Lindungi Bisnis Anda: Cloud Backup Vs. Cloud Sync

Penyimpanan secara online di zaman sekarang sudah sering digunakan di berbagai perusahaan, karena dengan penyimpanan ini perusahaan dapat dengan mudah mengakses data data mereka kapanpun dan dimanapun. Dengan banyaknya perkembangan perusahaan yang menggunakan layanan penyimpanan tersebut membuat banyak provider menawarkan layanan yang hampir mirip satu sama lain.Masih banyak perusahaan yang belum paham terkait apa itu layanan cloud sync dan cloud backup, sehingga terkadang perusahaan hanya berpikir bahwa apabila sudah menggunakan cloud sync maka data perusahaan akan aman.

Apa itu Cloud Sync dan kegunaanya bagi perusahaan

Cloud Sync adalah layanan yang menyinkronkan) file atau folder di komputer perusahaan ke perangkat lain yang menjalankan aplikasi yang sama serta memastikan bahwa informasi yang sama dan paling up to date pada setiap perangkat.

Layanan sinkronisasi memungkinkan banyak pengguna di beberapa perangkat untuk mengakses file yang sama, membuatnya sangat berguna untuk kolaborasi dan berbagi informasi dengan orang lain. Namun karena layanan ini dirancang untuk sinkronisasi, jika salah satu orang di perusahaan menghapus file bersama, perubahan itu akan terlihat di semua perangkat, dan semua orang di perusahaan dapat kehilangan akses ke file itu selamanya. Layanan sinkronisasi sebenarnya memiliki cara untuk memulihkan versi file yang sudah dihapus meskipun hal ini sangat terbatas. Dengan keterbatasan yang dimiliki layanan sinkronisasi menjadikan layanan ini sangatlah rentan terhadap kehilangan data yang besar.

Apa itu Cloud Backup Dan kegunaanya bagi perusahaan

Cloud Backup merupakan layanan yang mengambil semua data di komputer perusahaan dan menyimpannya di sebuah server dengan aman. Cloud backup digunakan untuk  memulihkan data perusahaan jika komputer hilang, dicuri, atau disusupi dengan mudah dan efisien. Layanan cloud backup menawarkan berbagai opsi untuk pemulihan data yang memungkinkan perusahaan dapat  mengakses file dengan cepat melalui aplikasi web atau mengirimkan datanya secara langsung melalui hard drive.  Layanan ini akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan karena disini perusahaan dapat menghemat biaya dan keamanan data juga akan lebih terjamin.

Perbedaan Cloud Sync dan Cloud backup

Baik cloud sync maupun cloud backup memiliki layanan yang unik dan membantu, tetapi mempelajari perbedaannya akan membantu perusahaan lebih efektif menerapkannya untuk kasus penggunaan spesifik perusahaan.

  1. Fungsi yang diberikan kepada perusahaan

Cloud sync sendiri  lebih menyinkronkan data serta informasi yang sama dan terbaru digabungkan di setiap perangkat. Perusahaan dapat dengan mudah melihat secara up to date pekerjaan yang dilakukan secara kolaborasi

Sedangkan cloud backup berfungsi untuk menyimpan semua data di komputer kemudian disimpan di luar perusahaan dan di cloud. Fungsi ini membuat perusahaan akan lebih aman terhadap ancaman kehilangan data.

  1. Kegunaanya bagi perusahaan

Cloud sync dapat membuat seluruh anggota perusahaan dapat mengakses file yang sama dan up to date di perangkat yang berbeda. Hal ini ditujukan untuk mempermudah akses dan mendukung kolaborasi antar anggota. Cloud backup memungkinkan perusahaan untuk melindungi data dan memulihkannya ke perusahaan apabila terjadi kehilangan data. Dengan pemulihan ini membuat perusahaan dapat fokus kepada lini bisnisnya tanpa takut kehilangan data perusahaan. 

  1. keuntungan bagi perusahaan

Perusahaan dapat berbagi dan berkolaborasi pada file kerja dengan lancar di antara tim dengan menggunakan cloud sync. Dengan menggunakan cloud backup perusahaan dapat melindungi semua data di komputer perusahaan secara otomatis. Cloud backup juga membuat perusahaan merasa lebih aman dan bisa berfokus pada lini bisnis mereka. Disisi lain biaya perusahaan akan lebih murah dibandingkan dengan kerugian ketika data perusahaan hilang dan tidak dapat dipulihkan.

  1. kelemahan bagi perusahaan

Cloud sync tidak bisa untuk memulihkan data yang sebelumnya tidak disinkronkan oleh perusahaan, sehingga hal ini akan sangat berisiko ketika terjadi bencana atau kehilangan data secara masif. Tidak direkomendasikan untuk berbagi file dan bekerja secara kolaborasi karena beberapa layanan nya memiliki batasan data dan bandwidth

  1. Penggunaan secara otomatis atau manual bagi perusahaan

layanan sinkronisasi memungkinkan perusahaan dapat memilih apakah mereka ingin menyimpan dan mensinkronkan file mereka dengan cloud sehingga dapat digunakan untuk berkolaborasi antar anggota perusahaan. Cloud backup akan secara otomatis dan teratur melakukan pencadangan terhadap data perusahaan, bahkan folder sinkronisasi yang perusahaan tentukan.

  1. Versi data perusahaan yang dipulihkan 

Cloud sync mungkin mempertahankan versi file yang lebih lama atau dihapus, tetapi opsi ini bervariasi dari layanan ke layanan. Terkadang cloud sync tidak dapat memulihkan data yang besar dan ke versi yang lebih lama

Cloud Backup memungkinkan adanya fitur seperti riwayat versi yang diperpanjang yang membantu memulihkan file yang lebih lama sehingga perusahaan tidak perlu khawatir ketika sewaktu waktu data di perusahaan hilang

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya bagi perusahaan

Setelah perusahaan memiliki rencana pencadangan dan memiliki gagasan tentang cara memanfaatkan sinkronisasi, pencadangan, dan penyimpanan dengan benar,hal berikutnya yang harus dilakukan adalah check-in secara rutin dan menguji pencadangan yang dimiliki perusahaan.

Perusahaan harus menguji terlebih dahulu data yang paling penting dengan tujuan untuk memastikan file yang penting bagi perusahaan dapat dipulihkan dengan utuh sehingga perusahaan tidak perlu repot dalam mencari data tersebut jika terjadi masalah terhadap data

Perusahaan sebaiknya jangan menunggu hingga terjadi kehilangan data untuk menguji proses proses pemulihan dan pemulihan. Keadaan darurat kehilangan data akan membuat perusahaan tidak dapat menjalankan bisnisnya secara optimal. Tetapkan jadwal untuk menguji proses backup dan pemulihan perusahaan secara teratur. IndonesianCloud dapat memberikan layanan cloud backup untuk perusahaan dengan jaminan data data terjaga dengan baik. IndonesianCloud juga memberikan layanan bantuan selama 24 jam apabila terjadi masalah terhadap perusahaan. Dengan layanan dari IndonesianCloud membuat perusahaan akan menjadi lebih aman dan dapat fokus kepada operasional bisnis. 

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.