Blog

5 Alasan Mengapa Anda Tidak Harus Mengandalkan Hard Disk Lagi

  • Posted by Marketing Indonesian Cloud
  • On 19 August 2014

Sudah bertahun-tahun hard disk menjadi tempat penyimpanan utama bagi kebanyakan pengguna komputer. Dari yang awalnya hanya beberapa kilobyte saja, sekarang kapasitasnya sudah bisa menyimpan beberapa terabyte dengan sangat mudah.

Tetapi  tahukah anda, media penyimpanan yang sangat anda andalkan tersebut mempunyai ancaman terbesar bagi data anda sekarang dan juga membatasi efektifitas dalam setiap kegiatan anda.

Berikut adalah 5 Alasannya :

1)   Data Hard Disk Tidak Bisa Online

Dalam lingkungan pekerjaan semuanya harus terhubung , hampir tidak mungkin bila anda berasumsi bahwa anda tidak akan perlu untuk mengakses data penting anda dari berbagai lokasi. Dengan menggunakan hard disk, anda hanya dapat mengakses data anda dari dalam jaringan anda sendiri. Bahkan hanya bisa diakses bila komputer anda dinyalakan dan anda memiliki koneksi ke jaringan tersebut.
Sekarang bagaimana apabila anda perlu untuk mengakses data anda dari lokasi yang jauh?
ini adalah keterbatasan utama dari hard disk yang secara substansial dapat mempengaruhi produktivitas anda. Bila ada alternatif lain yang jauh lebih dapat diandalkan dan mudah diakses, itu menjadi pilihan anda yang mobile dan dinamis.

2)  Penyimpanan Hard Disk Tidak Aman
Ada banyak cara  yang membuat anda kehilangan data dari hard disk. Dari penghapusan data yang tidak disengaja, karena kerusakan fisik atau terserang virus. Itulah hard disk media penyimpan yang bisa menghilangkan data berharga anda secara tiba-tiba. Penelitian menunjukkan hampir 6% dari total hard disk yang diproduksi setiap tahunnya rusak dalam waktu satu tahun tanpa sebab apapun. Ini adalah statistik yang mengejutkan terutama mengingat sebagian besar pengguna komputer menggunakan hard disk baru.

3 ) Hard Disk Memerlukan Power Supply
Tahukah Anda, apakah ada hard disk yang bekerja tanpa komputer atau tanpa power supply? Tentu saja anda pasti bilang tidak. Satu-satunya cara untuk mengakses hard disk adalah ketika kita akan mengambil data harus memiliki daya yang konsisten . Bahkan jika data anda disimpan di dalam jaringan, anda pasti memerlukan PC untuk mengaksesnya. Ini adalah keterbatasan utama bagi siapa saja yang akan mengakses data dari berbagai lokasi dan dalam keadaan yang berbeda-beda.

4 ) Apakah Hard Disk kompatibel dengan Perangkat Mobile
Smartphone dan perangkat mobile telah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa data yang paling penting dan komunikasi terjadi sepenuhnya melalui perangkat mobile. Dengan ketergantungan yang tinggi seperti pada smartphone, sulit untuk percaya bahwa tidak ada metode langsung yang mengintegrasikan data hard disk dengan smartphone kita. Anda juga perlu untuk mentransfer data menggunakan kabel USB  atau email file yang dibutuhkan untuk diri sendiri (yang memiliki keterbatasan juga).
Tidak ada cara nyata untuk menjaga data hard disk anda yang harus disinkronisasikan dengan perangkat mobile anda. Di era saat ini perangkat mobile sudah menjadi kewajiban, dan hard disk ini adalah  kelemahan utama dalam mobilitas tersebut.

5 ) Apakah Hard Disk Terbatas
Memindahkan hard disk dari satu tempat ke tempat lain adalah pekerjaan yang memakan waktu. Pertama, sebagian besar hard disk berada di dalam CPU. Jadi untuk mencabutnya membutuhkan banyak waktu. Kedua , hard disk tidak kompatibel dengan semua jenis komputer. Jadi bahkan jika anda berhasil mencabut hard disk dari sistem , tidak ada jaminan akan bekerja dengan sistem yang lain. Dan dalam kasus seperti ini anda pasti berpikir tentang hard disk eksternal sebagai solusi jitu. Akan tetapi saya punya kabar buruk mengenai hard disk eksternal tersebut.
Eksternal hard disk memiliki masalah kompatibilitas. Meski dapat dibawa kemana-mana dengan mudah, sebagian besar hard disk eksternal menggunakan kabel USB untuk terhubung dengan perangkat lain . Jika Anda kehilangan kabel, anda tidak dapat terhubung.

Cloud Storage Services – Solusi Terbaik sebagai Media Penyimpanan Anda Saat ini
Semua masalah yang telah saya diskusikan di atas memiliki satu elemen umum, pada intinya masalah konektivitas. Untungnya, kini telah hadir layanan penyimpanan awan (Storage as a Service) yang secara efektif telah memecahkan masalah tersebut. Teknologi penyimpanan Cloud dirancang untuk memenuhi tantangan pengguna komputer modern. Ini benar-benar menghilangkan resiko ketika kita menggunakan penyimpanan hard disk. Dengan penyimpanan di Cloud, Anda memiliki backup data secara teratur dan data anda dikelola/disimpan di lokasi terpisah. Demikian pula, tidak ada ancaman kerusakan pada fisik atau serangan virus pada data Anda.
Anda dapat terhubung dengan data Cloud anda dari mana saja bahkan di dunia. Anda juga bisa mengaksesnya dari perangkat mobile Anda dan data otomatis tersinkronisasi dengan smartphone Anda.

Share:
0 comments on 5 Alasan Mengapa Anda Tidak Harus Mengandalkan Hard Disk Lagi

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *