Fitur-Fitur Menarik yang Terdapat pada Saat Pembelajaran LMS dan Wajib untuk Diketahui

Akhir-akhir ini bagi kalian Bapak dan Ibu guru sudah tidak asing dengan istilah LMS atau yang sering dikenal dengan sebutan Learning Management System.  Istilah ini sebenarnya sudah lama ada dengan sebutan e-learning dan sama-sama bermanfaat untuk mempermudah pembelajaran daring atau online bagi pelajar beserta pengajar.

Karena masih banyak sekali pelajar maupun pengajar yang belum mengetahui hal tersebut, mari kita bahas dengan detail supaya lebih mudah dan paham dalam pengoperasiannya.

Fungsi dan Fitur LMS

LMS e-learning antara yang satu dengan yang lainnya bisa saja terdapat perbedaan tampilan fitur, namun sebagian besar akan mempunyai fitur-fitur serta fungsi seperti di bawah ini:

  1. Jaringan Sosial
    LMS bisa saja berintegrasi dengan beberapa medsos sehingga Anda dapat berbagi berita atau konten via facebook, Instagram, twitter, dan lain sebagainya hanya dengan sekali memencet tombol.
  2. Kustomisasi
    Ada beberapa pilihan kustomisasi yang ditawarkan dan berbeda untuk menyesuaikan kebutuhan Anda dengan sistem. Pengaturan notifikasi, bahasa, dan fitur lainnya dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda yang menginginkan seperti apa LMSnya dapat bekerja.
  3. Pendaftaran
    Sistem ini sangat membantu dan memungkinkan siswa atau pelajar untuk mendaftar online, hasil tes, kemajuan kursus, dan juga dapat melacak rincian dari pendaftaran online. Selain itu juga memungkinkan pelajar agar dapat membayar biaya kursus dengan sistem online melewati kartu debit, paypal, dan juga kartu kredit.
  4. Easy GUI
    GUI merupakan kependekan dari Graphical User Interface. Sebagian besar dari LMS akan menawarkan pilihan penyesuaian untuk antar muka (interface) supaya dapat memberikan rasa yang unik ke platform pembelajaran dari si pengguna.
  5. Komunikasi
    Sistem ini harus mempunyai fungsi built in supaya pengajar dapat berkomunikasi dengan pelajar. Fungsi LMS seperti dapat mengirimkan email secara masal kepada semua orang yang berada di suatu kursus tertentu, kepada siswa yang sedang mempelajari suatu jalur maupun siswa yang perseorangan.
  6. Membantu Pembuatan Konten
    Menjadi sebuah user friendly sebenarnya lebih dari hanya sekadar berupa frase, namun sebuah tindakan. Saat kali pertama memasuki LMS sebaiknya terlebih dahulu mempunyai sampel kursus supaya prosesnya dapat terus berlanjut. Misalnya saja mendistribusikan, mengunggah, dan mengelola konten dalam sistem agar dapat terus digunakan oleh para pengguna baru.
  7. Jalur Kursus
    Anda juga harus dapat menentukan sebuah rincian kursus melalui alur kerja yang mudah diatur agar dapat mengatur siswa di suatu ‘jalur belajar’ tertentu.

Nah, itulah berbagai fitur-fitur yang terdapat di dalam proses pembelajaran LMS yang harus Anda ketahui supaya dapat menggunakan dengan benar dan dapat terus berlanjut dengan senang hati. Gunakanlah fitru-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan yang sedang Anda alami.

Selamat! Indonesian Cloud Jetski Racing Team Peroleh Runner Up Dunia

Atlet Jetski andalan Indonesia, Aqsa Sutan Aswar berhasil menyabet Runner Up Juara Dunia untuk Indonesia dalam gelaran World Finals 2021, Lake Havasu City, Arizona-USA...

Fitur-Fitur Menarik yang Terdapat pada Saat Pembelajaran LMS dan Wajib untuk Diketahui

Akhir-akhir ini bagi kalian Bapak dan Ibu guru sudah tidak asing dengan istilah LMS atau yang sering dikenal dengan sebutan Learning Management System.  Istilah...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.