Pentingnya LMS E-Learning Untuk Mendukung Proses Belajar Online

Salah satu sistem yang membantu para pengajar maupun dosen dalam mengelola aktivitas belajar online yaitu dengan menggunakan LMS e-learning. Selain itu juga akan mempermudah merencanakan silabus, mengelola bahan pembelajaran dan nilai, merekap absensi maupun melakukan diskusi dan kuis.

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan yang dapat membatu para dosen maupun guru saat menjalankan proses belajar online atau pembelajaran jarak jauh. Learning Management System sendiri ini merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mendistribusikan, membuat maupun mengatur proses penyampaian materi pembelajaran secara online.

Fitur LMS yang Mendukung Proses Belajar Online

Perlu Anda ketahui juga, bahwasanya LMS ini memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat mendukung proses pembelajaran yaitu:

1.    Fitur Forum Diskusi

Salah satu fitur LMS yang sering digunakan antara dosen dengan mahasiswanya yaitu menggunakan fitur forum diskusi. Hal ini akan memudahkan bagi dosen maupun mahasiswa untuk berbagi informasi, acara, data, survei maupun media secara mudah. Bahkan forum tersebut juga dapat dibuat secara privat maupun publik sesuai dengan kebutuhan diskusi.

2.    Fitur Kelas Daring

LMS terbaik ini juga memiliki fitur kelas daring yang akan digunakan untuk menyajikan proses belajar mengajar secara online atau pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran menggunakan kelas daring ini juga sangat beragam, berupa materi video, animasi, rekaman suara, dokumen materi pembelajaran maupun materi digital. Hal ini tentunya akan memudahkan bagi siswa maupun mahasiswa untuk mempelajari kembali materi tersebut.

3.    Tampilan Interface yang Mudah Dipahami

Penggunaan LMS e-learning ini juga menyajikan antarmuka atau interface yang sangat mudah diakses dan dipahami. Selain itu, adanya fitur ini juga bisa menambah estetika dari laman web apabila menggunakan interface yang menarik. Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna baru.

4.    Fitur Kuis Maupun Ujian

LMS juga menyediakan fitur kuis maupun ujian yang akan membantu para dosen maupun guru untuk melakukan evaluasi pembelajaran. Hal ini akan memudahkan dalam proses pendistribusian soal ujian kepada mahasiswa maupun siswa secara online.

5.    Fitur Video Conference

Fitur ini dapat membantu proses pembelajaran secara virtual atau dengan tatap muka secara online. Anda juga bisa menggunakannya secara langsung saat menyampaikan materi maupun melakukan proses interaksi.

Apa Pentingnya LMS E-Learning ?

Berikut pentingnya pembelajaran menggunakan Learning Management System yaitu sebagai berikut :

  • Mempermudah dosen maupun guru dalam melakukan proses rekap hasil perkuliahan maupun pembelajaran dengan waktu yang singkat
  • Mahasiswa/ siswa bisa lebih mandiri dalam melakukan pembelajaran
  • Memiliki dokumentasi yang baik
  • Metode yang digunakan lebih beragam, seperti teknologi video, gambar, animasi, suara maupun yang lainnya, agar lebih mudah dipahami.
  • Waktu pembelajaran juga lebih efisien, karena LMS e-learning dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Selamat! Indonesian Cloud Jetski Racing Team Peroleh Runner Up Dunia

Atlet Jetski andalan Indonesia, Aqsa Sutan Aswar berhasil menyabet Runner Up Juara Dunia untuk Indonesia dalam gelaran World Finals 2021, Lake Havasu City, Arizona-USA...

Fitur-Fitur Menarik yang Terdapat pada Saat Pembelajaran LMS dan Wajib untuk Diketahui

Akhir-akhir ini bagi kalian Bapak dan Ibu guru sudah tidak asing dengan istilah LMS atau yang sering dikenal dengan sebutan Learning Management System.  Istilah...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.