Beberapa Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Ajukan Kredit

Mungkin bagi Anda yang sudah pernah melakukan pengajuan kredit bank telah familiar sekali dengan BI Checking saat ini. Di mana itu berubah nama jadi Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (SLIK OJK). Sistem tidak saja akan tentukan tentang pengajuan KPR, namun juga pengajuan kredit yang lainnya, misalnya kartu kredit, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) dan lain sebagainya. Itu karena semua informasi yang mempunyai kaitan dengan riwayat kredit Anda sudah tercatat pada SLIK OJK. 

Apabila sebelumnya Anda pernah sampai menunggak tagihan, misalnya saja kartu kredit, pastinya akan tinggal jejak yang buruk pada riwayat itu. Inilah yang akan jadi acuan bank di dalam menerima pengajuan kredit Anda atau tidak. 

Ketika Anda akan ajukan kredit, ada baiknya Anda perhatikan beberapa hal ini agar pengajuan dapat dilakukan lebih mudah lagi. Berikut pembahasannya:

Pahami Tentang SLIK OJK Secara Lebih Jauh

SLIK OJK adalah suatu sistem informasi yang di dalamnya berisi riwayat kredit. Kata lainnya, lancar ataupun tidaknya dalam pembayaran kredit di bank maupun lembaga keuangan yang lain bisa diketahui dengan mudah melalui sistem ini. Sama seperti namanya, saat ini sistem ini dikelola OJK (Otoritas Jasa Keuangan, dan pastinya bukan BI (Bank Indonesia) lagi. 

Dikarenakan SLIK OJK punya wewenang yang penuh di dalam menghimpun serta merekam semua data, lolos ataupun tidaknya pengajuan kredit Anda akan bergantung sekali dengan riwayat yang SLIK OJK catat. Kreditur akan lihat iDeb (Informasi Debitur) itu untuk menjadi bahan pertimbangan tentang kelayakan dari penerimaan kredit. 

Meningkatkan Skor Kredit Pada SLIK OJK

Ada 5 tingkatan skor kredit pada SLIK OJK adalah:

  • Lancar, jika debitur bayar pokok maupun bungan dengan selalu tepat waktu. 
  • Dalam perhatian yang khusus, jika ada tunggak pembayaran antara 1 -90 hari.
  • Kurang lancar, jika ada tunggal pembayaran antara 91 – 120 hari. 
  • Diragukan, jika ada tunggak pembayaran antara 121 – 180 hari. 
  • Macet, jika ada tunggak pembayaran di atas 180 hari. 

  • Biasanya pengajuan kredit akan ditolak jika calon debitur punya skor 3 sampai 5. 

    Cara untuk Mengecek SLIK OJK

    Pengecekan dari SLIK OJK bisa untuk Anda lakukan secara online maupun offline. Jika Anda ingin offline, maka Anda bisa secara langsung datang ke kantor OJK. Namun, bila Anda ingin melakukan secara online, bisa menuju ke laman yang tersedia. Anda perlu untuk bawa identitas seperti KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA. Lalu untuk debitur yang pakai layanan kantor pusat OJK, perlu untuk bawa identitas yang lain seperti SIM, BPJS, NPWP dan lain sebagainya.

    Nah, itulah beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui dan lakukan sebelum mengajukan kredit. SLIK OJK adalah sistem yang sebenarnya cukup memudahkan Anda saat ini dalam mengetahui riwayat kredit. Jadi, cukup penting untuk mengetahui tentang sistem ini. Semoga bermanfaat!

    Selamat! Indonesian Cloud Jetski Racing Team Peroleh Runner Up Dunia

    Atlet Jetski andalan Indonesia, Aqsa Sutan Aswar berhasil menyabet Runner Up Juara Dunia untuk Indonesia dalam gelaran World Finals 2021, Lake Havasu City, Arizona-USA...

    Fitur-Fitur Menarik yang Terdapat pada Saat Pembelajaran LMS dan Wajib untuk Diketahui

    Akhir-akhir ini bagi kalian Bapak dan Ibu guru sudah tidak asing dengan istilah LMS atau yang sering dikenal dengan sebutan Learning Management System.  Istilah...

    Share

    #Trending

    Promosi

    Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

    Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.