Mengenal Apa Itu Zimbra Mail dan mengapa harus memilih Zimbra Mail Collaboration

Email merupakan salah satu sarana untuk mengirim sebuah pesan atau surat dalam bentuk melalui jalur jaringan komputer. Dahulu untuk mengirim sebuah pesan atau surat, pengirim perlu membayar biaya per pengiriman tetapi dengan adanya surat elektronik (email) ini pengirim hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membayar sambungan internet saja. Tahun 1971 menjadi awal sejarah munculnya email. Raymond Samuel Tomlinson (Ray Tomlinson) adalah seorang ilmuwan yang pertama kali menciptakan surat elektronik (electronic mail/e-mail).

Namun seiring berjalannya waktu, kini email sudah memiliki banyak fitur, fungsi, dan kegunaan. Inovasi tersebut bernama Zimbra Mail Collaboration. Sebuah platform dan kolaborasi yang mencakup kontak, kalender, tugas, pesan singkat, berbagi dokumen, ditambah add-ons seperti konfersi video, pembuatan dokumen, dan penyimpanan file. Zimbra Mail Collaboration adalah produk dari Synacor yang dapat membagikan surat, dokumen, kalender, dan lain-lain kepada pengguna internal maupun eksternal secara aman.

Zimbra Mail Collaboration memberikan kebebasan serta kemudahan para penggunanya untuk bekerja secara virtual dari mana saja dengan menggunakan perangkat tablet, ponsel, ataupun laptop. Server Zimbra Mail Collaboration juga menyediakan dukungan penuh lintas platform dengan integrasi pada sistem operasi utama seperti Windows, Mac, dan Linux desktop.

Lalu, mengapa harus Zimbra Mail Collaboration?

  1. Flexible Deployment Options

Deploy di lokal dari data center milik sendiri, di public atau private cloud, atau menghubungkan dengan Zimbra Hosting Partner.

  • Hierarchical Storage Management (HSM)

Anda dapat mengelola beberapa volume dan kebijakan HSM melalui konsol administrasi Zimbra Anda.

  • Mobile Sync

Pengguna sekarang bisa menyinkronkan item Zimbra dengan semua data Zimbra mereka lainnya. Menggunakan protokol Exchange ActiveSync.

  • Realtime Backup & Restore

Anda dapat melakukan backup setiap dokumen dan event di server Anda dengan presisi sepersekian detik. Dengan begitu kemanan data anda pun dapat terjamin

  • Solusi Email & Kolaborasi dengan Sistem High Availability

Zimbra Mail Collaboration menawarkan fitur email, kalender, dan kolaborasi yang canggih tetapi tidak terlalu rumit untuk diterapkan atau dikelola.

  • Superior End-User Experience

Zimbra Mail Collaboration memberikan pengalaman pengguna yang fleksibel di semua platform utama (Windows, Mac, Linux) melalui semua web browser.

Selain kelebihan-kelebihan yang sudah kita sebutkan diatas, terdapat beberapa perbedaan antara Email Biasa (gratis) dan Email Bisnis (berbayar) yang dapat Anda rasakan. Berikut penjelasannya:

  1. Keamanan Email

Tentunya karena gratis, email pribadi biasanya lebih rawan terkena hack, scamming, dan lain-lain. Namun, bila dibandingkan dengan email berbayar, tentu jenis email ini menyediakan keamanan yang lebih kuat. Bahkan ketika terjadi peretasan atau spam, customer service penyedia email berbayar ini siap membantu Anda untuk mengatasinya. Pastinya Anda membutuhkan keamanan paling kuat untuk menjaga email terutama menyangkut data-data perusahaan yang sangat penting.

  • Kapasitas Penyimpanan Email

Tidak banyak orang yang menyadari dan memahami bahwa penyedia email gratis hanya menyediakan 10-20 GB untuk penyimpanan baik berupa email, file, gambar, musik ataupun video. Untuk skala pribadi memang penyimpanan tersebut sudah tergolong sudah cukup besar, namun untuk sebuah bisnis dan perusahaan 20 GB mungkin hanya bisa menyimpan email kurang lebih selama 2 tahun saja. Disinilah kelebihan email berbayar yang memberikan ruang penyimpanan hingga lebih dari 100 GB untuk satu email. Mengingat disaat bisnis Anda sudah mulai berkembang, akan semakin banyak email yang Anda terima baik dari keluhan customer maupun dari klien.

  • Pengaturan Kotak Masuk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin berkembang bisnis maka semakin banyak pula email yang akan masuk maupun email yang harus dikirim. Ratusan bahkan ribuan email akan masuk ke akun email bisnis Anda. Jika Anda masih menggunakan email gratisan, seluruh email yang masuk akan tercampur dalam satu menu. Tetapi, bila Anda menggunakan email berbayar terdapat fitur pengaturan kotak masuk yang dapat memisahkan mana email dari customer dan mana dari klien yang harus direspon lebih cepat.

  • Profesionalitas

Untuk perbedaan yang satu ini mungkin tidak bisa dinilai secara langsung. Tetapi Anda bisa mengetahui dan merasakan bagaimana profesionalitas sebuah bisnis dari cara mereka mengirim sebuah email. Bila ada orang yang menawarkan usaha, promo, atau kerjasama dengan email gratisan, mungkin Anda akan meragukannya dan harus mengecek kebenaran email tersebut. Namun, bila pengirimnya menggunakan email profesional dan berbayar tentu Anda bisa melihat keseriusan dan keautentikan bisnis dari pengirim email tersebut.

Oleh karena itu, jika dilihat dari kelebihan serta perbedaan diatas Anda bisa menilai sendiri seberapa banyak manfaat yang dapat Anda rasakan untuk perkembangan bisnis Anda. Dengan penggunaan Zimbra Mail Collaboration ini bisnis yang sedang berkembang bisa dapat berjalan dengan baik.

Jika Anda tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih seputar layanan Zimbra Mail Collaboration Indonesian Cloud, dapat kunjungi laman website kami di https://indonesiancloud.com/.

Mengenal Apa Sih Hardware Security Module Itu dan Contoh Penggunaannya

Tahukah Anda apa itu Hardware Security Module (HSM) Sederhananya Hardware Security Module (HSM) adalah salah satu perangkat komputasi yang menghasilkan, mengakses, dan melindungi materi kunci...

Mari Berkenalan Dengan Microsoft Office 365 dan Ketahui Kelebihannya

Microsoft office 365 merupakan paket layanan produk terbaru yang dikeluarkan oleh Microsoft. Sebagai inovasi terbaru, aplikasi Microsoft Office 365 tentu memiliki lebih banyak fitur...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.