Mail Cleaner - Spam Mail Filter

Anda Merasa Terganggu dengan Email Spam? Simak 5 Hal Penting untuk Mengatasi Email Spam

Bagi para pengguna email tentu sudah tidak asing lagi dengan email spam yang sering kalian dapatkan. Tapi apakah Anda sudah mengetahui pasti apa itu email spam? Apa kalian mengetahui apa saja jenis spam email dan bagaimana cara email spam tersebut dapat terkirim ke kalian? Pada artikel kali ini akan membahas terkait spam email dan solusi apa yang dapat digunakan untuk menghindari email spam ini.

Apa Itu Email Spam?

Spam sendiri merupakan singkatan dari Sending and Posting Advertisement in Mass. Yang dimana ciri khas dari email spam ini adalah pesan promosi yang dikirimkan secara terus-menerus. Pesan spam seringkali ditemukan di dalam kotak masuk email bahkan terkadang di kotak masuk ponsel Anda. Biasanya, pesan-pesan ini berisi konten promosi yang tidak dibutuhkan atau tidak diinginkan oleh penerima pesan. Spam ini dapat menimbullkan ketidaknyamanan bagi para penerima pesannya. Orang yang mengirimkan email spam ini disebut spammers.

Ibaratnya, seperti Anda yang secara tiba-tiba menerima SMS promosi atau tawaran kredit. Anda tentu heran kan, darimana mereka (pengirim) ini mendapatkan nomor handphone Anda.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Anda bisa mendapat email spam? Lalu, darimana spammer tersebut dapat mengetahui alamat email Anda?

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab Anda menjadi penerima Email Spam:

  1. Alamat email Anda didapat secara random (acak)

Orang yang mengirimkan email spam ini bisa saja menemukan alamat email Anda di alat khusus pencari email dengan mencari symbol “@” saja.

  1. Alamat email Anda dijual oleh pihak yang tidak bertanggungjawab

Pada kemungkinan penyebab kali ini mungkin cukup familiar karena hampir semua orang pasti pernah melakukannya. Misalnya saja pada saat Anda melakukan transaksi di suatu platform, tidak menutup kemungkinan bahwa data Anda bisa saja dijual.

  1. Alamat email Anda ditemukan secara manual

Spammer juga dapat mendapatkan alamat email Anda dengan cara menebak secara manual, misalnya untuk target yang bernama Rudi, spammer bisa saja mencoba manual dengan mengetikkan “Rudi@gmail.com” atau “Rudi@yahoo.com”.

  1. Spammer berasal dari daftar kontak relasi Anda

Bisa saja spammer berhasil mendapatkan alamat email relasi Anda, lalu kemudian menemukan alamat Anda di daftar kontaknya.

  1. Telah terjadinya kebocoran data

Jika Anda pernah atau sering melakukan penginputan alamat email atau nomor ponsel pada suatu aplikasi di internet lalu terjadi kebocoran data pada platform tersebut, maka otomatis data Anda bisa saja dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Berikut adalah motif yang mendorong spammer untuk mengirimkan Email Spam kepada Anda:

  1. Email Penawaran Hadiah

Anda pasti pernah mendapat email dengan subject yang bertuliskan seperti ini “Selamat! Anda baru saja mendapatkan hadiah A!”. Padahal Anda tidak pernah berpartisipasi dalam event tersebut atau suatu event berhadiah. Motif ini cukup berbahaya jika ada orang yang percaya dan dengan mudah mengirimkan informasi pribadi untuk syarat penerimaan hadiah.

  1. Email Penipuan

Pada motif ini, spammer akan berpura-pura sebagai sosok yang terkenal seperti kasus email spam “Nigerian Prince”, pelaku dalam praktik ini berpura-pura menjadi anggota kerajaan dari Nigeria. Lalu, pelaku akan meminta bantuan dalam sejumlah uang dan menjanjikannya uang yang lebih besar kepada korban. Motif ini menimbulkan kerugian yang besar bagi korban pada tahun 2018.

