Mengenal WhatsApp Business API

Interaksi merupakan suatu hal yang penting terlebih pada pelaku bisnis. Perusahaan dan pelanggan pastinya akan saling berhubungan jika pelanggan memiliki kendala atau ingin mengajukan berbagai pertanyaan. Pelanggan akan lebih merasa nyaman dan aman saat menghubungi perusahaan melalui aplikasi pesan singkat terlebih lagi jika akunnya sudah terverifikasi, karena pelanggan akan berpikir bahwa akun tersebut benar-benar milik perusahaan. Pelanggan dan perusahaan juga akan hemat saat saling berhubungan melalui aplikasi pesan singkat, karena tidak memerlukan pulsa untuk menghubungi melalui panggilan telepon maupun Short Message Service (SMS).

Salah satu aplikasi pesan singkat yang populer adalah WhatsApp Messager. Aplikasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2009 ini cukup disukai karena penggunaannya yang cukup sederhana dan mudah di mengerti oleh semua kalangan. WhatsApp Messenger digunakan untuk melakukan pesan singkat, melakukan panggilan suara, mengirim foto/video dan lain-lain. Namun aplikasi WhatsApp tersebut merupakan jenis WhatsApp umum yang digunakan sehari-hari oleh pengguna. Jika Anda sebagai pemilik bisnis atau perusahaan, gunakanlah Whatsapp Business API yang lebih optimal dalam penggunannya sebagai sarana komunikasi antara perusahaan dan pelanggan.

Lalu, Apa sih WhatsApp Business API itu?

Whatsapp Business API merupakan aplikasi yang dirancang untuk bisnis pada skala menengah dan besar yang dapat menghubungkan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan di seluruh nusantara bahkan dunia. Dengan menggunakan Whatsapp business API, bisnis dapat terhubung dengan pelanggan secara sederhana, aman dan reliabel.

WhatsApp Business API memang diperuntukan bagi pemilik bisnis atau perusahaan agar komunikasi antara perusahaan dan pelanggan ataupun calon pelanggan berjalan dengan baik. API (Application Programming Interface) berisikan serangkaian kode yang akan terkoneksi langsung dengan software yang terdapat di perusahaan. Lalu software tersebut juga akan dikoneksikan dengan akun WhatsApp.

Beberapa fitur canggih juga hanya terdapat pada aplikasi WhatsApp Business API, dan tidak akan Anda temukan pada aplikasi WhatsApp pada umumnya. Seperti yang kita ketahui, jika kita menghubungi beberapa akun perusahaan/institusi yang sudah terverifikasi melalui aplikasi WhatsApp tentunya beberapa detik kemudian akan dibalas otomatis. Hal tersebut yang dinamakan chatbot, salah satu fitur canggih yang hanya terdapat pada WhatsApp business API. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengatur balasan untuk pertanyaan bersifat umum yang biasanya ditanyakan oleh pelanggan melalui WhatsApp Business API. Meskipun menggunakan chatbot, tetapi operator tetap dapat mengambil alih jawaban yang sifatnya lebih spesifik untuk dijawab langsung oleh operator tersebut.

Fitur selanjutnya adalah unlimited CS user, yaitu dalam satu nomor WhatsApp dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna secara bersamaan. Hal itu berarti semua operator di perusahaan dapat mengakses satu nomor akun WhatsApp Business API secara bersamaan agar perusahaan dapat lebih cepat dan tanggap dalam menanggapi pertanyaan atau keluhan dari pelanggan walaupun banyaknya pesan masuk di waktu yang bersamaan. Hal ini sangat penting bagi perusahaan karena dapat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Karena jika pelanggan harus menunggu dengan waktu yang lama hanya untuk menunggu balasan dari operator perusahaan tentunya pelanggan akan merasakan kesal dengan pelayanan perusahaan tersebut. Dan tentunya masih banyak lagi fitur yang akan Anda dapatkan jika menggunakan WhatsApp Business API.

Dengan menggunakan WhatsApp Business API ini perusahaan juga dapat menghemat biaya pengeluaran untuk menggaji karyawan operator yang ditugaskan untuk membalas pesan atau mengangkat telepon jika ada pertanyaan ataupun keluhan dari pelanggan. Karena sebagian tugas tersebut sudah dikerjakan langsung oleh fitur chatbot yang sudah diatur sedemikian rupa untuk balasan otomatis apa yang akan digunakan oleh perusahaan. Dengan kata lain hal itu akan meminimalisir biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Apa Saja Manfaatnya untuk Perkembangan Bisnis?

  1. User (pengguna) dapat berkomunikasi dengan customer secara mudah, sehingga kegiatan berbisnis dapat berjalan dengan optimal.
  2. Pekerjaan dalam mengelola customer menjadi lebih efektif dan efisien karena adanya fitur pendukung yang dapat membantu pekerjaan.
  3.  Kegiatan Promosi dan Marketing dapat berjalan dengan baik dan mudah karena menggunakan WhatsApp Business API ini. Selain karena dapat menghemat biaya operasional, pelayanan terhadap customer juga dapat ditingkatkan menjadi lebih cepat, mudah dan sesuai target karena semua database customer tersimpan dengan rapi dalam WhatsApp Business API.

Oleh karena itu, Indonesian Cloud menyediakan produk WhatsApp Business API yang dapat membantu perusahaan Anda berkomunikasi dengan customer secara Efektif dan Efisien. Bagi para entrepreneur yang tertarik atau memiliki pertanyaan terkait produk WhatsApp Business API, dapat mengunjungi laman website kami di https://indonesiancloud.com/.

Mengenal Apa Sih Hardware Security Module Itu dan Contoh Penggunaannya

Tahukah Anda apa itu Hardware Security Module (HSM) Sederhananya Hardware Security Module (HSM) adalah salah satu perangkat komputasi yang menghasilkan, mengakses, dan melindungi materi kunci...

Mari Berkenalan Dengan Microsoft Office 365 dan Ketahui Kelebihannya

Microsoft office 365 merupakan paket layanan produk terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Sebagai inovasi terbaru, aplikasi Microsoft Office 365 tentu memiliki lebih banyak fitur...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.