Zimbra vs Gsuite : Platform Kolaborasi Terbaik

Tanpa pemahaman mendalam soal software kolaborasi mana yang terbaik dapat membuat Anda pusing. Pasalnya, terdapat banyak solusi di luar sana yang menawarkan kelebihannya masing-masing. Namun, ada dua pemain utama dalam dunia software kolaborasi yakni Zimbra dan G Suite.

G Suite

Fitur

G Suite adalah tool yang kaya akan fitur dan mengandalkan cloud untuk menyimpan senjata andalan mereka. Setidaknya ada empat fitur utama yang ditawarkan G Suite:

  1. Menghubungkan

Email profesional memiliki integrasi yang bagus dengan Hangout, platform chat dan video conference. Anda tidak perlu khawatir soal mengatur jadwal kerja sehari-hari karena G Suite juga terhubung dengan Calendar, dan terkoneksi dengan social hub yang dikenal sebagai Currents.

  1. Membuat

G Suite dilengkapi oleh office tools konvensional seperti Google Docs, Sheet, Forms, Slides, dan Keep. Lalu juga ada Sites yang merupakan platform pembuat website, App Maker yang memungkinkan Anda membuat aplikasi. 

  1. Akses

Google Drive adalah platform penyimpanan cloud milik mereka yang digunakan untuk back-up seluruh tools, dan memiliki kapasitas penyimpanan mulai dari 30GB sampai tidak terhingga. Akses file juga menjadi mudah via Google Cloud Search yang bisa membuat Anda cepat dalam memilah file yang disimpan.

  1. Kontrol

G Suite memiliki tiga fungsi utama untuk mengelola akses dan pembagian data. Admin untuk pengguna, perangkat, dan manajemen keamanan. Vault untuk pencarian data, pengarsipan data dan mengekspornya. Lalu ada Mobile untuk keamanan perangkat mobile.

Keamanan

G Suite beroperasi menggunakan jaringan data center yang sangat luas, sehingga memungkinkan dalam mendeteksi dan menetralisir ancaman secepat mungkin. Ini menjadi salah satu senjata terkuat G Suite. Dengan enkripsi penuh baik untuk menyimpan dan transit data, lalu dipasangkan dengan teknologi machine learning, mudah untuk mekanisme G Suite bekerja melawan ancaman yang ada dan membangun benteng pertahanan. Anda tidak perlu khawatir dengan riwayat kepatuhan G Suite terhadap keamanan, sebab mereka selalu menerapkan best practice untuk keamanan dan lulus sertifikasi ISO dan standar GDPR.

Kelebihan dan Kekurangan

Jika Anda belum mengetahui sebelumnya, G Suite menawarkan uji coba selama 14 hari. Tipe fitur seperti ini membuat mereka menjadi pilihan teratas bagi perusahaan-perusahaan yang ingin operasionalnya bergantung pada cloud, sebab tidak dibutuhkan banyak instalasi lokal untuk software pekerjaan. G Suite juga terintegrasi dengan 380 tools produktivitas yang sudah lama digunakan dalam dunia bisnis.

Kelebihan

  • Pendekatan berbasis browser/online yang kuat untuk kolaborasi dan penyimpanan data.
  • Fitur keamanan yang kokoh untuk deteksi ancaman siber.
  • Bisa melakukan pembuatan situs web dan aplikasi dasar untuk versi G Suite yang berbayar.

Kekurangan

  • kurang kuat untuk fungsionalitas versi desktop.
  • Sedikit integrasi untuk software pekerjaan dibandingkan dengan Office 365.
  • Fitur keamanan lebih berfokus pada deteksi ancaman.

Zimbra

Fitur

Bicara soal kolaborasi dan open source messaging, Zimbra termasuk dalam jajaran teratas yang patut Anda pertimbangkan. Zimbra dikenal memiliki integrasi terhadap berbagai sistem operasi, perangkat, dan bahkan dengan kompetitor tanpa perlu mempertaruhkan data sensitif yang mereka miliki.

Zimbra terkenal karena kemampuan mereka menyederhanakan productivity suite secara umum dengan fitur-fitur sebagai berikut:

Zimbra Connect: Tidak perlu diragukan lagi, Zimbra berhasil membangun alat komunikasi paripurna tanpa “membunuh” esensi kolaborasi. Zimbra Connect adalah productivity suite ramping dan sederhana yang bisa menjalankan video conference, chat, dan file sharing. Fitur ini cocok bagi Anda yang tidak mau pusing soal penampilan UI dan ingin tugas cepat selesai.

Zimbra Drive: Ini juga dikenal sebagai Zimbra Briefcase karena mempermudah Anda untuk menyimpan, membagikan, dan mengelola data via akun pengguna Anda. Fungsi ini dapat diakses via penyimpanan cloud yang tersingkron secara otomatis dengan Zimbra Docs.

Zimbra adalah bukti dari platform yang “less is more”, dan mengedepankan keoptimalan produktivitas. Mereka tetap konsisten dengan productivity suite, yang sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang enggan memiliki kolaborasi fungsional ekstra dan ingin pekerjaannya cepat selesai.

Keamanan

Konsisten dengan konsep minimalis, Zimbra memilih fokus dengan hal-hal penting soal keamanannya, terutama pada perlindungan email yang kokoh. Zimbra menggunakan enkripsi data berlayer dan backup data email secara real-time yang bekerja dengan sistem operasi mana pun.

Fitur backup berbasis cloud bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, dan pada saat yang sama bisa menjaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diiginkan seperti bencana atau serangan siber.

Sebagai tambahan, mereka juga memiliki Zimmbra Postscreen yang bisia melakukan screening terhadap emmail spam. 

Kelebihan dan Kekurangan

Tak bisa dibantah, kekuatan Zimbra adalah kemampuan mereka untuk mempermudah Anda dalam meningkatkan produktivitas tanpa ribet. Dengan fitur komunikasi mereka yang dipasangkan dengan penyimpanan berbasis cloud, lalu tools yang user friendly, dan integrasi dengan delapan aplikasi lainnya, Zimbra adalah salah satu yang terbaik untuk perusahaan-perusahaan yang menginginkan software kolaborasi yang sederhana dan fungsionalitas tinggi.

Kelebihan

  • Memiliki semua productivity suite utama seperti email, office tools, dan backup).
  • Manajemen yang lebih mudah.
  • Dapat menjalankan tipe dokumen umum seperti docx, xls, pptx dan lainnya.
  • Harga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kekurangan :

  • Integrasi kurang lengkap dan terbatas.
  • Fitur terbatas jika Anda menggunakan Zimbra versi gratis

Kesimpulan

G Suite dan Zimbra adalah dua productivity suite yang sama-sama memiliki fitur kolaborasi yang sempurna, dan sama-sama memiliki harga yang kompetitif. Namun, pada akhirnya semua tergantung pada kebutuhan perusahaan Anda. namun, jika Anda sedang mencari software kolaborasi yang sangat fungsional dan anti ribet, Zimbra adalah pilihan tepat untuk segala bentuk perusahaan.

Bukan hanya itu, Server email Zimbra menyediakan dukungan penuh lintas platform dengan integrasi pada sistem operasi utama seperti Windows, Mac, dan Linux desktop. Jika ingin menggunakan Zimbra, hubungi kami segera untuk penawaran menarik.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.