  1. Email Phishing

Praktik penipuan yang dimana spammer dapat mengelabui korban dengan cara berpura-pura sebagai brand terkenal. Tujuannya sangat sederhana, supaya korban memberikan informasi penting tanpa curiga. Namun dari email tersebut tentu ada hal yang dapat dicurigai, seperti, institusi resmi tidak akan meminta informasi sensitif via email. Dan institusi resmi biasanya akan menyebutkan nama pada isi email nya.

  1. Email Promosi

Sebenarnya promosi via email bukan sebuah masalah. Namun akan menjadi masalah apabila promosi dilakukan tanpa persetujuan dari penerima email. Contohnya seperti, sebelumnya Anda bersedia untuk memasukkan email Anda untuk berlangganan info atau promo suatu toko online.

Bagaimana Cara Mengatasi Email Spam? Simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Berhati-hatilah saat mempublikasikan alamat email Anda

Walaupun alamat email merupakan elemen penting saat membagikan informasi kontak bisnis namun hal ini tentu mengundang spammer untuk lebih mudah mengetahui alamat email Anda. Pastikan sebelum Anda membagikan alamat email untuk memastikan bahwa pihak asing yang akan menerima alamat email Anda tidak mencurigakan.

  1. Jangan pernah buka email spam

Apabila Anda sudah menerima email spam di kotak email, tidak perlu panik karena Anda hanya perlu untuk tidak membuka email spam tersebut. Karena dengan Anda membukanya, spammer akan mengetahui jika alamat email Anda aktif sehingga mereka akan mengirimkan email lebih banyak lagi.

  1. Segera tandai email misterius sebagai spam

Jika Anda menerima email spam, boleh saja jika Anda ingin menghapusnya tapi alangkah baiknya jika Anda menandai emailnya sebagai “spam”. Solusi ini lebih baik karena email yang ditandai sebagai spam akan terdekteksi sebagai pesan yang “tak diundang” dan jika spammer mengirimkan email spam lagi, kotak email akan otomatis mendeteksi pesan mereka sebagai spam.

  1. Gunakan layanan atau produk email dengan fitur Anti-Spam dan Cleaner

 

Setelah mengetahui apa saja jenis dan cara mengatasi email spam, kami memberikan solusi layanan yang dapat Anda gunakan supaya terhindar dari email spam ini. Solusi Mail Cleaner-Spam Mail Filter dari Indonesian Cloud ini memiliki peran penting agar serangan-serangan tidak menghampiri kotak masuk email Anda. Spam filter server Mail Cleaner menganalisis setiap pesan dan memastikan bahwa lebih dari 99% pesan yang tidak diinginkan akan diblokir, jadi Anda hanya menerima pesan yang penting. Jika file berbahaya terdeteksi, Mail Cleaner akan secara otomatis mengirimnya ke zona karantina yang tidak akan membuat kerusakan di masa mendatang.

Selain perlindungan dari phishing, ransomware, malware, cryptolocker, dan ancaman lainnya Mail Cleaner ini juga dapat mengenali dan mengklasifikasikan newsletter. Hanya newsletter yang Anda inginkan saja yang akan Anda terima. Dan sistem Anti-Virus yang dapat menyaring semua pesan dari virus, worms, macro, dan lampiran mencurigakan dengan konten yang berpotensi berbahaya. Anda dapat menggunakan solusi layanan kami dengan biaya yang sangat terjangkau dan sudah mendapat banyak sekali kelebihan dan fitur-fitur canggih yang dapat mengamankan email Anda.

Jika Anda tertarik atau ingin mengetahui lebih lanjut seputar solusi layanan Mail Cleaner-Spam Mail Filter dari Indonesian Cloud, Anda dapat mengunjungi laman website kami di https://indonesiancloud.com/.