Internet of things

Mengenal Internet of Things (IoT)

Internet of Things – Saat ini baik di Indonesia maupun di dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat pada bidang teknologi. Di era transformasi digital saat ini IoT sangat diperlukan di sektor bisnis, karena IoT dapat membuat bisnis berevolusi dengan sukses, menciptakan inovasi dan layanan canggih dengan teknologi pintar dan terintegrasi. IoT Merupakan singkatan dari Internet of Things. Internet of Things (IoT) ini terus dikembangkan untuk memudahkan kehidupan manusia di masa sekarang dan depan.

Pada kesempatan kali ini kami mengajak Anda untuk mengenal IoT. Mari mengenal lebih jauh mengenai Internet of Things (IoT) yang perlu Anda ketahui.

Internet of things

Apa Itu Internet of Things?

Internet of Things atau yang biasa disingkat IoT memiliki arti bahwa internet adalah segalanya. Hal tersebut memberi makna pada konsep saat suatu benda ditanamkan teknologi seperti sensor dan perangkat lunak dengan tujuan untuk berkomunikasi, menghubungkan, saling bertukar data menggunakan perangkat lain saat terhubung ke internet. Dengan ditanamkannya sensor dan perangkat lunak, akan meningkatkan kecerdasan digital dan memungkinkan mereka untuk melakukan komunikasi data tanpa membutuhkan bantuan manusia. Dalam hal ini, manusia hanya memiliki peranan untuk memonitor dan kontrol.

IoT berhubungan erat dengan Machine-to-Machine (M2M). Seluruh alat yang memiliki kemampuan komunikasi M2M yang kita ketahui dengan sebutan perangkat cerdas atau smart devices, seperti contohnya smartphone, mesin pembuat kopi, speaker, lampu, robot pembersih lantai, tv dan masih banyak lagi . Perangkat cerdas ini diharapkan dapat membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan berbagai tugas yang ada.

Apa Saja Komponen Pada Internet of Things?

Dengan mengembangkan IoT, tentunya akan membuat kehidupan di masa sekarang hingga masa depan menjadi lebih baik lagi. Secara teknisnya, IoT memiliki beberapa komponen yang menjadi bagian penting untuk memudahkan aktivitas untuk menghasilkan output yang diinginkannya. Berikut komponen yang menjadi bagian penting dari IoT :

  1. Sensor

Sensor menjadi salah satu komponen penting pada IoT. Dengan adanya komponen sensor, mesin mampu menentukan instrumen yang dapat mengubah mesin IoT dari yang semula bersifat pasif menjadi mesin atau alat yang bersifat aktif dan terintegrasi, karena sensor mampu mengubah perangkat IoT pada segi jaringan yang awalnya sistem pasif berubah menjadi aktif dan terintegrasi dengan lingkungan sekitar.

  1. Artificial Intelligence

Komponen selanjutnya yaitu Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang merupakan sistem kecerdasan yang dirancang oleh manusia dan diimplementasikan atau diprogram di dalam mesin agar mesin dapat dapat berpikir dan berlaku layaknya manusia. AI memiliki tugas untuk mengumpulkan data, perancangan dan pengembangan algoritma, serta pemasangan jaringan.

  1. Konektivitas

Komponen berikutnya adalah konektivitas. Konektivitas menjadi komponen pendukung sistem IoT untuk melancarkan bisa berkomunikasi secara lancar. Konektivitas yang diperlukan harus berjalan stabil.

  1. User Interface

Lalu komponen pendukung yang terakhir adalah User Interface atau UI. UI menjadi Langkah terakhir dalam proses Internet of Things dengan cara memperkenalkan kepada pengguna utama. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai tindakan, seperti peringatan, pengingat, pemberitahuan atau email.

Internet of things

Penerapan Internet of Things (IoT)

Tentunya Internet of Things ini dirancang untuk memberikan kemudahan dengan mengimplementasikan di berbagai industri. Berikut contoh penerapan IoT diberbagai bidang :

  1. Bidang Energi

Hal yang mudah kita jumpai dengan kehadiran IoT dapat mengurangi kendala yang muncul seperti pemborosan sumber daya. IoT dapat menciptakan sensor cahaya yang dapat mengurangi penggunaan listrik yang berlebih, contoh lain yaitu IoT dapat melakukan penjadwalan pada perangkat pintar seperti AC, mesin cuci dan sebagainya.

  1. Bidang Kesehatan

Pada bidang Kesehatan, penerapan IoT menjadi salah satu hal yang sangat ideal. Dengan adanya penerapan IoT pada bidang Kesehatan, saat ini sudah tercipta inovasi-inovasi baru pada bidang Kesehatan seperti MRI, alat monitoring tanda vital, hingga bedah.

  1. Bidang Transportasi

Internet of Things (IoT) memiliki peranan penting dalam pengelolaan lalu lintas kendaraan di kota besar dan memiliki kontribusi pada konsep smart city. Saat menggunakan maps digital seperti Waze atau Google Maps. Sensor pada ponsel akan mengumpulkan dan membagikan data ke cloud untuk dilakukan proses, lalu pada saat yang sama memantau lalu lintas, menunjukkan kondisi rute alternatif beserta jarak serta perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan.

  1. Bidang Lingkungan Umum

Penerapan Internet of Things pada bidang lingkungan umum yaitu penanaman sensor pada meteran air ysng terhubung dengan internet yang dilengkapi dengan perangkat lunak yang diperlukan. Hal tersebut mampu membantu perusahaan penyedia untuk memonitor dan memahami perilaku konsumen, mendeteksi kesalahan dalam layanan pasokan, hingga membuat laporan.

Berikut penjelasan di atas mengenai Internet of Things atau IoT. IoT dirancang untuk memudahkan tugas atau pekerjaan pada bidang apapun. Dengan mengembangkan dan menerapkan IoT diharapkan akan memberikan kemudahan di masa depan.

Jika Anda membutuhkan layanan solusi untuk digitalisasi kebutuhan bisnis Anda, kunjungi laman website kami di Indonesiancloud.com. atau jika Anda tertarik dengan layanan dan produk kami silahkan menghubungi sales kami karena kami menyediakan berbagai layanan yang dapat membantu bisnis Anda untuk melakukan transformasi digital. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.