Pilih Cloud Provider Lokal atau Luar ?

Pada zaman sekarang tentu cloud computing sudah menjadi sangat populer bagi banyak perusahaan. Dengan perkembangan tersebut tentu provider dari cloud computing juga berkembang untuk memenuhi permintaan dari perusahaan yang membutuhkan layanan cloud. Baik provider dari luar negeri yang sudah skala global maupun lokal, keduanya semakin berkembang untuk saat ini, namun provider dari luar negeri dengan lokal memiliki beberapa perbedaan. 

Baik provider lokal maupun provider luar tentu memiliki keunggulan masing masing. Perusahaan perlu mengetahui provider mana yang cocok dengan perusahaan mereka. Dengan mengetahui keunggulan dari masing-masing provider tentu ini akan membuat perusahaan memilih provider dengan tepat. 

Mengenal Provider Lokal dan Provider Luar bagi perusahaan

Provider cloud luar atau biasa disebut provider global tentunya adalah provider cloud yang memiliki cakupan banyak negara dan mereka biasanya memiliki sebuah satuan layanan yang sama di setiap negara. Provider luar juga tidak menyimpan data hanya di satu negara namun mereka simpan di beberapa negara dengan mereplikasi data-data dari tiap penyimpanan.
Provider cloud lokal merupakan provider dengan cakupan satu negara saja, dan mereka menyimpan data-data di negara tersebut. Meskipun tidak sebesar provider global namun  provider lokal tidak kalah bagus dengan provider luar. 

Perbedaan Provider Lokal dan Luar

Setiap perusahaan provider lokal maupun perusahaan provider luar memiliki keunggulan masing-masing, berikut ini merupakan beberapa keunggulan dan perbedaan antara provider lokal dan provider luar

Harga

Harga Layanan cloud dari provider lokal memang bisa dibilang lebih mahal daripada provider luar. Namun biasanya provider luar tidak memberikan layanan secara penuh kepada client mereka, contohnya adalah data perusahaan tidak akan secara otomatis dienkripsi di cloud oleh beberapa provider kecuali perusahaan membayar biaya tambahan untuk layanan penting ini. Layanan internet sudah termasuk diberikan oleh provider lokal, sehingga biaya terlihat lebih mahal. Selain itu biasanya virtual firewall sudah diberikan oleh cloud provider lokal sedangkan kalau cloud provider global ada biaya tambahan. Hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan karena biaya akan bisa jadi membengkak karena adanya biaya tambahan tersebut.

Tempat penyimpanan data

Provider cloud luar negeri memiliki pusat data yang tersebar di berbagai negara, hal ini menyebabkan data perusahaan akan direplikasi dan disimpan di banyak negara juga. Akibat dari replikasi ini adalah membuat data-data tersebut lebih mudah untuk diretas oleh hacker. Dengan provider lokal setidaknya perusahaan mengetahui bahwa pusat data berada di negara tersebut, sehingga cenderung akan lebih aman dari serangan hacker. Dengan tempat penyimpanan di negara asal akan mempermudah perusahaan juga untuk merecovery data apabila terjadi suatu hal, serta waktu untuk recovery data-data tentu akan lebih cepat dibandingkan oleh provider luar.

Kedaulatan data

Provider cloud luar akan menyimpan data-data mereka di banyak negara, sehingga ketika terdapat sengketa hukum dapat mempersulit perusahaan. Data-data seperti yang dimiliki oleh lembaga pemerintah dan firma hukum tentu harus disimpan di negara asal. Dengan memilih provider lokal tentu akan mengurangi resiko tersebut.

Dukungan secara lokal

Adanya perbedaan zona waktu akan menyebabkan bantuan oleh provider luar terhadap perusahaan menjadi terhambat dan tidak bisa diselesaikan secara cepat. Berbeda dengan provider lokal, ketika terjadi suatu hal yang darurat tentu provider lokal akan lebih cepat untuk mengatasi masalah tersebut sehingga tidak akan mengganggu kinerja perusahaan

Provider lokal juga akan lebih siap sedia terhadap keluhan perusahaan, provider akan siap sedia setiap waktu dan realtime.

