Cloud-based vs. On-premise LMS

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu kita harus mengetahui layanan hosting yang cocok dengan perusahaan kita. Sebelum memilih layanan yang tepat tentu terlebih dahulu kita harus mengetahui bagaimana perbedaan dari layanan cloud dan on premise pada learning management system.

Bagaimana Sistem On Premise Hosting pada Perusahaan?

On premise Hosting sendiri merupakan keadaan ketika sebuah perusahaan membuat server, infrastruktur hingga software mereka sendiri. Bahkan dari server hingga developer merupakan sumber daya dari perusahaan itu sendiri. Dengan sistem On Premise perusahaan dapat dengan mudah mengontrol dan mengelola database mereka. 

Dengan adanya Sistem On Premise ini perusahaan dapat membuat sebuah aturan sendiri terkait dengan sistem penggunaan Infrastruktur IT mereka. Dalam hal ini sistem on premise akan lebih mudah untuk mengatur siapa saja yang boleh mengakses data-data perusahaan dan tentunya untuk integrasi dengan sistem lainya. Namun disini perlu diperhatikan bahwa untuk membangun sistem on premise diperlukan biaya yang besar baik dari sisi pengadaan dan perawatan. Disisi lain mengelola sistem tersebut diperlukan skill khusus yang harus dimiliki oleh perusahaan.

Kelebihan On Premise Bagi Perusahaan

On Premise Hosting bagi perusahaan memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  1. Keamanan data berada di tangan Perusahaan

Perusahaan dapat dengan mudah dalam mengamankan datanya karena didalam  sistem on premise disesuaikan perusahaan dapat mengatur siapa saja yang akan mengakses data-data dari perusahaan. Perusahaan juga dapat dengan mudah untuk memberikan sistem keamanan ganda pada sistem on premise.

  1. Perusahaan memiliki kontrol besar terhadap sistem

Sistem on premise memungkinkan perusahaan untuk mengontrol penuh sistem yang mereka punya. Dengan sistem ini, perusahaan dapat memilih sistem yang diperlukan untuk kinerja perusahaan.

  1. Perusahaan dapat memindahkan data dengan cepat

Dengan sistem ini perusahaan dapat memindahkan data dengan mudah dan cepat dari perusahaan ke sebuah server baik data yang dibutuhkan maupun tidak dibutuhkan. Karena adanya kendali dan kepemilikan dimiliki oleh perusahaan itu sendiri tentu akan mempermudah adanya perpindahan data.

Bagaimana Sistem Cloud Based Hosting pada Perusahaan?

Cloud Based Hosting sendiri dioperasikan dengan sistem Remote Location dan tersedia untuk semua klien yang tersedia jaringan internet.Cloud based sendiri menggunakan sistem internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, dimana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Cloud Based biasanya disediakan oleh pihak ketiga untuk memberikan layanan Cloud Computing kepada Perusahaan Client. Dengan hal tersebut perusahaan tidak perlu memikirkan untuk pengadaan server dan sumber daya IT yang diperlukan. Semua sudah disediakan oleh pihak ketiga. 

Kelebihan Cloud Based Bagi Perusahaan

Cloud Based Hosting bagi perusahaan tentu memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  1. Fleksibilitas dalam penambahan kapasitas mudah bagi perusahaan

Cloud Based Hosting sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Seperti contohnya adalah ketika perusahaan membutuhkan kapasitas sedikit untuk saat ini dan kedepan dengan perkembangan perusahaan dapat menambah kapasitas. 

  1. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak modal

Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya investasi untuk pembelian hardware serta software seperti pada on premise. Disisi lain perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan serta maintenance. Perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya sesuai dengan layanan yang dibutuhkan.

  1. Kemudahan akses bagi perusahaan

Dengan sistem Cloud Perusahaan hanya memerlukan sambungan internet untuk mengakses data-data di server. Dengan kemudahan ini tentu perusahaan dapat mengakses data tersebut dimanapun dan kapanpun.

Kapan Learning Management System Perusahaan cocok menggunakan On Premise Hosting?

