5 Alasan Mengapa Anda Tidak Harus Mengandalkan Hard Disk Lagi

Sudah bertahun-tahun hard disk menjadi tempat penyimpanan utama bagi kebanyakan pengguna komputer. Dari yang awalnya hanya beberapa kilobyte saja, sekarang kapasitasnya sudah bisa menyimpan beberapa terabyte dengan sangat mudah.

Tetapi  tahukah anda, media penyimpanan yang sangat anda andalkan tersebut mempunyai ancaman terbesar bagi data anda sekarang dan juga membatasi efektifitas dalam setiap kegiatan anda.

Berikut adalah 5 Alasannya :

1)   Data Hard Disk Tidak Bisa Online

Dalam lingkungan pekerjaan semuanya harus terhubung , hampir tidak mungkin bila anda berasumsi bahwa anda tidak akan perlu untuk mengakses data penting anda dari berbagai lokasi. Dengan menggunakan hard disk, anda hanya dapat mengakses data anda dari dalam jaringan anda sendiri. Bahkan hanya bisa diakses bila komputer anda dinyalakan dan anda memiliki koneksi ke jaringan tersebut.
Sekarang bagaimana apabila anda perlu untuk mengakses data anda dari lokasi yang jauh?
ini adalah keterbatasan utama dari hard disk yang secara substansial dapat mempengaruhi produktivitas anda. Bila ada alternatif lain yang jauh lebih dapat diandalkan dan mudah diakses, itu menjadi pilihan anda yang mobile dan dinamis.

2)  Penyimpanan Hard Disk Tidak Aman
Ada banyak cara  yang membuat anda kehilangan data dari hard disk. Dari penghapusan data yang tidak disengaja, karena kerusakan fisik atau terserang virus. Itulah hard disk media penyimpan yang bisa menghilangkan data berharga anda secara tiba-tiba. Penelitian menunjukkan hampir 6% dari total hard disk yang diproduksi setiap tahunnya rusak dalam waktu satu tahun tanpa sebab apapun. Ini adalah statistik yang mengejutkan terutama mengingat sebagian besar pengguna komputer menggunakan hard disk baru.

3 ) Hard Disk Memerlukan Power Supply
Tahukah Anda, apakah ada hard disk yang bekerja tanpa komputer atau tanpa power supply? Tentu saja anda pasti bilang tidak. Satu-satunya cara untuk mengakses hard disk adalah ketika kita akan mengambil data harus memiliki daya yang konsisten . Bahkan jika data anda disimpan di dalam jaringan, anda pasti memerlukan PC untuk mengaksesnya. Ini adalah keterbatasan utama bagi siapa saja yang akan mengakses data dari berbagai lokasi dan dalam keadaan yang berbeda-beda.

4 ) Apakah Hard Disk kompatibel dengan Perangkat Mobile
Smartphone dan perangkat mobile telah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa data yang paling penting dan komunikasi terjadi sepenuhnya melalui perangkat mobile. Dengan ketergantungan yang tinggi seperti pada smartphone, sulit untuk percaya bahwa tidak ada metode langsung yang mengintegrasikan data hard disk dengan smartphone kita. Anda juga perlu untuk mentransfer data menggunakan kabel USB  atau email file yang dibutuhkan untuk diri sendiri (yang memiliki keterbatasan juga).
Tidak ada cara nyata untuk menjaga data hard disk anda yang harus disinkronisasikan dengan perangkat mobile anda. Di era saat ini perangkat mobile sudah menjadi kewajiban, dan hard disk ini adalah  kelemahan utama dalam mobilitas tersebut.

5 ) Apakah Hard Disk Terbatas
Memindahkan hard disk dari satu tempat ke tempat lain adalah pekerjaan yang memakan waktu. Pertama, sebagian besar hard disk berada di dalam CPU. Jadi untuk mencabutnya membutuhkan banyak waktu. Kedua , hard disk tidak kompatibel dengan semua jenis komputer. Jadi bahkan jika anda berhasil mencabut hard disk dari sistem , tidak ada jaminan akan bekerja dengan sistem yang lain. Dan dalam kasus seperti ini anda pasti berpikir tentang hard disk eksternal sebagai solusi jitu. Akan tetapi saya punya kabar buruk mengenai hard disk eksternal tersebut.
Eksternal hard disk memiliki masalah kompatibilitas. Meski dapat dibawa kemana-mana dengan mudah, sebagian besar hard disk eksternal menggunakan kabel USB untuk terhubung dengan perangkat lain . Jika Anda kehilangan kabel, anda tidak dapat terhubung.

Cloud Storage Services – Solusi Terbaik sebagai Media Penyimpanan Anda Saat ini
Semua masalah yang telah saya diskusikan di atas memiliki satu elemen umum, pada intinya masalah konektivitas. Untungnya, kini telah hadir layanan penyimpanan awan (Storage as a Service) yang secara efektif telah memecahkan masalah tersebut. Teknologi penyimpanan Cloud dirancang untuk memenuhi tantangan pengguna komputer modern. Ini benar-benar menghilangkan resiko ketika kita menggunakan penyimpanan hard disk. Dengan penyimpanan di Cloud, Anda memiliki backup data secara teratur dan data anda dikelola/disimpan di lokasi terpisah. Demikian pula, tidak ada ancaman kerusakan pada fisik atau serangan virus pada data Anda.
Anda dapat terhubung dengan data Cloud anda dari mana saja bahkan di dunia. Anda juga bisa mengaksesnya dari perangkat mobile Anda dan data otomatis tersinkronisasi dengan smartphone Anda.

Satu Hari Menjadi VMware Engineer di Indonesian Cloud

Seperti biasa pagi hari menembus jalanan Jakarta untuk menuju kantor. Jam setengah tujuh lebih sedikit sudah sampai di kantor, sarapan pagi dulu lalu mulailah...

Pentingnya Disaster Recovery as a Service untuk Perusahaan

“Sedia payung sebelum hujan”, waspada sebelum musibah datang. Peribahasa ini pas digunakan untuk situasi apapun, termasuk untuk seluruh pelaku bisnis yang memiliki data-data operasional...

Share

#Trending

Promosi

Kenapa Anda Harus Menggunakan Layanan Cloud Untuk Bisnis Anda?

Masih ragu untuk menggunakan layanan Cloud Computing ke dalam lini bisnis Anda? Dalam artikel ini akan kami coba bantu mencerahkan pandangan Anda akan pentingnya pengimplementasian...

Indonesian Cloud Raih Sertifikasi PCI DSS

Sertifikasi ini melengkapi beberapa sertifikasi Indonesian Cloud yang telah dimiliki sebelumnya seperti ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013. PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard)...

Gunadarma Digital Talent Job Fair 2019

Indonesia Cloud sebagai pelaku industri teknologi di Indonesia selalu berusaha untuk dapat ikut berkontribusi dalam perkembangan dunia IT khususnya di Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh...

Kunjungan Industri Ikatan Mahasiswa Telekomunikasi (IMT Signum) ITB

Jakarta, 10 Januari 2019 Indonesian Cloud memulai hari kamis ini dengan sebuah antusiasme tinggi, karena hari ini kami kedatangan tamu spesial. Teman – teman dari Ikatan...

Tingkatkan Performa Bisnis Dengan Manage Service

Seiring dengan pertumbuhan jasa layanan cloud computing, semakin sering kita mendengar kata-kata “manage service“. Manage service sendiri merupakan jasa layanan IT yang fokus pada...

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.

× Butuh Bantuan? Chat Kami!