Pelayanan

Apabila kita melihat skala yang dinaungi dari provider lokal tentunya skala mereka masih kecil, namun dengan skala kecil tersebut membuat provider memberikan layanan terbaik mereka kepada perusahaan. Provider lokal dapat lebih cepat dalam memberikan penanganan pada saat keadaan darurat, dan apabila terjadi kerusakan data perusahaan tentu akan lebih cepat untuk memulihkan data cadangan karena pusat data mereka berada di negara asal. Sebaliknya dengan tingkat skala global tentu membuat provider luar negeri tidak memberi perhatian terhadap perusahaan. 

Penawaran yang diberikan

Provider Luar biasanya membuat sebuah pilihan layanan yang seragam untuk semua lapisan dengan tujuan untuk menjangkau pasar yang luas dan tidak perlu menyesuaikan dengan berbagai perusahaan. Namun hal ini bisa menjadikan beberapa perusahaan menjadi tidak sesuai dengan layanan tersebut. Provider lokal dapat memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan disesuaikan dengan keinginan perusahaan. Dengan fitur ini tentu perusahaan dapat menghemat biaya untuk beberapa layanan yang tidak diperlukan dan dapat dialokasikan kepada sektor lainnya.

Keamanan 

Provider luar menyimpan data dari berbagai perusahaan di seluruh dunia sehingga data yang disimpan oleh provider luar akan sangat banyak, hal ini menjadikan provider luar lebih rentan untuk menjadi sasaran hacker untuk mencuri data-data tersebut.  Banyaknya data tersebut akan membuat hacker lebih diuntungkan karena bisa mendapatkan data dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat, terlebih provider luar memiliki penyimpanan di berbagai negara sehingga akan lebih mudah untuk menjadi sasaran bagi hacker. Berbeda dengan provider lokal, mereka akan berfokus pada penyimpanan mereka untuk selalu meningkatkan keamanan demi kenyamanan client mereka.

Memilih Provider yang dapat diandalkan perusahaan  

Setelah mengetahui keunggulan dari provider lokal tentu saat ini perusahaan dapat memilih provider terbaik sebagai partner mereka. Selain pertimbangan lokasi dan keamanan, banyak hal hal yang dapat dijadikan tolak ukur bahwa provider lokal tidak kalah bagus dengan provider luar.

Dengan berkembangnya kebutuhan cloud computing di indonesia, tentu membuat provider di indonesia juga semakin berkembang. Salah satu provider terbaik di indonesia adalah IndonesianCloud. Banyak pilihan layanan yang dapat disediakan oleh IndonesianCloud seperti public cloud dan private cloud, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan dan permintaan dari perusahaan.

IndonesianCloud merupakan provider yang aman dan terpercaya karena  telah tersertifikasi ISO 9001 dan 27001. indonesianCloud akan memberikan layanan penyelesaian masalah secara realtime yang dapat dihubungi setiap waktu. IndonesianCloud dapat menjamin layanan mereka mencapai SLA 99,5%. Ini menjadikan IndonesianCloud Provider Terbaik sebagai partner perusahaan anda.

Mengenal WhatsApp Business API

Interaksi merupakan suatu hal yang penting terlebih pada pelaku bisnis. Perusahaan dan pelanggan pastinya akan saling berhubungan jika pelanggan memiliki kendala atau ingin mengajukan...

WASPADA! LINDUNGI DATA ANDA DARI ANCAMAN HACKER

Pada tahun 2020 di Indonesia telah terjadi beberapa kasus kebocoran data, bahkan hanya dalam kurun waktu 7 bulan saja. Perusahaan yang menjadi target incaran...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.