Stop menggunakan Gmail Gratis untuk Perusahaan Anda

Email sudah menjadi sebuah elemen penting bagi perusahaan. Dengan adanya email perusahaan dapat dengan mudah untuk berkomunikasi dengan customer bahkan antar pegawai di perusahaan. Dengan kemudahan tersebut setiap perusahaan sudah semestinya memiliki email perusahaan untuk mendorong kinerja perusahaan menjadi lebih optimal.

Meskipun menjadi hal yang penting, banyak perusahaan masih menggunakan email gratis sebagai email perusahaan. Kemudahan dan biaya yang murah untuk membuat email gratis mendorong perusahaan banyak menggunakan email tersebut. Sebenarnya email gratis sangat tidak direkomendasikan sebagai email perusahaan karena memiliki banyak kelemahan. 

Kelemahan Email Gratis Terhadap Perusahaan

Email gratis sendiri memiliki kelemahan yang tentunya akan mengganggu kegiatan bisnis perusahaan apabila terjadi gangguan. Berikut merupakan kelemahan dari email gratis:

Kepercayaan customer terhadap perusahaan dapat berkurang

Perusahaan melewatkan sebuah kesempatan untuk diingat oleh customer dan mendapatkan branding terhadap perusahan. Dengan adanya domain perusahaan pada email perusahaan tentu akan membuat nama perusahaan akan semakin dikenal dan tentunya secara tidak langsung perusahaan sudah melakukan iklan dengan email tersebut.

Perusahaan menjadi tidak memiliki identitas

Identitas dari perusahaan menjadi berkurang dan kepercayaan dari konsumen akan hilang.  Perusahaan pesaing dapat dengan mudah membuat email yang mirip dengan yang perusahaan miliki, dan mungkin perbedaanya hanya sebatas pada angka. Hal ini tentu akan merugikan perusahaan karena disini akan membuat customer kebingungan untuk memilih manakah email perusahaan yang benar.

Perusahaan akan rentan terhadap hacker

Perusahaan akan menjadi lebih rentan terhadap ancaman hacker. Apabila email perusahaan diretas tentunya tidak akan bisa mendapatkan bantuan untuk mengembalikanya seperti semula. Email perusahaan dapat digunakan oleh hacker untuk mengirim spam dan hal-hal lain yang merugikan. Perusahaan akan kehilangan reputasi,data-data, dan kontak yang sudah ada selama bertahun-tahun.

Sulitnya Dukungan Teknis Dari Penyedia Layanan

Penyedia email gratis tidak akan memberikan dukungan teknis kepada perusahaan. Ketika terjadi masalah terhadap email tentunya penyedia email tidak akan memberikan bantuan untuk membantu mengatasi masalah tersebut, sehingga akan sangat merepotkan bagi perusahaan untuk membuat email baru lagi. 

Email gratis dapat dihentikan sewaktu waktu oleh penyedia layanan

Penyedia layanan email gratis dapat sewaktu waktu berhenti memberikan layanan email gratis kepada perusahaan. Seperti pada kasus Vodafone di tahun 2017 yang berhenti memberikan layanan email gratis. Apabila hal ini terjadi pada perusahaan tentu akan membuat perusahaan berpindah email dan melakukan branding ulang terhadap alamat email yang baru kepada customer.

Perusahaan terlihat tidak professional

Dengan menggunakan email gratis akan membuat perusahaan terlihat tidak professional. Menurut pandangan dari customer, perusahaan yang tidak memiliki domain pada email mereka akan dianggap sebagai perusahaan yang hanya menjalankan bisnis untuk hobi atau sekedar coba-coba.

Email perusahaan berpotensi terdeteksi sebagai spam

Email gratis akan lebih besar kemungkinannya untuk terdeteksi sebagai email spam, karena filter spam saat ini akan mencari alamat email gratis. Kemudahan untuk membuat email gratis membuat kemudahan bagi pelaku spam untuk mengirim email secara massal tanpa biaya besar.

Zimbra Mail Sebagai Solusi Bagi Perusahaan

Zimbra merupakan sebuah software untuk email server dan kolaborasi yang memberikan fasilitas kepada perusahaan untuk menggunakan nama domain tersendiri, dan dapat terintegrasi dengan cloud serta kalender. 

Zimbra mail dapat menjadi sebuah solusi bagi perusahaan, karena dengan zimbra mail perusahaan dapat dengan mudah untuk melakukan pekerjaan dengan terkoneksi satu sama lain. Beberapa alasan mengapa harus menggunakan zimbra mail:

Email bisnis menjadi cerminan perusahaan

Dengan zimbra mail perusahaan dapat menggunakan domain sesuai dengan keinginan perusahaan. Hal ini akan membuat perusahaan dapat membangun brand perusahaan dan kepercayaan terhadap customer.

Perusahaan dapat membangun kepercayaan customer

Zimbra mail memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan antara website dengan email, sehingga akan membangun kepercayaan bagi customer terhadap perusahaan. Disisi lain dengan adanya alamat email profesional yang terkait langsung dengan nama website, sehingga memudahkan customer untuk dapat menemukan situs website perusahaan.

Melindungi perusahaan dari ancaman hacker

Hacker tidak terlalu tertarik untuk meretas email dengan domain perusahaan sehingga akan lebih aman terhadap ancaman hacker. Disisi lain penyedia layanan akan memberikan sebuah keamanan lebih terhadap email dari perusahaan terhadap ancaman-ancaman hacker. 

Mempermudah perusahaan untuk meningkatkan penjualan

Zimbra mail memungkinkan perusahaan untuk melakukan pengiriman email tanpa terdeteksi sebagai spam. Filter spam cenderung mendeteksi alamat email gratis sebagai spam. Dengan fitur ini tentu akan memperbesar peluang perusahaan untuk meningkatkan penjualan karena email tidak masuk ke spam box sehingga calon customer dapat dengan mudah membaca email dari perusahaan.

Perusahaan mudah untuk mengakses email

Email profesional dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan semua perangkat dan semua operating system. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mengakses email meskipun sedang tidak berada di lokasi perusahaan.

Perusahaan dapat membuat banyak nama email dengan berbagai domain sesuai keinginan

Apabila perusahaan menggunakan email gratis tentu hanya akan mendapatkan satu alamat  email saja. Dengan menggunakan zimbra mail perusahaan dapat membuat dapat membuat email tak terbatas dengan domain sesuai dengan keinginan dari perusahaan. Jadi ketika perusahaan ingin membuat email berbeda untuk setiap divisi hal itu dapat dilakukan apabila menggunakan zimbra mail.

Perusahaan lebih mudah mengontrol alur komunikasi

Dengan adanya zimbra mail perusahaan dapat mengawasi alur komunikasi yang dilakukan. Perusahaan dapat melakukan forward dari berbagai email ke email induk sebagai bentuk kontrol dan pengawasan.

Layanan Zimbra Mail Terbaik di Indonesia

Dengan banyaknya manfaat dari zimbra mail tentu membuat banyak perusahaan membutuhkan layanan tersebut. Zimbra mail sendiri memiliki banyak kemiripan dengan G-suite namun dengan biaya yang lebih murah. IndonesianCloud merupakan salah satu penyedia layanan zimbra mail terbaik untuk perusahaan. Layanan Zimbra Mail yang diberikan oleh IndonesianCloud sudah memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Sehingga IndonesianCloud merupakan partner terbaik bagi perusahaan yang membutuhkan layanan zimbra mail.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.