Perusahaan tentu perlu mempertimbangkan kapan waktu penggunaan sistem hosting yang tepat bagi perusahaan. Berikut merupakan penjelasan kapan waktu dari perusahaan untuk menggunakan On Premise hosting:

  1. Jika LMS memuat data data sensitif

Apabila perusahaan memiliki sistem pelatihan yang memiliki beberapa informasi penting atau sensitif seperti bahan materi untuk pengajaran, tentu akan lebih aman menggunakan On Premise Hosting karena disini perusahaan dapat mengawasi secara langsung.

  1. Jika perusahaan ingin mengontrol data secara penuh

Di zaman sekarang data menjadi sebuah landasan penting bagi perusahaan dan beberapa data juga menjadi hal yang bersifat rahasia bagi pihak luar perusahaan. Dengan sistem On Premise ini kita dapat mengatur dan mengelola data kita sendiri tanpa khawatir adanya kebocoran data.

  1. Jika perusahaan Memerlukan pengintergrasian LMS dengan Sistem enterprise lainya

Apabila portal LMS perusahaan memerlukan sebuah integrasi dengan sistem layanan lain dari perusahaan tentu On Premise menjadi pilihan yang terbaik karena akan lebih mudah untuk mengintegrasikan.

Kapan Learning Management System Perusahaan cocok menggunakan Cloud Based Hosting?

Sebagai perusahaan tentu harus mengetahui kapan untuk menggunakan Cloud Based Hosting dalam LMS. Berikut merupakan penjelasan kapan waktu dari perusahaan untuk menggunakan cloud based hosting:

  1. Jika perusahaan ingin waktu deployment cepat

Dengan sistem cloud tentu membuat sistem LMS akan lebih cepat, bisa dikatakan kurang dari sehari sudah dapat digunakan. Berbeda dengan Sistem On Premise yang membutuhkan waktu yang lama untuk menyiapkan LMS, mulai dari pembelian hingga set up server.

  1. Jika perusahaan ingin memfokuskan sumber daya IT kepada hal lain

Dengan Sistem cloud ini perusahaan tidak perlu memikirkan untuk pemeliharaan dan pengoperasian server secara penuh, sehingga sumber daya IT akan bisa lebih berfokus pada operasional bisnis yang lebih krusial.

  1. Jika perusahaan tidak memiliki sumber daya IT yang memadai

Perusahaan dengan skala kecil biasanya tidak memiliki sumber daya IT yang cukup untuk memiliki sebuah data center sendiri. Sistem cloud dapat menjadi sebuah solusi bagi perusahaan tersebut untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

  1. Jika pelatihan ditujukan kepada publik

Apabila pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan memang ditujukan kepada publik, cloud menjadi pilihan terbaik untuk perusahaan. Selain karena waktu deployment yang cepat, disini juga perusahaan dapat dengan mudah untuk mengatur skalabilitas mengikuti perkembangan.

Penyedia layanan LMS dengan Cloud Based Hosting

IndonesianCloud menyediakan layanan Private Cloud dan sistem LMS untuk perusahaan yang membutuhkan. Perusahaan akan membutuhkan sebuah tempat penyimpanan data yang aman dan mudah diakses sehingga Private Cloud dapat menjadi pilihan bagi perusahaan. Sedangkan LMS tentu akan mempermudah perusahaan dalam membuat sebuah server untuk pembelajaran dan pelatihan bagi pegawai perusahaan. Dengan Keamanan data yang terjamin dan aksesibilitas yang mudah menjadikan IndonesianCloud sebagai partner terbaik bagi perusahaan. IndonesianCloud akan memberikan layanan terbaik untuk membantu perusahaan meningkatkan kinerja dari perusahaan.

Mengenal WhatsApp Business API

Interaksi merupakan suatu hal yang penting terlebih pada pelaku bisnis. Perusahaan dan pelanggan pastinya akan saling berhubungan jika pelanggan memiliki kendala atau ingin mengajukan...

WASPADA! LINDUNGI DATA ANDA DARI ANCAMAN HACKER

Pada tahun 2020 di Indonesia telah terjadi beberapa kasus kebocoran data, bahkan hanya dalam kurun waktu 7 bulan saja. Perusahaan yang menjadi target incaran...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.