Trik Yang Dapat Meningkatkan Reputasi Kredit Pinjaman Anda

Sebagai pemberi pinjaman, kreditur tentu akan dihadapkan pada banyak jenis kredit dan profil nasabah yang berbeda. Kreditur dapat melihat berbagai profil dari nasabah dari yang baik hingga yang buruk. Tentu disini kreditur mendapatkan profit yang besar dan potensi kreditur salah sasaran menolak nasabah berdasarkan risiko kreditnya terminimalisir. Tentu harapan dari kreditur adalah memiliki nasabah dengan risiko gagal bayar yang rendah dalam pengajuan kreditnya.

Semakin banyak mengetahui informasi kredit tentu akan membuat kreditur semakin siap dalam menghadapi situasi sulit dan tidak terduga. Berikut beberapa kiat cepat yang dapat membantu nasabah dalam melakukan pengajuan kredit, dan memperkuat pengetahuan kredit anda :

Nasabah dapat melunasi kartu kredit yang benar terlebih dahulu.

Saat melakukan pembayaran kartu kredit mulailah pada hutang dengan tingkat bunga terendah. Nasabah dapat membayar pada kartu dengan suku bunga yang paling rendah dan dengan sisa uang kemudian bayarlah dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Lakukan hal ini secara rutin setiap bulanya hingga hutang-hutang dapat terselesaikan satu persatu. Metode ini biasa disebut dengan Avalanche Method. Metode ini dianggap metode paling efektif dalam pelunasan kredit. 

Nasabah akan mendapatkan keuntungan dengan pengembalian produk

Nasabah dalam penggunaan kreditnya tentu tidak mesti sesuai dengan apa yang mereka rencanakan di awal. Nasabah dapat sewaktu-waktu membeli barang yang bahkan tidak mereka rencanakan sebelumnya. Pembelian barang tersebut terkadang bersifat temporer sehingga dalam waktu singkat sudah tidak dibutuhkan lagi, oleh karena itu nasabah akan mengembalikan produk yang mereka beli sehingga mengakibatkan rasio pemanfaatan kredit mereka akan menurun. Tentunya apabila nasabah tidak melakukan pengembalian dengan cepat maka rasio penggunaan kredit akan tetap tinggi dan sebaliknya tindakan pengembalian barang tersebut justru akan menurunkan skor kredit. 

Nasabah diharapkan melakukan pembayaran secara konsisten.

Kreditur akan memberikan laporan rutin akun nasabah pada setiap bulannya baik itu dari tagihan maupun penggunaan kartu kredit. Namun hal ini terkadang tidak dilakukan setiap waktu sehingga nasabah sudah seharusnya menjaga saldo tetap rendah. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah melakukan pembayaran tagihan secara konsisten setiap bulanya dan sebelum tanggal jatuh tempo. Sehingga dengan konsistensi ini skor kredit akan meningkat dan akan mendapatkan predikat baik.

Nasabah dapat meminta kenaikan batas kredit.

Jumlah dan rutinitas penggunaan kredit serta pengelolaan kredit dengan bertanggung jawab dapat membuat semakin besar dan berharga nilai kredit nasabah. Sehingga nasabah dapat meminta kenaikan kredit yang lebih tinggi dari jumlah kredit sebelumnya. Meskipun nasabah mendapat kenaikan kredit namun membayar tagihan tepat waktu dan menjaga saldo tetap rendah harus selalu menjadi prioritas, Strategi ini dapat memberi nasabah dorongan cepat dan jika kreditur menawarkan kenaikan batas kredit, jangan pernah menolaknya!

Nasabah dapat menulis surat dengan baik

Jika nasabah memiliki reputasi kredit yang relatif baik namun dalam suatu waktu terjadi pembayaran terlambat dan dapat merusak skor kredit. Nasabah dapat mencoba menulis surat niat baik kepada kreditur untuk menghapusnya. Berbeda dari perselisihan, surat niat baik mengakui bahwa nasabah telah melakukan kesalahan, dan meminta maaf. Meskipun mereka tidak diwajibkan untuk memenuhi permintaan nasabah, kreditur biasanya akan melakukannya, selama anda bertanggung jawab untuk membayar tagihan tepat waktu.

Pentingnya  Nasabah Menjaga Reputasi Kredit 

Reputasi kredit dari nasabah akan bergantung pada seberapa lancar dan besarnya pinjaman yang diambil oleh pemegang kredit. Apabila reputasi kredit dinilai negatif atau berada pada kategori tidak lancar tentu akan mengakibatkan kerugian seperti tidak bisa mendapatkan pinjaman kredit selanjutnya dan nama baik akan tercoreng. Karena itu, nasabah perlu disiplin dalam membayar cicilan dengan tepat waktu agar tetap dapat mengajukan kredit serta nama akan terjaga dengan baik.

Selain itu, biasanya kreditur  yang terdaftar dan diawasi OJK telah terintegrasi dengan FDC (Fintech Data Center). Integrasi FDC dengan data lembaga keuangan lainnya inilah yang akan mempengaruhi credit scoring nasabah ke depannya. Oleh karena itu, kalau kamu ingin menjaga nama baik kamu di dunia perbankan atau keuangan, jagalah reputasi kredit di lembaga keuangan dengan baik.

Penggunaan CBAS SLIK untuk menunjang kegiatan kreditur

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk meningkatkan skor kredit dari peminjam kredit, tentu menjadikan hal ini sebagai elemen penting dalam menjalankan sektor kredit. Kegiatan kegiatan tersebut dapat ditunjang dengan  Credit Bureau Automation System, dimana sistem otomatisasi tersebut akan mempermudah kegiatan dari kreditur baik dari penagihan hingga pembayaran jatuh tempo nasabah.

Kreditur dapat melihat data dan riwayat dari pemilik kredit sehingga disini kreditur dapat membuat sebuah keputusan yang tepat. Data dan riwayat akan diupdate secara real time membuat sistem ini sangat membantu biro kredit. Disisi lain kreditur tidak perlu untuk mengalokasikan banyak sumber daya untuk mengatur hal tersebut karena sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem. Sumber daya dapat dialokasikan lebih jauh untuk keperluan yang lebih mendesak.

Sistem CBAS akan sangat mengefektifkan kinerja dari kreditur dan tentunya akan mendapatkan profit yang lebih besar. Nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran dimana saja dan kapanpun sehingga akan memberikan kemudahan bagi nasabah. CBAS akan membuat kredit skor nasabah mudah untuk meningkat karena disini data yang disajikan lengkap sehingga ini menjadikan sebuah solusi bersama bagi kreditur maupun nasabah.

Penyedia Layanan CBAS SLIK terbaik

IndonesianCloud merupakan salah satu penyedia layanan CBAS SLIK OJK terbaik di Indonesia.  Layanan milik IndonesianCloud ini bernama Aurora SLIK OJK. Layanan CBAS yang dimiliki oleh IndonesianCloud sudah diverifikasi dan terintegrasi dengan OJK sehingga akan memberikan layanan yang aman dan nyaman bagi konsumen. IndonesianCloud akan memberikan layanan CBAS terbaik bagi kreditur dengan layanan yang tersedia selama 24 jam. Kreditur akan sangat mendapatkan benefit dengan menggunakan layanan Aurora SLIK yang ditawarkan oleh IndonesianCloud.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.