Blog

Cloud Menjawab Tantangan Pengusaha UKM

Banyaknya pengusaha UKM yang menjadi motor penggerak ekonomi mikro nasional, tidak lepas dari keuletan dan kegigihan pengusaha UKM dalam berwirausaha dan mengembangkan bisnisnya. Pastinya mereka sudah memiliki sistem yang mereka kembangkan dalam memonitor usahanya, baik itu sudah menggunakan sistem IT ataupun masih manual.

Nah, yang menjadi kendala buat mereka adalah jika mereka menggunakan sistem tertentu yang mengharuskan merogoh kocek cukup dalam dalam membangun sistem tersebut, baik dari sisi infrastruktur maupun software aplikasinya.

Adanya Cloud ditengah-tengah kebutuhan sistem di UKM yang mendesak, disambut baik oleh para pengusaha UKM. Dimana mereka mendapat beberapa value addedberikut :

Investasi di awal tidak besar, tidak perlu lagi membeli infrastruktur IT yang mahal

Sangat disayangkan jika kita membeli infrastruktur IT yang mahal karena harganya sesuai rate dollar Amerika sementara Rupiah nilainya tidak stabil, sehingga pengusaha UKM membutuhkan solusi tanpa harus investasi besar di awal.

Bayar berdasarkan yang dipakai (Pay Per Use)

Pengusaha UKM bisa mengukur berapa yang harus dibayar dan mereka tidak merogoh koceknya terlalu dalam, karena mereka menggunakan kapasitas sesuai dengan kebutuhan yang mereka pakai. Hal ini sangat menguntungkan mereka.

Mobilitas tinggi para pengusaha UKM terjawab dengan Cloud yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun

Seperti diketahui seorang pengusaha UKM dipastikan tidak bisa terus diatas meja, mereka selalu memonitor jalannya bisnis dimanapun dan kapanpun. Sehingga mereka lebih cenderung menggunakan smartphone ataupun tablet ketika mengakses sistem mereka. Cloud sudah bisa menjawab apakah aplikasi itu di install dahulu atau runningpada browser.

Tidak pusing memikirkan hardware dan tenaga IT ahli

Mereka tidak perlu merisaukan perawatan hardware dan tenaga IT professional. Cukup dengan layanan cloud selama 7×24 jam selama 365 hari, sistem tetap berjalan dan semua terkait hardware dan maintenance sudah dialihkan tanggung jawabnya ke Cloud Provider. Artinya pengusaha bisa lebih fokus kepada jalannya bisnis dan pengembangan bisnisnya.

Jika terjadi bencana alam sistem tetap berjalan normal

Ada kalanya musibah terjadi. Banjir, gempa bumi, kebakaran, melanda tempat usaha pengusaha UKM. Maka sudah hampir dipastikan sebagian bisnisnya hancur dan hilang, seluruh catatan pembukuan dan data hilang. Dengan Cloud, data anda aman tanpa terpengaruh dengan lokasi usaha anda yang terkena musibah. Sehingga mempercepat proses recovery bisnis karena sistem tetap berjalan

Beberapa value added yang ada di atas tentunya perlu didukung kesadaran pengusaha itu sendiri dalam menggunakan teknologi cloud dalam sistem mereka. Seorang pengusaha pada umumnya tidak mau direpotkan dengan sistem. Ada dua hal yang membuat pengusaha enggan menggunakan teknologi cloud:

Sistem manual/tradisional

Tidak sedikit pengusaha lebih menggunakan sistem manual atau tradisional bahkan mengandalkan ingatan yang ada di kepala pengusaha, sudah pasti bisnis mereka berjalan dengan normal. Contoh kelemahannya adalah ketika si pengusaha sakit, maka bisnis tidak berjalan di hari itu. Sebenarnya jika si Pengusaha menuangkan sistem tradisionalnya ke dalam IT dalam hal ini layanan cloud, maka kelangsungan bisnisnya terus berjalan walaupun si Pengusaha itu sedang sakit.

Faktor Usia

Banyak pengusaha UKM yang berusia lanjut mengalami kendala dalam menggunakan layanan cloud. Oleh sebab itu Cloud Provider harus jeli dalam membangun sebuah sistem, dibuat se-simple mungkin dan semudah mungkin sehingga usia bukan penghalang bagi para pengusaha untuk dapat menggunakan layanan cloud.

Sebenarnya jika pengusaha mengoptimalkan sistem mereka yang ada di cloud, akan mempercepat bisnis mereka dalam operasional, pengembangan, dan keberlangsungan bisnis sehingga bisnis mereka selalu berjalan dengan normal.

Kata kunci dalam blog kali ini adalah: “Jika seluruh pengusaha mengoptimalkan penggunanan layanan cloud dalam sistem mereka, lalu perhatikanlah perkembangan kebangkitan ekonomi nasional yang akan terjadi.”

Salam,

Purwandi – Engineer IndonesianCloud

Share:
0 comments on Cloud Menjawab Tantangan Pengusaha UKM

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *