7 Keunggulan Public Cloud

Kebanyakan, public cloud didesain sebagai model “computing as a utility”. EC2 milik Amazon adalah contoh tepat dari model ini, lalu diikuti brand lain seperti Rackspace dan SoftLayer. Sama seperti Amazon, mayoritas public cloud juga dibuat dengan tujuan menawarkan opsi biaya yang kompetitif.

Meskipun Amazon memiliki model biaya yang agak membingungkan, sepertinya mereka berusaha membagi-bagi public cloud mereka menjadi komponen komputasi terkecil, sehingga penggunanya dapat mengoptimalkan pengkodean komputasi awan berdasarkan biaya.

Public cloud Amazon dirancang dengan hypervisor open source, non-redundant host, dan ruang penyimpanan lokal. Ini berarti mereka mampu menyediakan platform dengan biaya yang rendah. Jelas, solusi seperti ini sangat baik untuk perusahaan berskala kecil atau menengah.

Walaupun sudah banyak yang mengiyakan manfaat positif dari public cloud, ada beberapa pula yang masih ragu untuk hijrah menggunakannya dan enggan meninggalkan sistem on-premise mereka. 

Jika Anda termasuk orang-orang yang masih ragu dalam menggunakan public cloud, sebaiknya Anda perlu tahu keunggulan-keunggulan mendasar dari solusi ini. 

Model pembiayaan

Salah satu kelebihan dari public cloud adalah Anda dapat membayar layanannya per jam. Jika Anda hanya memerlukan server pengujian untuk menjalankan uji regresi 1 jam, Anda dapat menjalankan server, dan menonaktifkan server dengan biaya yang sangat terjangkau. Bahkan, Amazon menjual siklus komputasi mereka melalui proses lelang.

Akses API

Banyak host public cloud menyediakan API yang memungkinkan penggunanya untuk secara terprogram menjalankan dan mematikan server melalui akses API. Ini jelas bisa sangat bermanfaat untuk sistem yang perlu menjalankan server dalam jumlah besar, seperti lingkungan penelitian dan pengujian.

Konfigurasi dan bayar online

Berbeda dengan private cloud di mana seluruh infrastruktur dirancang berdasarkan persyaratan khusus dari penggunanya, public cloud dapat dibeli secara online, dikonfigurasi dan digunakan secara online. Anda dapat melakukan itu semua melalui website penyedia cloud.

Meningkatkan keamanan

Banyak perusahaan yang sudah menyadari pentingnya transisi ke cloud karena mereka otomatis akan mendapatkan keamanan yang lebih baik. Banyak alasan kenapa public cloud menawarkan keamanan lebih baik, contohnya seperti:

  • Ahli keamanan siber: Penyedia layanan cloud besar jelas menarik banyak teknisi berbakat dunia dan mereka bersedia membayar ongkos banyak untuk membentuk tim keamanan siber. Dengan cloud, Anda akan mendapatkan akses ke tim IT berbakat tersebut untuk menjaga arsitektur cloud perusahaan Anda.
  • Inovasi keamanan siber: Keamanan paling canggih biasanya berbasis cloud. Inovasi keamanan terjadi di cloud dan dirancang secara spesifik untuk solusi berbasis cloud.
  • Akses terkendali: Kebanyakan pembobolan data terjadi karena kesalahan manusia. Orang yang masih ragu akan cloud akan berpikir menyimpan data mereka sendiri secara mandiri lebih aman, tapi nyatanya sebaliknya. Data yang tersimpan di cloud jarang jatuh ke tangan yang salah karena kesalahan karyawan. Karena campur tangan diminimalisir oleh cloud, otomatis potensi risiko yang ada juga berkurang.

Hemat waktu

Sebagai pengguna public cloud, Anda tidak bertanggung jawab akan pengelolaan solusi hosting cloud Anda. Penyedia jasa cloud Anda yang akan bertanggung jawab atas manajemen dan maintenance dari data center yang menyimpan data Anda. 

Itu artinya, tidak ada lagi proses panjang soal procurement dan Anda tidak perlu menunggu sistem menginstall sistem operasi, mengonfigurasi, atau membangun konektivitas. Teknologi cloud juga bisa membuat developer mengadopsi workflow Agile, sehingga secara signifikan mengurangi waktu testing dan deploying produk baru.

Hemat uang

Berapa banyak biaya yang bisa Anda hemat jika menggunakan public cloud? Itu jelas tergantung. Beberapa perusahaan bisa menghemat hingga miliaran rupiah. Akan tetapi jika Anda tidak bisa mengatur akun Anda secara benar, Anda mungkin tidak bisa menghemat biaya apa pun.

Namun jika Anda bisa melihat kenapa public cloud dapat menghemat uang lalu memeriksa lingkungan IT Anda, mungkin Anda akan otomatis paham berapa biaya yang bisa Anda hemat. Public cloud dapat membuat Anda lebih hemat karena:

  • Modal terjangkau: Tidak perlu pembelian alat-alat atau ruang untuk menyimpannya. Langganan public cloud hanya membutuhkan sedikit hal, lalu Anda cuma perlu membayar sumber daya yang Anda gunakan. Public cloud mengubah infrastruktur Anda dari capital expense (CapEx) ke operating expense (OpEx).
  • Tanpa biaya maintenance: Penyedia layanan cloud Anda akan bertanggung jawab soal maintenance, yang biayanya sudah termasuk dari paket langganan Anda. Seluruh update software juga dikelola oleh penyedia layanan cloud yang termasuk paket hosting Anda. ini jelas menghapus kewajiban Anda serta karyawan untuk melakukan upgrade.

Anda harus menentukan arsitektur cloud yang tepat untuk aplikasi Anda. Pasalnya, baik public cloud, private cloud, dan managed cloud hosting masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan yang ada dari setiap model, menjadi mudah untuk memilih komputasi awan mana yang terbaik untuk aplikasi.

Sejatinya tidak seluruh aplikasi cocok dengan public cloud. Banyak perusahaan berskala menengah dan besar yang ingin memastikan keamanan dari data perusahaan serta klien dengan menyimpannya di private cloud. Mereka tidak akan men-deploy sistem krusial mereka di public cloud.

Meski begitu, ada beberapa aplikasi yang ideal penggunaannya untuk public cloud seperti:

  • Development dan lingkungan tes

Tes regresi adalah contoh tepat aplikasi untuk public cloud. Software development pada masa lampau, dibutuhkan beberapa server untuk menjalankan skenario tes setiap 24 jam. Sekarang, dengan kemampuan untuk menjalankan 1000 server secara terprogram, waktu tes dapat berkurang menjadi hanya beberapa menit saja. Ini jelas dapat memangkas siklus software development secara sangat signifikan.

  • Aplikasi riset

Sebagai contoh di University of Michigan, para periset memutar 1000 inti untuk menjalankan program analisis DNA, genom, hingga cuaca. Sebagian besar program ini ditulis untuk menahan kerusakan satu atau dua server sehingga public cloud dapat menyediakan sumber daya yang luar biasa, tapi tetap dengan biaya yang terjangkau untuk penelitian.

  • Web server nonkritis

Ketika web server dan aplikasi lainnya mengalami crash atau kehilangan data, hal tersebut menjadi tidak begitu berdampak negatif terhadap perusahaan.

Mengingat banyaknya keunggulan dan pentingnya public cloud untuk perusahaan, Indonesian Cloud juga menyediakan sederet public cloud populer seperti dari AWS, Azure, IBM, Alibaba Cloud, dan Huawei Cloud. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda atau konsultasi terlebih dulu dengan tim kami.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.