4 Manfaat Web Application Firewall

Sejak pertama ditemukan, firewall komputer dan jaringan terbukti secara signifikan meningkatkan keamanan internet individu dan organisasi secara keseluruhan. Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi yang terus berjalan contohnya seperti perkembangan telepon seluler dan internet, firewall juga berkembang. Firewall telah beradaptasi dengan teknologi baru dan yang terpenting adalan ancaman baru.

Web Application Firewall atau yang biasa disebut WAF, adalah jenis baru firewall yang dibuat untuk merespons ancaman luar yang firewall tradisional tidak bisa tangani. Ancaman ini menggunakan protokol terotorisasi seperti HTTP, dan menyerang aplikasi atau sistem melalui protokol itu. 

Serangan-serangan tersebut disamarkan sebagai permintaan asli yang dibuat untuk terbentuk di situs atau aplikasi Anda. Serangan itu tampak sangat otentik untuk firewall tradisional, sehingga diizinkan untuk terus berproses. Hal-hal seperti inilah yang membuat firewall tradisional tidak bisa melakukan apa-apa untuk serangan seperti ini. 

Setelah permintaan-permintaan tersebut masuk ke aplikasi atau website Anda, peretas dapat mengirim permintaan khusus melalui website Anda, yang pada akhirnya akan merilis data sensitif yang tersimpan di database Anda. WAF-lah yang mampu menghentikan hal-hal seperti itu terjadi. 

Manfaat-manfaat penggunaan WAF

Proteksi

WAF memiliki tugas untuk melindungi dari paparan data yang tidak memiliki otoritas di situs web atau aplikasi. WAF sangat bermanfaat untuk bisnis online dalam bentuk apa pun terutama e-commerce, yang membutuhkan keamanan yang sempurna untuk melindungi data pribadi penggunanya dengan aman. 

Tanpa keamanan siber yang memadai, informasi pelanggan akan rentan terhadap serangan para peretas. Jika sebuah perusahaan mengalami serangan siber berskala besar, hal itu dapat merugikan perusahaan tidak hanya pada sisi bisnis, tetapi juga kepercayaan pelanggan yang jadi taruhannya. 

Sepertinya tidak berlebihan untuk mengatakan serangan web yang serius dapat merusak perusahaan Anda, dan WAF memiliki tugas untuk melindungi semua traffic yang masuk dan keluar dari website perusahaan Anda. Secara otomatis, WAF dapat menyaring traffic web yang berbahaya, dan ini jelas memungkinkan Anda untuk secara manual memilih siapa yang harus diblokir atau tidak.

WAF secara proaktif melindungi website dan aplikasi dari penipuan atau pencurian data, lalu memblokir aktivitas yang mencurigakan. WAF bisa memeriksa setiap permintaan web untuk cross-site scripting, injeksi SQL, path traversal, dan lebih dari 400 jenis serangan lainnya. Perlindungan ini memastikan bahwa data Anda, dan data pelanggan Anda tetap aman.

WAF melindungi Anda dari:

  • Injeksi SQL, komentar spam
  • Cross-site scripting (XSS)
  • Serangan distributed denial of service (DDoS)
  • Serangan khusus pada aplikasi (WordPress, CoreCommerce) dan banyak lagi

Manfaat lainnya termasuk:

  • Perlindungan otomatis dari berbagai ancaman. Aturan default kuat yang dimiliki WAF, dan penyesuaian ekstensif yang memberikan perlindungan Layer 7 yang terintegrasi dengan mitigasi DDoS.
  • Pelaporan secara real-time dan logging yang kuat memungkinkan Anda melihat apa yang terjadi secara instan.

Patch otomatis

Melakukan pemindaian terhadap kerentanan secara teratur adalah hal yang bagus. Idealnya, jika perusahaan Anda bergerak di bidang e-commerce, Anda harus menjalankan pemindaian terhadap kerentanan sebanyak beberapa kali dalam sebulan. 

Coba bayangkan apa yang mungkin terjadi jika Anda berhasil menemukan suatukerentanan di website atau aplikasi Anda. Anda mungkin memiliki sumber daya untuk menambal aplikasi atau memperbaiki masalah dengan cepat, namun jarang perusahaan yang memiliki keahlian atau sumber daya yang selalu tersedia 24 jam dalam seminggu. 

Jika perusahaan Anda termasuk dalam kelompok kedua, maka perusahaan Anda jelas memiliki risiko selama kerentanan itu masih ada. Beberapa WAF memiliki kemampuan untuk secara sementara menambal aplikasi Anda dari kerentanan tersebut. Tambalan sementara ini bukanlah solusi yang lengkap, tetapi cukup untuk mengurangi risiko sampai Anda menyiapkan perbaikan yang permanen. 

Menghentikan kebocoran data

Peretas dapat memburu data dengan berbagai cara. Kebocoran data dapat disebabkan oleh sesuatu yang sepele, seperti pesan yang diberikan kepada pengguna. Jadi, jika aplikasi Anda menyimpan data penting seperti nomor kartu kredit, sangatlah mudah untuk mengalami kebocoran data-data tersebut. 

Kebocoran dalam bentuk apa pun adalah sebuah bencana. WAF akan memindai setiap permintaan dari pengguna aplikasi atau website Anda, dan jika ada sesuatu yang tampak tidak biasa, WAF akan menyetopnya. 

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak keuntungan menggunakan WAF sebagai bagian dari perusahaan Anda. Mudah, aman, dan memberikan keamanan dan menghadirkan ketenangan pikiran baik untuk perusahaan Anda dan pelanggan Anda.

Keamanan dan teknik deteksi

Banyak WAF populer saat ini menggunakan kombinasi teknik yang memastikan cakupan deteksi akurat, sehingga tidak memblokir traffic yang memiliki otoritas. Konfigurasi WAF yang paling banyak digunakan adalah model keamanan negatif. Ini memungkinkan semua transaksi diperbolehkan kecuali traffic yang mengandung ancaman atau serangan.

Jenis ini adalah model yang bagus untuk proteksi out-of-the-box, memblokir ancaman umum, termasuk injeksi Web, OWASP top 10, XSS, dan seterusnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, model keamanan positif adalah model yang paling populer. Pendekatan ini berarti memblokir semua traffic dan hanya mengizinkan traffic yang sudah diketahui valid dan aman. Pendekatan seperti ini didasari oleh validasi konten yang ketat dan analisis statistik. 

Jika Anda memiliki pertanyaan apa pun soal bagaimana mengadopsi penggunaan WAF untuk perusahaan, atau bagaimana mengotimalkan performa cloud sekaligus menekan biaya operasional, hubungi Indonesian Cloud untuk membantu Anda soal WAF. Kami bekerja sama dengan Imperva, Cloudflare, dan F5 yang salah satunya bisa Anda pilih untuk digunakan.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.