10 Manfaat Hijrah ke Public Cloud

Sudah banyak perusahaan yang merasakan manfaat dari penggunaan public cloud. Mulai dari efisiensi, kecekatan, keringkasan, dan masih banyak lagi alasan untuk segera pindah menggunakan public cloud. Komputasi awan memungkinkan pengusaha untuk fokus pada hal terpenting yakni bisnis.

Tiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga mereka dapat memilih antara public cloud, private cloud, atau hybrid cloud. Itu semua tergantung dari kebutuhan seperti jenis bisnis, anggaran, divisi IT, dan lain-lain.

Sebaiknya pahami dulu definisi dari public cloud. Public cloud adalah model komputasi awan yang paling populer. Penyedia layanan cloud memanfaatkan internet dan membuat sumber daya yang dibutuhkan seperti infrastruktur, ruang penyimpanan, server, dan lain-lain.

Penyedia jasa cloud memiliki sendiri dan mengoperasikan hardware fisik, lalu menawarkan hal tersebut ke perusahaan-perusahaan berdasarkan kebutuhannya masing-masing. 

Amazon Elastic Compute Cloud (EC2), IBM’s Blue Cloud, Google AppEngine, Sun Cloud, Microsoft Azure adalah sejumlah nama populer dari penyedia jasa public cloud.

Dengan public cloud, hardware fisik dibagi kepada beberapa pengguna atau perusahaan. Lingkungan seperti ini mempermudah dalam pembagian biaya infrastruktur. Dengan keunggulan model pay-as-you-go, public cloud adalah pilihan tepat untuk perusahaan berskala kecil dan menengah. Mari simak manfaat penggunaan public cloud seperti berikut ini:

Efektivitas biaya

Biaya yang sangat fleksibel adalah salah satu keunggulan utama dari public cloud. Mayoritas penyedia jasa public cloud memperbolehkan pengguna pembayaran yang fleksibel per jam. 

Ini jelas membantu perusahaan terutama yang berskala kecil dan menengah untuk mengontrol anggaran mereka. Perusahaan bisa menjalankan aplikasi web tanpa harus terikat dengan biaya server, software, setup atau maintenance.

Setup mudah dan cepat

Pengguna atau perusahaan bisa melakukan setup public cloud hanya dalam waktu beberapa jam. Public cloud dapat dengan mudah dibeli lewat internet, lalu di-deploy dan dikonfigurasi secara remote melalui website penyedia jasa cloud.

Ini memungkinkan tim IT Anda dengan sangat mudah mengonfigurasi dan mengelola setup secara remote, yang hanya membutuhkan koneksi internet.

Menekan anggaran karyawan

Dalam beberapa kasus, anggaran karyawan jadi sulit terkendali. Alasannya sederhana karena ahli IT sulit dicari dan gajinya tidaklah kecil. Dengan public cloud, perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk layanan cloud.

Karena pengelolaan cloud sangatlah mudah dan bisa diatur ulang oleh tim IT in-house, ini jelas bisa menekan anggaran perusahaan. Anggaran yang tersisa pun bisa digunakan untuk porsi lain.

Tidak memerlukan maintenance

Penyedia jasa cloud bertanggung jawab atas maintenance hardware, software, dan jaringan pada cloud. Perusahaan tidak perlu khawatir dalam menjaga infrastruktur mereka tetap mutakhir, atau cemas soal keamanan.

Penggunaan public cloud memungkinkan Anda menjalankan infrastruktur dengan staf IT dengan jumlah sedikit, sehingga bisa secara signifikan mengurangi biaya maintenance.

Tidak memerlukan kontrak jangka panjang

Perusahaan berskala kecil atau menengah biasanya tidak ingin terikat dengan kontrak berjangka panjang, dan berkomitmen dengan ruang penyimpanan tertentu. Ini terjadi karena biasanya mereka tidak yakin soal persyaratan utama yang ada.

Di situasi seperti ini, public cloud sangatlah cocok karena tidak memerlukan komitmen atau investasi jangka panjang. Penyedia jasa cloud biasanya menawarkan momdel pay-as-you-go.

Skala ekonomi

Public cloud menawarkan skala ekonomi yang besar. Ini artinya sulit untuk membandingkan efisien dari public cloud dengan private data center. Perusahaan bisa diyakinkan dengan infrastruktur digunakan dengan optimal.

Karena biaya infrastruktur dibagi-bagi ke banyak pengguna, penyedia cloud biasanya mengoptimalkan kebutuhan hardware dari data center mereka sehingga dapat menawarkan layanan dengan biaya lebih rendah.

Kecekatan

Di era sekarang, perusahaan harus lebih cepat dan dinamis. Mereka harus terus berinovasi dan meningkatkan produktivitas, tools dan teknologi yang digunakan. Cekatan berarti perusahaan harus lebih cepat dalam mengambil keputusan, dan cepat dalam memprioritaskan fokus kerja.

Dengan public cloud, perusahaan dapat menyederhanakan operasional internal, kolaborasi lebih baik, peluncuran inisiatif bisnis lebih cepat, serta kemampuan pengumpulan dan analisis data yang bisa ditingkatkan lagi.

Global

Mau itu startup di India atau perbankan online dari Selandia Baru, banyak perusahaan yang ingin terus menyediakan layanan mereka secara 24 jam dalam seminggu. Penyedia public cloud memiliki jaringan server yang luas, bandwidth, sumber daya IT yang mampu membuat globalisasi produk menjadi sangat mungkin.

Dalam situasi ketika data sensitif perlu berada dalam batas negara tertentu, public cloud membuatnya cepat dan mudah untuk memilih data center dari negara tersebut. Penyedia cloud memiliki data center di seluruh dunia, sehingga perusahaan dapat memilih salah satu yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Fleksibilitas tinggi 

Sebelum adanya cloud, perusahaan harus membeli hardware tambahan, ruang penyimpanan, dan software untuk menyiapkan diri mereka dari suatu kegagalan infrastruktur IT. itu artinya mereka harus menduplikasikan usaha serta biaya untuk memastikan keberlangsungan perusahaan.

Dengan cloud, data yang ada bisa secara otomatis diduplikasi di data center satu ke yang lainnya di lokasi yang berbeda. Ini jelas membuat perusahaan atau pengguna bebas dari kekhawatiran atas backup data atau biaya berlebih yang mendadak.

Uptime maksimal dan 0 risiko kegagalan

Hampir semua penyedia jasa public cloud menjamin lebih dari 99% uptime dan 0 risiko kegagalan. Karena sistem cloud secara keseluruhan tersambung ke beberapa server, kalau ada kegagalan di satu server, server lainnya akan mengambil alih workload secara otomatis. Ini memastikan kelancaran dan performa dari aplikasi yang dimiliki perusahaan.

Kemudahan memiliki public cloud semudah menjentikkan jari. Hubungi Indonesian Cloud sekarang karena kami ahli dalam teknologi virtualisasi dan cloud. Kami menawarkan layanan public cloud yang berkinerja tinggi, aman, dan andal. Ketersediaan layanan public cloud dapat diakses dari mana tanpa ada batas lokasi, selama ada koneksi internet.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.