Blog

Campus Cloud

  • Posted by Marketing Indonesian Cloud
  • On 16 February 2014

Perkembangan anak Anda sedemikian pesat, sudah selayaknya menyiapkan pendidikan untuk anak kita. Nah,  saya akan mengajak Anda anda  untuk menyelami dunia cloud dalam kampus, seolah Anda masuk dalam ‘mesin waktu’ dan melihat prespektif diri Anda seperti anak Anda yang ada di dalam kehidupan masa depan.

Anda tidak perlu repot-repot datang in-house (secara langsung) ke kampus dan mencari  indekos ke lokasi di sekitar kampus. Cukup di depan laptop/PC Anda dan interaksipun hadir dalam kampus. Campus Cloud  juga melatih kedisiplinan dan kemandirian kita tanpa harus hadir ke kampus. Selain itu, ada unsur Enterpreneurshipyang bisa kita pelajari di sini.

Menjadikan masing-masing kampus terhubung (interconnecting) menjadi satu yakni Campus Cloud, memungkinkan peluang untuk terhubung dengan kampus terkemuka di dunia apakah itu Harvard ataupun kampus terkemuka lainnya.

Program materi  kampus yang paling mungkin adalah bidang IT Programmer, Networker (jaringan) maupun  Infrastruktur. Paket kelas dibuat dengan harga yang paling terjangkau sehingga bisa mendapatkan faktor kali yang lebih banyak . Faktor kali dapat dicari via Google, faktor kali Tung Desem Waringin.

Mengenai data center yang dibangun di masing-masing kampus, kita informasikan dan kita kampanyekan kepada perusahaan-perusahaan besar sebagai Corporate Social Responsibility (CSR).  Timbal baliknya, perusahaan-perusahaan tersebut akan mendapatkan profit dengan bermitra dengan perusahaan lainnya untuk bisa memasang dan mempromosikan produknya.

Oke,  mari kita mulai memasuki Campus Cloud dimulai dengan absensi. Absensi  mudah dilakukan yaitu dengan validasi login ke dalam aplikasi Campus Cloud. Pada saat login, webcam langsung on dan memverifikasi  wajah sesuai dengan login User IDmahasiswa tersebut. Setelah aplikasi itu terbuka maka akan tampil dashboardperkuliahan Anda, adapun isinya adalah :

  • Jadwal Perkualiahan
  • Kelas tatap muka interaktif/live streaming dengan dosen
  • Kelas interaktif, dimana kita bisa berkolaborasi dengan mahasiswa lain dalam 1 tampilan.
  • Google Source Info, kita bisa dapatkan hal-hal dan ilmu perkuliahan yang disajikan secara interaktif dalam Google Hangouts
  • Exam Interactive (ujian interaktif) bisa dikerjakan dalam interface android, tapi login verifikasi dilakukan dari dashboard

Aplikasi ini bisa diakses 7×24 Jam dan 365 hari dimanapun kapanpun selama terjangkau dengan akses internet.

Jika kita melihat potensi bisnis edukasi tidak akan ada habisnya. Bagian dari tugas kita adalah bagaimana kita dapat memasuki dunia kampus. Mungkin gambaran yang saya sampaikan sudah dalam level enrterprise,  karena masing-masing kampus memiliki data center sendiri dan masing-masing data center sudah masuk standarisasi minimal Tier 3.

Faktor ‘kampus yang prestisius’ juga bisa menjadi alasan Anda menawarkan Campus Cloud, kita bangun Private Cloud di dalamnya dan dapat  terhubung di kampus yang lainnya.

Disaster Recovery bisa saja dibuat antar kampus.  Sebagai contoh, Kampus Universitas Indonesia (Depok), Disaster Recovery Site-nya berada di Universitas Gajah Mada (Yogyakarta). Masing-masing kampus memiliki data center sendiri, sehingga mereka bisa saling terhubung.  Hal ini harus didefinisikan di awal mengenai kepentingan antar-pihak selama saling memberikan manfaat yang baik .

Untuk menekan biaya investasi yang cukup besar, untuk pembiayaan ditentukan secara OPEX (Operational Expenditure) dari masing-masing institusi kampus yang akan menerapkan Cloud Campus. Hal ini dikarenakan Cloud Campus merupakan bentuk ekspansi secara massive  dari suatu kampus.

Kehadiran Cloud Campus memberikan harapan terciptanya pendidikan nasional yang lebih berkualitas dan menciptakan sinkronisasi dari semua kampus yang ada diseluruh Indonesia untuk mencerdaskan anak-anak Indonesia.

Anak Anda tidak perlu jauh-jauh ke USA, Australia, Jerman, Mesir, Arab Saudi dan Inggris.  Cukup di depan laptop dan ruangan khusus, anak Anda setara dengan kuliah seperti yang ada pada umumnya.

Motto :  Campus Cloud  “.. Ketika jarak sudah tidak ada lagi dan ketika perbedaan sudah tidak ada lagi, lalu perhatikan apa yang terjadi ..”

By Purwandi, Indonesian Cloud Engineering

Share:
0 comments on Campus Cloud

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *