Digital Marketing

Digital Marketing : Definisi, Strategi, Jenis dan 5 Kelebihan Digital Marketing

Marketing adalah bagian dari perusahaan yang memiliki peran cukup penting. Maju mundurnya perusahaan dapat ditentukan oleh divisi marketing. Marketing merupakan sesuatu yang wajib diterapkan oleh perusahaan atau organisasi sebagai salah satu strategi pertumbuhan perusahaan. Banyak perusahaan yang menerapkan teknik marketing untuk mencapai tujuannya.

Tetapi dengan seiring perkembangan zaman, tren dalam bisnis semakin beragam. Salah satunya digital marketing. Pernahkah Anda melihat brand atau produk perusahaan melakukan digital campaign ataupun Anda pernah melihatnya melalui website dan media sosial perusahaan? Hal tersebutlah yang disebut dengan digital marketing. Simak penjelasan lebih mengenai digital marketing berikut.

Definisi Digital Marketing

Digital Marketing adalah metode pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media digital dan juga internet. Dengan semakin berkembangnya teknologi, internet tidak hanya dipakai sebagai sarana komunikasi tetapi juga promosi. Dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional, metode digital marketing lebih diminati oleh perusahaan. Penggunaan digital marketing meminimalisir pengeluaran biaya dan hasil yang didapat dari pemasaran lebih memuaskan.

Strategi – Strategi Digital Marketing

Berikut ini adalah macam-macam digital marketing yang sering digunakan oleh para digital marketer.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemungkinan agar tautan bisnis muncul pada halaman web dan berada di posisi teratas pada search engine Google. Dengan begitu, kemungkinan lebih besar situs bisnis dibuka oleh calon customer.

  1. Pay Per Click (PPC)

PPC adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan membayar setiap kliknya. Contohnya seperti Facebook Ads, Anda dapat membayar untuk mendapatkan slot teratas pada setiap pencarian dan setiap kliknya dikenakan biaya.

  1. Content Marketing

Menarik perhatian calon customer untuk mengetahui bisnis dan mendorong mereka untuk menjadi pembeli dengan merencanakan, membuat, dan membagikan konten mengenai perusahaan. Konten ini dapat berupa unggahan blog, media sosial, dan lain sebagainya.

  1. Sosial Media Marketing

Melakukan promosi pada sosial media seperti, LinkedIn, Instagram, Facebook, dll. Karena sosial media saat ini bukan hanya sebagai sarana komunikasi saja, tetapi juga sebagai sarana pemasaran dan promosi.

  1. Affiliate Marketing

Strategi yang dimana Anda bermitra dengan situs atau layanan orang lain untuk merujuk pembaca untuk mengunjungi situs bisnis Anda.

  1. Otomatisasi Pemasaran

Salah satu strategi digital marketing yang satu ini merupakan teknik otomatisasi tugas secara otomatis dan berulang. Tugas seperti workflow, susunan unggahan konten dan juga laporan kampanye. Strategi ini dapat dilakukan di platform digital seperti email dan media sosial.

  1. Native Advertising

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

Jenis Digital Marketing

  1. Website

Website sangat dibutuhkan untuk perusahaan, karena website mengindikasikan profesionalisme sebuah perusahaan. website juga dapat membantu konsumen mengetahui informasi bisnis perusahaan.

  1. Search Engine Marketing (SEM)

SEM menjadi upaya untuk membuat website perusahaan lebih mudah untuk ditemukan saat dicari pada search engine.

  1. Social Media Marketing

Pada social media marketing, perusahaan dapat melakukan pemasaran dan promosi di social media seperti LinkedIn dan Instagram untuk menghemat biaya dan juga meningkatkan brand perusahaan.

  1. Online Advertising

Online advertising merupakan iklan online melalui internet yang bertujuan mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan, namun online advertising ini menggunakan sistem berbayar untuk menggunakannya.

  1. E-Mail Marketing

Melalui e-mail marketing, perusahaan dapat memberi informasi terbaru mengenai produk baru hingga promosi melalui email.

  1. Video Marketing

Video marketing akan membantu perusahaan menjelaskan tentang bisnisnya secara langsung mengenai produk dan cara menggunakannya.

Kelebihan Digital Marketing daripada Marketing Konvensional

  • Membangun Nama Brand dengan Baik

Dengan melakukan marketing atau pemasaran pada media digital akan membangun nama brand dengan baik, karena calon customer hingga calon customer akan mencari brand atau perusahaan secara online sebelum membeli produk atau layanan perusahaan.

  • Jangkauan yang Lebih Luas

Selain kelebihan di atas dengan melakukan digital marketing perusahaan dapat melakukan pemasaran produk keluar kota hingga keseluruh dunia secara mudah hanya dengan memanfaatkan internet dan sosial media.

  • Penyebaran Lebih Cepat

Digital Marketing dapat membuat penyebaran informasi brand dan produk lebih cepat dibandingkan konvensional serta dapat dikontrol secara realtime.

  • Meminimalisir pengeluaran dan efektif

Dengan menggunakan digital marketing tentunya dapat meminimalisir pengeluaran dan juga lebih efektif dari berbagai aspek dibandingkan dengan marketing konvensional, sehingga perusahaan atau bisnis kecil tidak perlu khawatir dengan pengeluaran yang besar dalam melakukan pemasaran.

  • Evaluasi Menjadi Lebih Mudah

Karena dapat dikontrol secara realtime, proses evaluasi menjadi lebih mudah karena hasil dari digital marketing dapat langsung diketahui mulai dari berapa banyak konten pemasaran tersebut dilihat hingga konversi penjualan dari setiap iklan.

Itulah penjelasan mengenai digital marketing, semoga penjelasan di atas dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi Anda dan dapat menjadi motivasi bagi Anda untuk beralih ke Digital Marketing sebagai metode pemasaran dan promosi.

Backup & Restore
Cloud Migration
Content Delivery
Database Migration
Website
Archiving
Cloud Operation

Automotive
Education
Energy
BFSI
Healthcare
Manufacturing
Media
Retail
Communcation
Travel

Enterprise
Public Sector
Government
Small & Medium Business
Startup