Cara Public Cloud Menguntungkan Anda

Public cloud adalah platform yang menggunakan model komputasi awan standar untuk membuat sumber daya yang ada dapat digunakan oleh pengguna secara remote. Sumber daya ini bisa jadi apa pun, mulai dari mesin virtual, aplikasi, hingga ruang penyimpanan. 

Public cloud tersedia di internet, sehingga tersedia untuk siapa pun bisa menggunakannya melalui beragam skema pembayaran, mulai dari gratis, model langganan, atau on-demand seperti bayar berdasarkan penggunaan. Metode fleksibel ini memungkinan pengguna hanya membayar untuk siklus CPU, ruang penyimpanan, atau bandwidth yang mereka gunakan.

Komputasi awan adalah hal esensial jika menyangkut infrastruktur IT. Public cloud biasanya memiliki jutaan ruang penyimpanan yang tersedia dan mereka sangat direkomendasikan dalam software development dan proyek kolaboratif lainnya, seperti contoh web app development. 

Terdapat tiga jenis berbeda dari layanan komputasi awan yakni Infrastrukcture as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Software as a Service (SaaS). IaaS, PaaS, dan SaaS masing-masing memiliki layanan yang berbeda pula, seperti pengelolaan infrastruktur fisik hingga menyediakan solusi software fully-developed.

Public cloud adalah pilihan yang lebih populer dibandingkan private cloud, sebab public cloud menawarkan sederet manfaat untuk para penggunanya. Public cloud dikenal dengan harga yang terjangkau, tidak memerlukan kontrak jangka panjang, dan tidak memerlukan maintenance.

Jika Anda masih termasuk golongan yang belum begitu percaya manfaat public cloud, berikut adalah keunggulan atau kelebihan public cloud untuk para penggunanya, terutama perusahaan.

Public cloud itu terjangkau

Public cloud dapat menghemat banyak anggaran bagi perusahaan. Perusahaan tidak perlu lagi menyiapkan dana untuk membeli hardware, pengelolaan, dan maintenance on-premise,

Layanan ruang penyimpanan online biasanya gratis untuk 5GB awal, lalu diikuti dengan biaya per bulan yang rendah jika ingin menambah kapasitas. Public cloud dapat mengurangi biaya perusahaan dengan memusatkan operasional, manajemen, dan maintenance sumber daya server, dan membagikan semuanya ke seluruh layanan cloud.

Public cloud dapat diskalakan

Menggunakan public cloud dapat memastikan infrastruktur yang ada selalu optimal saat digunakan. Karena sumber daya cloud selalu on-demand, public cloud dapat menangani kala traffic sedang tinggi atau turun, dengan cara mengoptimalkan kebutuhan hardware pada data center. 

Public cloud tidak membutuhkan tempat

Karena layanannya ditawarkan melalui internet, public cloud dapat diakses dari mana pun di belahan dunia apa pun. Ini memungkinkan pengguna menggunakan layanan cloud di mana pun mereka berlokasi.

Tanpa komitmen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, public cloud menawarkan paket pembayaran berdasarkan penggunaan. Metode ini cocok untuk perusahaan berskala kecil dan menengah yang tidak paham berapa besar ruang penyimpanan atau kapasitas bandwidth yang mereka butuhkan.

Ini memungkinkan perusahaan-perusahaan tersebut meningkatkan ruang penyimpanan cloud mereka jika memang butuh lebih banyak kapasitas. Hal ini adalah solusi tepat untuk perusahaan berskala kecil dan menengah.

Public cloud tidak memerlukan maintenance

Penyedia layanan public cloud bertanggung jawab penuh atas maintenance cloud, termasuk hardware, software, dan jaringan. Maka dari itu, perusahaan tidak perlu cemas soal update infrastruktur mereka. Infrastruktur bisa dijalankan dengan jumlah staf yang minimal, sehingga perusahaan bisa fokus pada hal lain.

Public cloud cekatan

Public cloud dapat memangkas kerumitan dari operasional. Daripada fokus pada beban kerja berbentuk komoditas, perusahaan bisa menghabiskan waktu mereka dengan menambah nilai dari produk-produk yang ada. Lebih lanjut, public cloud membuat infrastruktur IT lebih fleksibel, sehingga memungkinkan perusahaan memiliki hubungan digital yang lebih erat dengan konsumen.

Public cloud memiliki isu operasional lebih sedikit.

Dengan menggunakan layanan public cloud, perusahaan otomatis akan menggunakan layanan yang terstandarisasi, sehingga dapat mengurangi isu atau masalah. Layanan yang sama di-deploy secara berulang, dan hasilnya pun juga serupa setiap waktu. Maka dari itu, ini jelas dapat menghemat waktu developers di isu-isu operasional.

Public cloud memudahkan inisiatif bisnis

Dengan layanan public cloud yang sudah siap, model bisnis baru banyak yang bermunculan. Perusahaan yang menggunakan public cloud dapat meningkatkan nilai produk, sehingga secara otomatis menambah keuntungan.

Public cloud mudah disetup

Perusahaan-perusaahaan dapat set-up public cloud hanya dalam hitungan jam, sebab layanannya diambil dari internet. Kemudian, cloud di-deploy dan dikonfigurasi secara remote. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet untuk mengakses website penyedia layanan public cloud.

Dengan banyaknya keuntungan dalam menggunakan public cloud, bukanlah suatu kejutan bahwa public cloud juga menjadi faktor kesuksesan sebuah DevOps.

Meningkatkan aksesibilitas

Karena public cloud tidak membutuhkan tempat, developer bisa menggunakannya untuk membuat aplikasi dari mana pun. Tim development bisa menyelesaikan pekerjaan mereka di mana pun dan kapan pun mereka mau. Ini jelas bisa meningkatkan fleksibilitas tim development.

Menambah keamanan

Perusahaan penyedia jasa public cloud biasanya memiliki level keamanan yang canggih, sebab mereka harus memastikan cloud yang mereka punya aman untuk klien. Karena kebanyakan perusahaan tidak memiliki staf yang siap sedia selamam 24 jam dalam seminggu, memiliki sistem keamanan yang canggih sangatlah diperlukan.

Sumber daya on-demand

Tergantung dari tipe public cloud yang dipilih perusahaan, contohnya PaaS, sumber daya yang ada pasti tersedia untuk digunakan oleh tim developer. Jadi, perusahaan tidak perlu menghabiskan waktu karena cemas akan tools yang dibutuhkan oleh developer. 

Public cloud menyediakan otomasi DevOps dengan platform pusat

Hal ini dapat memungkinkan tim developer menggunakan platform untuk keperluan testing, deployment, dan production.

Penyedia public cloud selalu mencari layanan baru

Layanan-layanan seperti ini contohnya SSD, Big Data Paas, dan tools otomasi rilis untuk membantu kemampuan tim developer menyelesaikan pekerjaan mereka akan aplikasi lebih mudah. Dengan menemukan layanan-layanan baru ini, public cloud dapat membantu tim developer membuat aplikasi fungsional secara lebih cepat.

Bagi Anda yang ingin menggunakan public cloud untuk korporasi, Indonesian Cloud dapat membantu Anda. Kami menyediakan beragam public cloud populer mulai dari AWS, Microsoft Azure, IBM, Huawei Cloud, hingga Alibaba Cloud.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.