Blog

Aplikasi Distribusi Berbasis Cloud Computing Untuk Bisnis Proses Yang Unggul Dan Komprehensif

  • Posted by Marketing Indonesian Cloud
  • On 2 December 2015

Aplikasi distribusi alam beberapa tahun belakangan ini sangat dibutuhkan apalagi untuk industri barang-barang Konsumsi, atau seperti yang kita kenal sebagai FMCG, sedang bertumbuh dari segi skala bisnisnya, dan telah menjadi sektor yang diunggulkan di banyak negara, terutama negara-negara berkembang. Karena Indonesia memiliki pasar yang dikarenakan sebagian besar pengeluaran masyarakatnya digunakan untuk membeli barang-barang konsumsi, maka banyak perusahaan-perusahaan FMCG yang memperluas bisnis nya ke Indonesia, baik multinasional maupun lokal.

Karena teknologi juga terus-menerus berkembang dan berevolusi, perusahaan-perusahaan tersebut juga harus memilki sistem yang modern untuk mendistribusikan produk-produknya ke konsumen. Jadi, sistem distribusi tersebut juga harus sudah berkembang sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga pengertian dari kualitas sistem itu sendiri berubah secara drastis. Karena barang-barang konsumsi menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, distribusi yang handal dan optimal menjadi penting.

Monitoring jaringan distribusi secara real-time dan keputusan yang dinamis telah menjadi instrumen dalam mengoptimalkan sumber daya dan mengatur permintaan barang, jadi dalam membuat sistem manajemen distribusi yang dapat menangani alur kerja yang sesuai, sangatlah penting.

Distribution ProcessInfographic by: @alfonshere

Tantangan :

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, perusahaan FMCG berjuang di dalam atmosfer persaingan yang sangat tinggi karena permintaan terhadap barang-barang konsumsi kuat. Mudahnya ketersediaan dari produk-produk yang sama sebagai alternatif dapat dengan mudah mengalahkan anda di dalam kompetisi tersebut. Sehingga akses terhadap data penjualan secara real time sangatlah penting dalam membantu departemen perencanaan produksi untuk mengeluarkan produk pada batch selanjutnya.

Ketika banyak perusahaan FMCG yang menggunakan sistem ERP yang dapat menarik data primary sales, yang merupakan penjualan dari prinsipal ke distributor, tantangan yang ada meningkat seiring dengan kurangnya of visibility dari secondary sales (Distributors to retailers).

This leads to:

• Ketidakakuratan perkiraan dari permintaan dan penjualan

• Penumpukan atau kehabisan barang pada level gudang distributor

• Perencanaan produksi yang menyimpang model taking order yang tidak terstruktur

Solusi:

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa teknologi terus menerus berevolusi, sekarang ini mungkin kita telah mendengar tentang Cloud Computing, yang artinya semua server yang mungkin dibutuhkan untuk hosting aplikasi maupun kebutuhan lainnya, “divirtualisasikan”. Jadi, pihak manajemen perusahaan tidak perlu terlalu pusing dalam perencanaan biaya untuk membangun infrastruktur IT nya lagi dan dapat segera menjalankan bisnis utamanya. Di perusahaan-perusahaan distribusi, proses distribusinya juga harus berevolusi. Terlebih dari segi efisiensi dan efektifitas nya.

Dari yang awalnya hanya melakukan pencatatan order secara manual di atas kertas, menjadi menggunakan teknologi device untuk memudahkannya. Sehingga, sistem tersebut membutuhkan teknologi yang mumpuni untuk digabungkan untuk menjadi sistem yang terdepan. Oleh sebab itu, perusahaan harus secara cermat dalam memilih aplikasi atau sistem teknologi apa yang mereka harus pakai.

Ditambah dengan aplikasi yang ditanamkan di teknologi komputasi awan ini, dapat memudahkan tim IT daripada membangun infrastruktur IT terlebih dahulu, sehingga anda dapat langsung menjalankan dan mengoperasikan aplikasi siap pakai tersebut untuk menjalankan bisnis anda dengan segera. Sekedar informasi, sekarang sudah banyak cloud service provider yang bisa anda pilih.

Untuk aplikasi distribusi itu sendiri, sebaiknya dapat menyediakan fasilitas-fasilitas berikut secara garis-besar, yaitu :

Dapat menampilkan primary dan secondary sales untuk monitoring kinerja dan dan perencanaan strategi dan membuat perkiraan.

Dapat mengatur Perjalanan Harian dari Salesman. Hal ini dibutuhkan untuk mengatur rute harian para salesman agar lebih terstruktur dan mudah diatur sehingga dapat dipantau dengan lebih baik.

Manajemen harga dan produk. Agar anda dapat memonitor semua jenis produkyang anda miliki beserta harganya agar bisa lebih memudahkan salesman dalam melakukan taking order di toko-toko dan dalam melakukan penawarannya.

Pemantauan untuk manajemen persediaan. Agar anda dapat menangani barang-barang yang kosong atau mengatur/memisahkan barang-barang yang masih bagus dengan barang-barang yang rusak di gudang.

Dan laporan-laporan lain yang komprehensif untuk membuat strategi yang lebih menyeluruh dan mendalam.

Untuk alasan efisiensi tersebut pula, salesman juga harus disediakan alat bantu untuk membantu mereka melakukan taking order sehingga dapat mempersingkat waktu kunjungan mereka di setiap toko dan mereka dapat menawarkan seluruh produk kepada pemilik toko tanpa kendala. Hal ini dapat dilakukan tentunya dengan menimplementasikan sebuah aplikasi di satu perangkat yang dibawa oleh salesman ke toko-toko setiap hari.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi sistem distribusi dari IndonesianCloudyang memudahkan salesman dalam bekerja, dan dioperasikan dengan teknologi komputasi awan, dapat dengan signifikan memudahkan bisnis proses distribusi barang anda.

Andika Pradipta Saragih –  Application Sales Manager @IndonesianCloud

Share:
0 comments on Aplikasi Distribusi Berbasis Cloud Computing Untuk Bisnis Proses Yang Unggul Dan Komprehensif

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *