Kriteria Memilih Cloud Service Provider

Pada era modern ini banyak perusahaan sudah menggunakan layanan cloud untuk meningkatkan support terhadap kegiatan operasional bisnis perusahaan. Dengan berkembangnya pengguna cloud tentu akan mendorong Cloud Service Provider semakin banyak. Namun sebagai perusahaan biasanya belum mempunyai sebuah penilaian terhadap Cloud Service Provider yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Memilih Cloud Service Provider juga akan semakin kompleks dikarenakan perusahaan mulai banyak yang mengadopsi pendekatan multi-cloud dengan berbagai alasan.

Menjadi penting bagi perusahaan untuk mengetahui seperti apa cloud service provider yang baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Perusahaan menilai cloud service provider dari banyak aspek. Lantas bagaimana kriteria cloud service provider yang baik?

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Cloud Service Provider

Ketika perusahaan akan memilih sebuah cloud service provider sebagai partner mereka, tentu perusahaan akan mengevaluasi opsi-opsi yang ditawarkan dan bagaimana cloud service provider mendukung karakteristik serta tujuan perusahaan. Elemen utama yang perlu dipertimbangkan oleh setiap perusahaan adalah sebagai berikut:

Keamanan Data Perusahaan

Perusahaan tentu ingin mengetahui dengan tepat tujuan keamanan mereka, layanan keamanan yang ditawarkan oleh Cloud Service Provider, dan tentunya mekanisme dalam melindungi data data dari perusahaan. Selain itu pastikan perusahaan mengetahui kewajiban masing masing pihak. 

Keamanan menjadi hal utama di dalam cloud service. Jadi sangat penting untuk perusahaan mengajukan pertanyaan yang detail terkait dengan keamanan yang akan diberikan dari cloud service provider.

Kepatuhan Terhadap Hukum Yang Berlaku

Layanan cloud tentunya terikat dengan sebuah aturan dan hukum yang berlaku. penting untuk perusahaan melihat apakah Cloud Service Provider tersebut mematuhi hukum dan aturan yang ada. Patuhnya provider terhadap hukum yang berlaku membuat perusahaan dapat menjalankan bisnisnya tanpa takut terkena sengketa hukum.

Infrastruktur dan Arsitektur Yang Diberikan Kepada Perusahaan

Perusahaan saat memilih cloud service provider tentu memikirkan tentang infrastruktur dan arsitektur yang akan dimasukan ke dalam operasional bisnis baik untuk sekarang maupun di masa depan. Selain itu perusahaan juga harus memperhatikan arsitektur dari penyimpanan yang ditawarkan, bisa dibilang setiap cloud service provider memiliki ciri khas masing masing dan dapat memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda. Apabila hal ini dianggap penting, tentunya akan  menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk memilih Cloud service provider yang cocok dengan perusahaan.

Kemudahan Perusahaan dalam Pengelolaan Cloud

Cloud Service Provider akan memberikan layanan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Setiap layanan yang ditawarkan tentu memiliki perbedaan dan dapat diintegrasikan dengan berbagai layanan lainya. Jika perusahaan memiliki sebuah layanan yang sangat penting, pastikan cloud service provider menawarkan sebuah cara yang mudah untuk berinteraksi satu sama lain. Selain itu perusahaan juga dapat menentukan sendiri seberapa jauh perusahaan menyediakan waktu dan sumber daya untuk mengelola infrastruktur cloud.

Tingkat layanan yang ditawarkan cloud service provider

Tingkat layanan menjadi sebuah elemen penting ketika perusahaan memiliki kriteria dan persyaratan yang ketat dalam hal ketersediaan, waktu respon, kapasitas, dan dukungan. Perjanjian terkait layanan yang diberikan menjadi sebuah hal penting untuk diperhatikan dan tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk membangun hubungan kontrak yang jelas antara perusahaan dan provider. Disisi lain persyaratan hukum juga menjadi perhatian khusus karena hal ini akan menyangkut keamanan data dari perusahaan. Dengan perjanjian kontrak yang memuat hukum akan membuat perusahaan dapat mempercayai cloud service provider dan memberikan rasa aman bagi perusahaan.

Support Terhadap Perusahaan

Perusahaan perlu mempertimbangkan ketika terjadi sebuah masalah terhadap server, seberapa cepat provider dapat menangani dengan cepat dan tanggap. Dalam beberapa kasus layanan yang diberikan hanya melalui layanan panggilan, tentunya ini akan menghambat perbaikan terhadap server. pihak perusahaan sebaiknya memastikan tingkat dukungan dan biaya tambahan apa saja yang akan diberikan oleh provider. 

Biaya yang diberikan oleh Cloud Service Provider

Biaya menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh perusahaan karena dalam hal ini biaya juga menentukan cloud service provider yang akan dipilih. Perusahaan perlu memperhatikan layanan yang diberikan apakah sudah sesuai dengan biaya yang ditawarkan kepada perusahaan. 

Fleksibilitas terhadap perusahaan

Cloud Service Provider sudah semestinya memberikan layanan yang fleksibel. Dengan fleksibilitas yang diberikan oleh Cloud Service Provider, perusahaan akan dapat menangkap setiap kesempatan yang datang. Perusahaan dapat meminta Cloud Service Provider untuk memperbesar atau memperkecil sistem yang digunakan perusahaan sesuai dengan demand yang ada.

Transparansi kepada perusahaan

Cloud Service Provider seharusnya memberikan sebuah transparansi baik dari sisi biaya maupun keamanan data dari perusahaan. Dengan transparansi dari provider tentu akan meningkatkan kepercayaan dari perusahaan terhadap provider.

Cara Memilih Cloud Service Provider yang Tepat bagi perusahaan

Untuk mendapatkan layanan cloud yang tepat, tidak perlu terburu buru untuk memilih. Pertimbangkan segala aspek agar provider dan layanan yang diberikan dapat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Perusahaan perlu memperhatikan aspek aspek penting sebelum memilih provider bagi perusahaan.

Dengan teknologi cloud yang mumpuni serta provider yang baik tentu menjadi solusi bagi perusahaan untuk menggantikan media penyimpanan secara offline. Dengan adanya cloud ini perusahaan dapat meminimalisir biaya,tenaga, dan waktu. Maka dari itu penting memilih provider yang dipercaya karena akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi perusahaan.Indonesian Cloud merupakan salah satu penyedia layanan cloud dengan tingkat keamanan yang terjamin. Indonesian Cloud memiliki sertifikasi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) yang sangat penting dalam sektor keuangan dan perbankan serta bersertifikat ISO 9001 dan 27001. Indonesian Cloud menyediakan layanan cloud hosting untuk kebutuhan perusahaan dengan didukung layanan service setiap harinya. Lebih lengkapnya bisa kunjungi website www.indonesiancloud.com dan dapatkan penjelasan serta informasi lebih lengkap terkait layanan dari indonesian cloud.

Mengenal WhatsApp Business API

Interaksi merupakan suatu hal yang penting terlebih pada pelaku bisnis. Perusahaan dan pelanggan pastinya akan saling berhubungan jika pelanggan memiliki kendala atau ingin mengajukan...

WASPADA! LINDUNGI DATA ANDA DARI ANCAMAN HACKER

Pada tahun 2020 di Indonesia telah terjadi beberapa kasus kebocoran data, bahkan hanya dalam kurun waktu 7 bulan saja. Perusahaan yang menjadi target incaran...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.