3 Tips Penting Mengelola Private Cloud Dengan Baik

Memelihara dan mengelola infrastruktur private cloud Anda adalah hal yang sangat penting. Perusahaan Anda harus secara terus-menerus menetapkan kebijakan, membakukan dan memformalkan prosedur yang ada. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat kerangka kerja manajemen yang berkelanjutan dan memanfaatkan sumber daya cloud Anda secara optimal. 

Hal-hal tersebut jelas dapat mendongkrak pertumbuhan perusahaan Anda. Saat perusahaan Anda menggunakan private cloud, sangat dianjurkan untuk melakukan pengelolaan yang maksimal untuk mempercepat pertumbuhan perusahaan.

Maka dari itu, penting untuk Anda menerapkan tiga tips penting dalam pengelolaan private cloud Anda. Berikut penjelasannya:

Manajemen keamanan

Prosedur dan kebijakan penting adanya untuk setiap aspek cloud computing yang Anda gunakan. Baik itu alokasi biaya dan pelaporan, manajemen keamanan, serta pemantauan dan pemulihan bencana adalah hal-hal yang perlu direncanakan dengan matang. 

Ketika manajemen keamanan untuk private cloud Anda sudah matang, perusahaan Anda pun dapat mempersiapkan skenario terburuk dengan benar. Private cloud yang dipersiapkan dengan baik bisa memastikan downtime yang mungkin terjadi dijaga seminimal mungkin dan ancaman keamanan lainnya dapat ditangani sejak awal.

Backup dan pemulihan bencana

Sangat penting untuk mempersiapkan diri pada hal-hal yang tidak terduga, agar bisa meniadakan risiko downtime atau kehilangan data dalam bentuk apa pun. Kebijakan backup yang perusahaan Anda miliki harus menyoroti data-data rahasia apa yang harus di-backup, lalu berapa lama akan disimpan, dan berapa biaya terkait yang dibutuhkan di private cloud. 

Selain itu, jika cloud yang Anda gunakan mengalami kegagalan operasional, maka harus ada rencana yang dilakukan untuk meminimalisir downtime dan melakukan pemulihan bencana. Rencana yang berkesinambungan seperti ini akan menjaga perusahaan Anda dalam posisi lebih aman, bahkan jika ada situasi terburuk yang harus terjadi.

Alokasi biaya

Tip penting terakhir untuk mengelola cloud pribadi Anda dengan sebaik-baiknya adalah memahami bagaimana hubungannya dengan penyampaian layanan cloud Anda. Alokasi biaya dan pelaporan memungkinkan bisnis Anda memahami kemana perginya anggaran cloud Anda dan bagaimana cara kerjanya untuk meningkatkan cloud Anda. Ini adalah cara terbaik untuk melihat dan beradaptasi dengan risiko limbah cloud di cloud Anda. Dengan prosedur penemuan dan pemantauan yang tepat, Anda akan selalu memiliki pemahaman yang kuat tentang pembelanjaan cloud Anda. Ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan otomatisasi untuk mengelola cloud Anda dengan cara yang seefisien mungkin.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.