4 Alasan Pentingnya Cloud Backup untuk Teknologi Informasi

Sekarang, hampir seluruh data adalah berbentuk digital. Data digital ini ada di internet sehingga lebih riskan pencurian atau hilang. Mayoritas perusahaan yang mengalami kehilangan data penting, selalu berakhir dengan kerugian. Itulah kenapa saat ini sudah semakin banyak perusahaan-perusahaan yang menyadari pentingnya backup data. 

Kehilangan data dapat terjadi kapan saja dan dalam skala apa pun. Kehilangan data juga bisa terjadi akibat hal sepele, misalnya saat tidak sadar menempatkan laptop pada magnet dan menghancurkan hard-disk Anda, hingga hujan badai yang memicu mati listrik. Di sinilah backup berbasis cloud memainkan perannya karena data-data yang ada disimpan di luar situs dengan aman.

Dengan menggunakan backup berbasis cloud, tim IT dapat mengirim salinan data mereka melalui cloud ke lokasi lain. Jika data dibobol peretas, tim IT dapat memulihkan data yang sudah tersimpan dengan mulus sambil memastikan bisnis tetap berjalan normal.

Kendati demikian, keamanan data menjadi isu tersendiri jika menggunakan backup berbasis cloud, sebab data berbasis cloud lebih rentan terhadap serangan-serangan siber. Jika menggunakan cloud, tanggung jawab untuk menjaga keamanan data diserahkan ke vendor backup cloud.  

Terlepas dari beberapa masalah keamanan data, backup berbasis cloud telah digunakan oleh banyak perusahaan karena banyak menghemat biaya dan kemudahan recovery. 

Backup berbasis cloud tak hanya sekadar untuk menghemat biaya backup. Berikut adalah beberapa alasan mengapa backup berbasis cloud sangat penting untuk diterapkan oleh tim TI perusahaan-perusahaan.

Reliability

Melakukan backup data secara off-site dapat memberi tim Anda sedikit ruang untuk kebebasan. Dengan menggunakan backup berbasis cloud, Anda memberi data Anda sebuah perlindungan dari jenis kehilangan data, termasuk yang disebabkan oleh bencana alam, kesalahan manusia, atau ransomware. 

Meskipun sayangnya perusahaan terkadang harus berurusan dengan masalah hilangnya data, setidaknya kekhawatiran Anda tidak bertambah jika menggunakan backup berbasis cloud.

Vendor backup cloud biasanya melacak reliability dengan menyediakan fitur manajemen data tambahan, pemantauan sepanjang hari, hingga laporan rutin. Beberapa produk backup berbasis cloud bahkan menyertakan fitur deteksi ancaman yang bisa memperingatkan vendor dan Anda secara langsung.

Karena hal itu, backup berbasis cloud bisa membuat Anda bebas dari kekhawatiran. Mengetahui data Anda disimpan dengan aman, bebas dari peretas yang mengganggu, ketenangan tersebut tidak ternilai harganya dalam menjalankan bisnis.

Skalabilitas

Tidak seperti backup on-premise, perangkat lunak backup di cloud tidak memerlukan lisensi perangkat keras atau software tambahan. Ini jelas mengurangi biaya awal yang biasanya terkait dengan sebuah backup. Belum lagi perangkat lunak backup di cloud biasanya juga dapat menangani tugas-tugas seperti deduplikasi dan pengurangan ukuran cadangan untuk pengguna.

Opsi harga untuk backup berbasis cloud juga fleksibel. Saat penyimpanan data pengguna dan kebutuhan backup bertambah, Anda dapat dengan mudah memperbarui paket langganan dengan vendor. Dan jika perlu menurunkan kapasitas backup, banyak vendor backup cloud mengizinkan pengguna untuk menurunkan paket langganan mereka. 

Backup berbasis cloud adalah opsi yang bagus untuk perusahaan yang mungkin tumbuh lebih cepat daripada kapasitas penyimpanan lokal mereka. Dan karena tidak ada perangkat keras yang perlu di-upgrade atau dikonfigurasi ulang, tim Anda bisa menghemat uang dengan membiarkan vendor backup cloud menangani detail logistik tersebut.

Namun, ada beberapa kekhawatiran seputar recovery data atau kecepatan migrasi data. Beberapa vendor backup cloud mungkin mengenakan biaya tambahan untuk pengunggahan dan pemulihan yang lebih cepat. Oleh karena itu, penting juga untuk merancang strategi untuk mengambil kembali data Anda, dengan catatan apabila perusahaan Anda berniat memutus kerja sama atau ingin menghentikan layanan dengan vendor tersebut.

Fleksibilitas

Backup berbasis cloud mencakup fitur-fitur seperti sinkronisasi data, data mirroring, instan restore, dan masih banyak lagi. Yang jelas fitur yang dimiliki lebih banyak daripada backup on-premise. Karena meningkatnya persaingan di pasar, backup berbasis cloud selalu menyertakan peningkatan performa, yang mungkin tim IT internal sulit memiliki waktu untuk penelitian dan menerapkan secara mandiri. 

Selain itu, karena data disimpan di cloud, data dapat diakses dari mana saja. Artinya, aksesibilitas data untuk tim Anda jauh lebih baik, memungkinkan setiap anggota tim untuk mengakses data saat bekerja dari jarak jauh. Hal-hal seperti ini mungkin penting pada saat terjadi bencana. Namun, kelemahannya adalah jika Anda tidak memiliki akses internet, karena Anda tidak mungkin bisa mengakses data-data Anda. 

Backup berbasis cloud biasanya memungkinkan pengguna untuk mengambil data mereka dari perangkat apa pun, dan memulihkan data mereka dari perangkat apa pun. Karena itu, Anda tidak perlu dipusingkan mau menggunakan perangkat apa saat melakukan data recovery.

Keamanan dan kepatuhan

Banyak backup berbasis cloud di pasaran yang juga mencakup pengelolaan regulasi data, sehingga dapat mencegah pengguna dari kewajiban membayar denda akibat melanggar regulasi. Perangkat lunak dari backup berbasis cloud juga dapat memastikan kualitas keamanan dari data Anda. 

Menggunakan backup berbasis cloud memastikan bahwa data Anda dienkripsi secara tepat. Enkripsi memberikan keamanan data yang lebih baik, sehingga data yang disalin ke beberapa lokasi tidak mengalami kemungkinan diretas. 

Fitur utama lainnya dari backup berbasis cloud adalah kemampuan menjaga kepatuhan regulasi bagi pengguna. Namun, aturan dan regulasi yang dipatuhi oleh software tertentu tergantung pada faktor-faktor seperti industri dan negara asal. Oleh karena itu, penting untuk memverifikasi secara menyeluruh bahwa produk backup cloud tertentu memenuhi kualifikasi terkait kepatuhan regulasi industri.

Mengingat pentingnya data bagi sebuah perusahaan, Indonesian Cloud menawarkan Cloud Backup, sehingga data-data Anda bakal disimpan ke dalam repositori cloud backup kami. Kami memiliki Cloud Backup with Veeam dan Cloud Backup with Zerto.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.