Blog

Improve Business Performance with Manage Service from Indonesian Cloud

  • Posted by Marketing Indonesian Cloud
  • On 3 November 2014

Seiring dengan pertumbuhan layanan cloud computing, semakin sering pula kita mendengar kata mengelola layanan atau manage service. Layanan swakelola adalah layanan TI yang berfokus pada praktik outsourcing dari tanggung jawab operasional harian dan fungsi strategis untuk meningkatkan kinerja operasional dan mengurangi biaya.

Suatu organisasi atau perusahaan, dalam mengelola infrastruktur TI, Anda pasti akan membutuhkan alat, perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi yang cakap. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ada pengurangan biaya dalam pengguna saat menggunakan manage service. Ini karena optimalisasi dan penggunaan alat yang tepat.

Ada 3 jenis layanan komputasi awan yang meliputi public, private dan hybrid. Ketika pelanggan menggunakan layanan public cloud, mereka akan berbagi infrastruktur dengan pelanggan lain (dibagikan secara fisik, dipisahkan secara logis).

Di private cloud, pelanggan menggunakan infrastruktur saja. Hybrid cloud adalah kombinasi dari public cloud dan private cloud. Model layanan komputasi awan ini berfokus pada layanan di tingkat infrastruktur.

Singkatnya, layanan komputasi awan lebih fokus pada penyediaan layanan sumber daya TI (infrastruktur, server untuk aplikasi, dan lainnya). Berbeda dengan kasus mengelola layanan komputasi awan. Ini adalah layanan yang disediakan oleh penyedia komputasi awan untuk membantu pengguna TI internal pengguna komputasi awan dalam mengelola data center (virtual data center). Contohnya termasuk menjaga perangkat tetap hidup dan berjalan sesuai tujuannya. Siklus Hidup VM (buat, modifikasi, hapus), memastikan pembaharuan dan tambalan terbaru untuk OS yang digunakan oleh aplikasi pelanggan. Memberikan saran profesional ketika menghadapi masalah operasional, dan banyak lagi.

Manfaat Cloud Manage Service 

Mengelola layanan komputasi awan akan membantu memecahkan masalah TI sehingga pelanggan dapat berkonsentrasi pada mempertahankan dan mengoptimalkan bisnis mereka. Penyedia komputasi awan tentu akan menggunakan banyak alat untuk menyediakan fungsi layanan terkelola/manage service, tentu saja alat yang digunakan harus kompatibel dengan komputasi awan (model multitenant). Alat tersebut harus mampu memonitor secara proaktif untuk mencegah timbulnya masalah. Misalnya, alat untuk manajemen patch OS, pemantauan dan optimalisasi sumber daya, perencana kapasitas, manajemen SLA, dan lainnya.

Selain hal di atas, layanan pengelolaan juga dapat digunakan oleh pelanggan untuk menghemat dan mengoptimalkan biaya lisensi, terutama Perangkat Lunak Microsoft. 

Dalam mengelola perangkat lunak layanan, manajemen lisensi produk berada di bawah kendali penyedia layanan (Dalam hal ini Penyedia Layanan Cloud Computing) Ini dapat berlaku untuk public cloud, tentu saja, dan private cloud. Dengan perangkat lunak pengelolaan layanan, itu akan memberi pelanggan kebebasan untuk menggunakan perangkat lunak tanpa harus mengeluarkan biaya CapEx. Jika pelanggan membutuhkan, sewalah lisensi untuk mengelola layanan penyedia cloud.

Tentu saja, program ini hanya dapat disediakan oleh penyedia komputasi awan yang telah bekerja dengan Microsoft SPLA (Service Provider License Agreement).

Manage Service ModelModel layanan kelola yang ada tidak hanya mengelola layanan data center virtual tetapi telah diperluas ke layanan lain. Seperti cadangan data, pemulihan bencana (disaster discovery),sistem pemantauan dan manajemen, layanan email, manajemen patch untuk OS dan menyediakan audit keamanan.

Mengelola layanan memungkinkan pelanggan yang tidak memiliki tim TI besar atau mereka yang ingin membebaskan tim TI mereka untuk lebih berkonsentrasi pada cara menjamin bisnis mereka sehingga mereka dapat berjalan terus menerus.

Layanan Kelola umumnya menawarkan biaya tetap bulanan yang dapat bervariasi tergantung pada jenis layanan yang dikelola yang diambil.Komputasi awan tanpa mengelola layanan seperti “makan sayur tanpa garam”. Mengapa tim TI Anda harus diisi dengan pekerjaan yang berulang dan melelahkan yang menyebabkan mereka tidak dapat fokus pada inti bisnis yang Anda jalankan.

Segera hubungi para ahli kami untuk layanan layanan terkelola untuk public, private, atau hybrid cloud Anda!

Oleh Garibaldi –  Cloud Consultant

Share:
0 comments on Improve Business Performance with Manage Service from Indonesian Cloud

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *