Blog

Kenapa Anda Harus Menggunakan Layanan Cloud Untuk Bisnis Anda?

  • Posted by Marketing Indonesian Cloud
  • On 11 November 2016

Masih ragu untuk menggunakan layanan Cloud Computing ke dalam lini bisnis Anda?

Dalam artikel ini akan kami coba bantu mencerahkan pandangan Anda akan pentingnya pengimplementasian Cloud Computing pada bisnis Anda.

Tapi sebelum masuk kedalam bahasan tersebut kami akan berikan gambaran trend dan market Cloud Computing dan seperti apa prediksi dari para Expertise terkait teknologi cloud saat ini.

Merujuk dari data penelitian yang di lakukaan oleh Goldman Sachs, infrastruktur Clouddan platformnya akan mengalami pertumbuhan sebesar 30% sesuai Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan sampai dengan tahun 2018 nanti.

Studi lain dari OVUM menjelaskan  di tahun 2016 ini 75% perusahaan enterprise di regional Eropa, Timur Tengah dan Asia Akan mulai melirik layanan berbasis IaaS (Infrastructure as a Service).

Lain lagi prediksi dari IDC, pergeseran budget belanja IT dari IT tradisional menjadi layanan Cloud akan mengalami peningkatan sebesar 11%, dan masih banyak kajian lain yang menunjukkan peningkatan dalam penggunaan platform Cloud di dalam semua lini bisnis dan juga jenis layanan Cloud yang digunakan.

Apa penyebab dari makin maraknya pengadopsian teknologi Cloud Computingberdasarkan penelitian oleh lembaga-lembaga tersebut?

Kata kuncinya adalah sebagai berikut : Ketersediaan, Keamanan, Biaya, Fleksibilitas dan Otomatisasi.

1.      Ketersediaan

Bisnis Anda akan bisa berkembang dan bertahan kalau bisa diakses darimana saja. Mungkin Anda pernah merasakan sendiri bagaimana rumitnya proses yang harus dilakukan hanya untuk membuka email melalui Komputer desktop.

Tapi sekarang email berada di dalam genggaman Anda. Hanya dengan 2 kali klik Anda memiliki akses 24/7 sepanjang tahun melalui perangkat mobile Anda.

Dengan layanan file sharing Anda juga tidak perlu takut untuk kehilangan data atau malah meninggalkan data Anda karena semuanya berada di ekosistem Cloud yang bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun.

Dari sudut pandang layanan pelanggan, saat ini kita semua bergantung kepada layanan Cloud seperti saat memesan ojek, taksi, makanan, membayar tagihan bulanan, bahkan untuk akomodasi liburan ataupun untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Dengan layanan Cloud semua hal tersebut bisa dilakukan tanpa harus Anda memiliki server satupun. Coba bayangkan revenue yang penyedia layanan tersebut dapatkan dengan penggunaan teknologi Cloud Tersebut?

Satu hal yang pasti, di dalam bisnis ketersediaan sistem yang cepat, handal dan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen dapat membuat bisnis Anda berjalan lebih baik.

Saat konsumen membutuhkan perubahan pada layanan Anda, dengan cepat Anda bisa menyesuaikan.

2.      Keamanan Maksimal

Anda bisa saja memperkerjakan satu atau dua orang untuk menangai masalah keamanan sistem Anda, tapi yang Cloud tawarkan adalah sebuah team yang terdiri dari security expert yang memonitor aktivitas sebuah sistem sepanjang hari dan sepanjang tahun.

Untuk sebuah startup akan membutuhkan biaya yang besar untuk menyiapkan sebuah team yang bisa memantau keamanan sistem secara penuh, jadi opsi tersebut mungkin bukan menjadi pilihan, jadi saran kami mereka bisa memanfaatkan layanan Cloud dan Anda bisa fokus kepada pengembangan bisnis untuk masa depan.

Satu lagi alasan keamanan dalam penggunaan Cloud adalah data yang tidak terpusat. Jadi, kemungkinan data penting Anda diakali, hacked, dicuri, ataupun corrupt akan sangat berkurang.

3.      Hemat Biaya

Analogi yang cocok adalah seperti ketika Anda ingin pergi liburan dengan durasi sekitar 1 minggu, Anda akan lebih memilih membeli atau menyewa mobil kendaraan selama berlibur? Untuk durasi pendek, menyewa pasti akan menjadi opsi terbaik.

Seperti juga perangkat IT Anda, daripada harus mengeluarkan biaya besar hanya untuk durasi pemakaian 3-4 tahun, opsi menyewa server Cloud lebih masuk akal untuk mendukung bisnis Anda agar lebih cepat berkembang.

Apa saja yang menjadi pengeluaran terbesar untuk sistem IT Anda? Hardware, lokasi, maintenance, insurance? Atau malah pengeluaran terbesar datang dari biaya lisensi software, juga dari biaya yang berulang untuk melakukan patches, masalah bugs, upgrade, migrasi, integrasi dll.

Dalam sebuah sistem IT tradisional hal tersebut harus Anda siapkan dan seperti yang kita ketahui pengimplementasian hal tersebut akan membutuhkan waktu yang lama, bisa dalam beberapa Minggu atau bahkan Bulan yang membuat anggaran belanja ITsemakin membengkak.

Dan hal ini harus kembali Anda lakukan dalam waktu 3-4 tahun kedepan untuk memperbaharui hardware ataupun software sistem IT Anda.

4.      Fleksibilitas

Perubahan secara instan lumrah terjadi di dunia bisnis di era digital seperti sekarang ini. Misalnya saja Go-Jek berkembang dengan sangat signifikan hanya dalam waktu lebih kurang 1 tahun.

Dari hanya melayani jasa antar jemput sekarang berkembang menjadi one stop serviceuntuk semua jenis antaran dan jasa jemputan.

Atau bisa juga lihat dari pelanggan IndonesianCloud, Brodo yang bisa dengan leluasa melakukan perubahan di dalam websitenya dikarenakan untuk memberikan layanan terbaru ataupun memberikan promo sesuai dengan event yang sedang berlangsung saat itu juga misalnya saat event Hari Belanja Online Nasional.

Dengan Cloud Computing perubahan secara cepat bisa dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Ketika perusahaan memerlukan server, maka dimenit itu juga Cloud sudah menyanggupi kebutuhannya.

5.      Otomatisasi

Fungsi otomatisasi terhadap proses manual dapat membantu Anda mengurangi risiko yang terjadi dikarenakan human error. Seiring perkembangan bisnis, otomatisasi juga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari proses yang lebih akurat dan konsisten.

Penyedia layanan Cloud juga terus berupaya meningkatkan kemampuan program aplikasi atau menambahkan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan para pengguna.

Fokus dari para penyedia layanan Cloud adalah menjaga proses dalam Cloudsederhana dan otomatis sehingga para pelanggan dapat menggunakan aplikasi dengan sempurna dan fokus terhadap pertumbuhan bisnis mereka.

Kelima area tersebutlah yang bisa menjadi alasan Anda sebagai pelaku bisnis untuk bisa mempertimbangkan menggunakan layanan Cloud untuk pengembangan bisnis Anda. Bagaimana teknologi bisa membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang? Bisa jadi Cloud Computing adalah jawabannya.

Share:
0 comments on Kenapa Anda Harus Menggunakan Layanan Cloud Untuk Bisnis Anda?

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *