloud yang cepat, sehingga sangat ideal sebagai server bisnis.

  1. Red Hat Enterprise Linux Server (RHEL)

Red Hat Enterprise Linux adalah salah satu perusahaan Linux untuk Enterprise Company paling populer di dunia yang berbasis di Amerika Serikat. Mereka menawarkan solusi software open source  dan produk-produk untuk beragam industri di dunia. Keunggulan utama dari Redhat adalah kestabilan sistem serta support konsumen yang sangat baik. Karena didesain secara spesifik untuk dunia bisnis, RHEL juga dapat bekerja untuk server maupun desktop.

  1. Ubuntu Linux Server

Ubuntu adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Canonical. Selain versi desktop, Canonical juga mengembangkan Ubuntu server edition. Ubuntu Server memiliki banyak kelebihan, seperti keamanan yang baik, cepat, dan upgrade yang terjangkau. Ubuntu Server juga mendukung banyak versi hardware dan software yang tersedia di pasaran.

Karena reputasi Ubuntu, Ubuntu Server menjadi opsi terpercaya untuk bisnis. Menggunakan OS Ubuntu dengan Ubuntu Server memungkinkan Anda melakukan banyak kustomisasi daripada sistem operasi lainnya.

  1. CentOS Linux Server

Distro populer lainnya adalah CentOS. CentOS dikembangkan dari source code dari Red Hat Linux. Berbeda dengan Red Hat yang merupakan distro linux komersial, Centos merupakan distro linux yang gratis. Keunggulan utama dari CentOS ini adalah kestabilan serta tingkat kompatibilitas 100% dengan aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk Red Hat serta dukungan komunitas yang sangat besar. Sayangnya mulai Desember 2020 kemarin, pengembangan CentOS Stable diberhentikan oleh Red Hat dan berubah menjadi CentOS stream yang menyebabkan banyak developer marah-marah.

  1. Microsoft Windows Server

Microsoft masih menjadi salah satu OS server terbaik untuk bisnis. Microsoft Windows Server dikembangkan dari Windows 10 OS dan didesain untuk menjadi sebuah server. Sama seperti banyak aplikasi Microsoft, Microsoft Windows Server mudah diinstall dan tersedia di official store Microsoft. Microsoft Windows Server juga tersedia di cloud, sehingga membuatnya sangat user-friendly dari OS Linux lainnya.

  1. Debian Linux Server

Debian server adalah salah satu distro Linux tertua, yang sangat terkenal karena mengutamakan OS stability. Hal itu adalah penyebab mengapa rilis antar versi dari debian bisa sangat lama sekali. Sebagai sistem yang sangat stabil, Debian bisa menjadi solusi untuk server yang diharapkan bisa running 24/365 hari tanpa kendala karen crash software.

Apa OS terbaik untuk perusahaan kecil, menengah, dan besar?

Terdapat hampir 300 sistem operasi berbeda yang bisa dipilih. Karena banyaknya opsi yang tersedia, Anda dapat memilih sesuai kebutuhan.

  • Perusahaan Kecil

Microsoft Small Business Server adalah opsi terbaik untuk perusahaan kecil. Ini merupakan kombinasi server suite yang pas untuk perusahaan dengan kurang dari 75 pengguna. Sistemnya terintegrasi sehingga mampu membuat perusahaan kecil memiliki konektivitas yang lebih baik dan lebih mudah. Microsoft Small Business Server termasuk tools seperti email, internal website, remote access, mendukung perangkat mobile, file dan printer sharing, backup, restore, dan lainnya.

  • Perusahaan Menengah

Untuk perusahaan menengah, Ubuntu OS dan Ubuntu server adalah pilihan tepat karena mudah diinstall dan terjangkau. Ubuntu juga open source sehingga bisa kustomisasi dan mudah diatur berdasarkan kebutuhan perusahaan Anda. Ubuntu sejatinya juga pilihan tepat untuk perusahaan kecil, namun karena memiliki skalabilitas tinggi, Ubuntu lebih sempurna untuk perusahaan menengah.

  • Perusahaan Besar

Untuk perusahaan besar, Windows 10 masih menjadi pilihan paling tepat. Tidak semua software kompatibel dengan sistem operasi Linux, sehingga membuatnya kadang hanya menjadi alternatif. Banyak orang familiar dengan menggunakan Windows. Tidak semua hardware komputer pas dengan software terbaru, tapi OS Microsoft memiliki kompabilitas tinggi sehingga cocok dengan mayoritas software.

Windows 10 juga menawarkan sistem operasi berbeda tergantung kebutuhan Anda. Windows 10 Enterprise E3 didesain untuk perusahaan yang lebih besar dan menawarkan keamanan terbaik. Windows 10 Enterprise E5 adalah sistem operasi terbaru yang didesain untuk perusahaan yang membutuhkan proteksi lebih canggih terhadap ancaman-ancaman.

Terdapat banyak opsi untuk Anda memilih sistem operasi yang terbaik sesuai kebutuhan. Untuk perusahaan, Microsoft Windows Server, Ubuntu Server, CentOS Server, dan Red Hat Enterprise Linux Server adalah sederet pilihan yang patut Anda pertimbangkan.

Jika masih bimbang, Anda bisa menghubungi Indonesian Cloud untuk konsultasi soal ini. Kami juga menyediakan layanan private cloud yang dibuat khusus untuk Anda, sehingga memiliki keamanan serta fleksibilitas optimal untuk jalannya bisnis Anda.

Mengenal WhatsApp Business API

Interaksi merupakan suatu hal yang penting terlebih pada pelaku bisnis. Perusahaan dan pelanggan pastinya akan saling berhubungan jika pelanggan memiliki kendala atau ingin mengajukan...

WASPADA! LINDUNGI DATA ANDA DARI ANCAMAN HACKER

Pada tahun 2020 di Indonesia telah terjadi beberapa kasus kebocoran data, bahkan hanya dalam kurun waktu 7 bulan saja. Perusahaan yang menjadi target incaran...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.