Fixed Asset Management

Mengenal Fixed Asset Management & Ketahui 6 Manfaatnya

Mungkin sebagian orang tidak asing dengan istilah Fixed Asset Management atau Manajemen Aktiva Tetap. Manajemen Aktiva Tetap merupakan proses merawat dan mengelola aktiva tetap atau aset perusahaan yang berhubungan dengan penilaian manajemen yang baik, umumnya proses Manajemen Aktiva Tetap  menggunakan perangkat lunak memiliki beberapa fungsi, agar seluruh aktiva tetap yang dimiliki perusahaan dapat terdaftar dengan baik sehingga mengurangi risiko kehilangan atas fisik, informasi, dan jumlah aktiva tetap perusahaan.

Tetapi, penggunaan Fixed Asset Management saat ini masih belum digunakan pada beberapa perusahaan karena dianggap tidak terlalu penting, sehingga perusahaan tidak memerlukan pengeluaran untuk aplikasi Fixed Asset Management. Ternyata yang terjadi di lapangan menunjukkan banyak kasus yang sebenarnya dimulai dari salah pengelolaan terhadap aktiva tetapnya, tentunya hal tersebut dapat menimbulkan berbagai macam kerugian, bahkan kerugian yang diakibatkan oleh pengelolaan aktiva yang tidak efektif dan efisien. Dengan adanya permasalahan tersebut, ACTIVO hadir sebagai solusi Fixed Asset Management berbasis aplikasi yang dapat membantu dalam mengelola aktiva tetap anda secara efektif dan efisien.

Apa itu ACTIVO?

ACTIVO merupakan solusi layanan penuh yang dirancang khusus menyediakan layanan Fixed Asset Management atau Manajemen Aktiva Tetap end-to-end yang lengkap untuk perusahaan besar, menengah, dan juga kecil. ACTIVO dibuat berdasarkan situasi yang terjadi di lapangan dalam menerapkan siklus penuh solusi Manajemen Aktiva Tetap ke beberapa industri seperti perbankan, lembaga keuangan, manufaktur, minyak dan gas, dan sebagainya. ACTIVO memberikan solusi lengkap pada tingkat harga yang dapat diakses, dengan penyesuaian dan dukungan yang diperlukan untuk memastikan bahwa persyaratan pelanggan terpenuhi atau terlampaui. Teknologi Activo sangat dapat dikonfigurasi, memungkinkan untuk menambahkan fungsionalitas dan memenuhi persyaratan yang diperlukan.

Fitur Apa  Saja Yang Dimiliki ACTIVO?

ACTIVO memiliki beberapa fitur menarik yang dapat membantu anda dalam mengelola Fixed Asset Management, sebagai berikut :

  • RFID

ACTIVO memiliki fitur RFID yang dapat membantu anda dalam melacak dan memonitor keberadaan aset secara Real time tracking.

  • Barcoding

Dengan Fitur Barcoding, anda akan lebih mudah dalam melakukan Asset Tracking pada aset anda. Pada fitur ini anda juga dapat melakukan audit pada aset anda secara offline maupun online (Real time)

  • Integration

ACTIVO sudah dilengkapi dengan API Integration yang memudahkan anda dalam melakukan integrasi dengan sistem pengadaan barang, sistem keuangan dan juga sistem sumber daya manusia.

  • Depreciation

ACTIVO dapat memperhitungkan depresiasi nilai aset pada fitur Depreciation. Selain itu, dengan fitur ini anda akan mendapatkan multiple book, metode dan penilaian standar keuangan dan dapat mengungah riwayat catatan.

  • Core Module

ACTIVO dapat membantu anda dalam melakukan registrasi asset, melakukan transfer aset dan melihat riwayat audit, serta membuat laporan untuk aset anda.

  • Workflow

Dengan fitur workflow akan memudahkan anda dalam melakukan persetujuan registrasi maupun transaksi pada aset anda. Selain itu, anda dapat melakukan pelacakan transaksi dan menerima notifikasi tugas.

  • Notification

Dengan fitur Notification anda akan lebih mudah dalam membuat jadwal dan juga pengingat. Pemberitahuan akan dikirimkan kepada Email anda. Anda dapat mengatur periode pemberitahuan (harian, mingguan, bulanan atau tahunan)

  • Inventory Management

Dengan fitur Inventory yang dimiliki ACTIVO, anda dapat mengelola stok aset mulai dari stok aset yang masuk, permintaan stok, pengiriman stok, hingga laporan mengenai inventaris.

  • Infrastructure

Hosting sistem manajemen aset tetap Anda menggunakan infrastruktur On Premise (server lokal) atau cloud.

  • CMMS

Dengan Fitur CMMS yang dimiliki oleh ACTIVO dapat memudahkan dalam pembuatan perintah kerja, penugasan kerja, perawatan aset secara preventif dan rutin, serta notifikasi pekerjaan.

6 Manfaat Menggunakan ACTIVO Fixed Asset Management

  1. Provide Total Solution

ACTIVO membantu anda dalam penandaan aset, migrasi data, penyesuaian pengembangan & terintegrasi ke sistem lain, Manajemen & Konsultasi Proyek, Pengguna Pelatihan.

  1. Add On Module Variety

ACTIVO menyediakan beberapa variasi modul, yaitu Modul Barcode, Modul depresiasi, Modul Notifikasi, Modul Inventaris, Modul CMMS, Modul Integrasi & Modul RFID

  1. After Sales Service (AMP)

ACTIVO juga menawarkan produk perawatan tahunan sebagai bentuk after sales support.

  1. Flexible Business Model

ACTIVO menawarkan 2 skema bisnis : On Premise & Cloud.

  1. Experience In Many Industries

ACTIVO telah diterapkan oleh lebih dari 30 perusahaan besar di Indonesia, dan telah membantu banyak perusahaan untuk mengelola asetnya dengan lebih efisien.

  1. Support Mobile

ACTIVO didukung dengan aplikasi mobile. Aplikasi mobile ACTIVO adalah aplikasi yang digunakan khusus untuk stok audit kegiatan di lapangan yang dilakukan oleh tim GA. Dengan ACTIVO mobile, proses stok audit dapat dilakukan lebih efisien karena didukung dengan proses scan barcode/QR code yang dapat dilakukan melalui perangkat mobile. Aplikasi mobile ACTIVO didukung oleh kemampuan online dan offline.

Demikian penjelasan seputar Fixed Asset Management &  6 Manfaat dari produk dan solusi layanan  ACTIVO Asset Management Software dari Indonesian Cloud. Jika Anda memiliki pertanyaan dan membutuhkan informasi lebih lanjut terkait ACTIVO Asset Management Software Anda dapat mengunjungi laman website kami di https://indonesiancloud.com/ atau menghubungi sales kami.

Backup & Restore
Cloud Migration
Content Delivery
Database Migration
Website
Archiving
Cloud Operation

Automotive
Education
Energy
BFSI
Healthcare
Manufacturing
Media
Retail
Communcation
Travel

Enterprise
Public Sector
Government
Small & Medium Business
Startup