Kenali Jenis Layanan dan Informasi Menarik Lainnya Seputar Cloud Computing

Dengan adanya komputasi awan (cloud computing) saat ini, developer maupun bagian lain dari tim IT perusahaan tidak perlu memikirkan maintenance, merencanakan kapasitas, dan procurement. Seiring perkembangan teknologi, cloud computing semakin popular dan saat ini terdapat berbagai jenis layanan cloud computing.

Secara umum terdapat beberapa jenis layanan cloud computing yang dapat digunakan oleh perusahaan Anda sebagai penyedia layanan cloud computing untuk membuat pekerjaan semakin seamless. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang jenis layanan cloud computing IAAS, PAAS, dan SAAS.

Tipe cloud computing berdasarkan layanannya

Cloud computing bukanlah satu bagian dari teknologi seperti microchip atau telepon genggam. Sebaliknya, ini merupakan sebuah sistem yang utamanya terdiri dari tiga jenis layanan: infrastructure-as-a-service (IaaS), platform-as-a-service (PaaS), dan software-as-a-service (SaaS).

  1. Infrastructure-as-a-service (IaaS) melibatkan metode untuk mengirimkan suatu file dari sistem operasi ke server dan penyimpanan, melalui konektivitas berbasis IP sebagai bagian dari layanan on-demand. Klien jadi tidak perlu membeli perangkat lunak atau server. Contoh populer dari tipe ini adalah Public Cloud dari Indonesian Cloud.
  2. Platform-as-a-service (PaaS) disebut-sebut sebagai yang paling kompleks. PaaS hampir mirip dengan SaaS, tapi perbedaan paling besarnya adalah, alih-alih mengirim suatu perangkat lunak via online, PaaS sebenarnya adalah platform untuk membuat perangkat lunak yang dikirimkan melalui internet. Contoh dari PaaS seperti End Point Protection.
  3. Software-as-a-service (SaaS) melibatkan suatu lisensi aplikasi perangkat lunak kepada penggunanya. Lisensi ini biasanya diberikan melalui metode pay-as-you-go atau on-demand. Tipe seperti ini bisa ditemukan di Microsoft Office’s 365.

Pilihan Solusi dari Indonesian Cloud

Indonesian Cloud sendiri memiliki berbagai pilihan solusi yang telah dirancang sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing. Dan berikut solusi yang kami tawarkan untuk Anda.

  1. Cloud Infrastructure
  2. CDN Cloudflare
  3. CDN Swiftserve
  4. Cloud Backup
  5. Cloud Disaster Recovery
  6. Indonesian Cloud Public Cloud
  7. Multi Cloud Provider
  8. Private Cloud

Singkatnya Cloud Infrastructure ini merupakan jenis layanan yang berguna untuk membangun infrastructure teknologi informasi perusahaan Anda. Tentunya dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jika harus melakukan pengembangan sendiri.

  1. Cloud Security
  2. Dark Web Monitoring
  3. End Point Protection
  4. Hardware Security Module
  5. Security Operation Center
  6. Vulnerability Assessment
  7. Web Application Firewall

Secara sederhana Cloud Security ini adalah jenis layanan yang berhubungan dengan keamanan data Anda. Dengan inovasi sistem yang telah diperbarui sehingga membuat layanan ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

  1. Cloud Application
  2. Document Management System
  3. Learning Management System
  4. Loan Origination System (LOS)
  5. Mail Cleaner
  6. Microsoft Office 365
  7. Odoo ERP
  8. SLIK OJK Automation
  9. Virtual Exhibition
  10. WhatsApp Business API
  11. Zimbra Mail

Untuk Cloud Application ini merupakan jenis layanan yang telah kami siapkan dalam bentuk aplikasi dan tentunya dengan berbagai fungsi misalnya saja seperti keuangan, pendidikan, pengaturan dokumen, dll.

Cara kerja cloud computing

Setiap varian cloud computing umumnya memiliki dua faktor yang sama, yaitu data center yang bersifat eksternal dan harus memiliki internet untuk mengaksesnya. Sumber daya server di pusat data ini disatukan untuk membuat platform yang sangat besar, supaya siap menampung layanan virtual.

Sumber daya yang dikumpulkan ini diatur agar fleksibel sehingga para penggunanya dapat mengakses lebih banyak ruang penyimpanan saat dibutuhkan. Demikian juga, dengan sumber daya yang tidak digunakan akan dilepaskan kembali ke cloud jika memang tidak lagi dibutuhkan.

Penggunaan sumber daya sesuai permintaan ini memberikan skalabilitas dan fleksibilitas yang hampir tidak terbatas. Pasalnya, kebutuhan komputasi awan (Cloud Computing) Anda selalu berubah atau dinamis.

Keuntungan menggunakan cloud computing

Komputasi awan lebih dari sekadar dapat mengakses file dari jarak jauh. Dengan komputasi awan, pengguna dapat memeriksa email di komputer mana pun dan bahkan menyimpan dan mengakses file dari mana saja seperti Dropbox atau Google Drive.

Oleh karena itu, perusahaan yang menggunakan cloud dapat mengurangi biaya secara signifikan. Sebelum adanya cloud, perusahaan harus membeli, memiliki, dan membangun teknologi informasi (TI) mereka sendiri. Disisi lain, dengan adanya cloud, bisnis hanya membutuhkan server pusat dan departemen TI untuk memastikan internet mereka cepat dan stabil sehingga karyawan mereka dapat berinteraksi dengan cloud secara online.

Cloud memungkinkan karyawan menghemat ruang penyimpanan di laptop atau komputer mereka. Ketika perangkat lunak atau program yang perlu diperbarui, cukup unduh tanpa metode tradisional seperti disc atau flash drive.

Setelah penjelasan mengenai jenis layanan, berbagai jenis solusi yang ditawarkan oleh Indonesian Cloud, cara kerja, serta keuntungan yang dapat diperoleh oleh klien diharapkan bahwa Anda bisa memahami dengan jelas Cloud Computing ini.

Dan jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar berbagai jenis solusi yang ditawarkan oleh Indonesian Cloud, Anda dapat mengunjungi laman website kami di https://indonesiancloud.com/.