Jaringan 5G

5G : pengertian, kelebihan dan perbedaan dengan 4G

5G – Di era saat ini yang di mana teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu membuat banyak sekali kemajuan pada bidang teknologi. Salah satu sektor teknologi yang mendapatkan dampak positif dari inovasi para ahli adalah telekomunikasi. Di Indonesia, perkembangan telekomunikasi sangat terasa dan memudahkan kehidupan penggunanya setiap hari. Dulu, semua orang hanya mengenal telepon umum dan telepon rumah.

Karena perkembangan yang semakin pesat, hadir teknologi yang kita kenal dengan telepon seluler atau telepon genggam yang didukung oleh jaringan CDMA, 3G hingga 4G LTE. Dari perkembangan tersebut hadir generasi ke 5 dari jaringan yaitu jaringan 5G. Saat ini masyarakat Indonesia sedang mengalami transisi jaringan internet menuju jaringan generasi ke-5 tersebut. Telkomsel menjadi pelopor operator seluler yang memberikan layanan ini pada bulan Mei tahun 2021. Mulai saat itu jaringan generasi ke-5 ini mengalami perkembangan yang baik.

Teknologi ini diyakini mampu mempercepat transformasi sosial ekonomi dan budaya secara digital. Salah satu keunggulan jaringan ini adalah kecepatan transfer data yang tinggi dan latensi yang rendah. Implementasi jaringan 5G diharapkan mampu memberikan pengalaman streaming dan mengunduh video yang cepat, lancar bahkan instan. Sebelum itu, mari kita simak penjelasan lebih lanjut mengenai jaringan 5G yang perlu Anda ketahui.

5G adalah

Apa Itu 5G?

Dilansir dari AWS, 5G (Fifth Generation) Merupakan generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel, menawarkan kecepatan unggah dan unduh yang lebih tinggi, koneksi yang lebih stabil, dan kapasitas yang lebih besar dari jaringan sebelumnya. jaringan tersebut lebih cepat dan lebih andal daripada jaringan 4G populer saat ini, dan berpotensi mengubah cara kita menggunakan internet untuk mengakses aplikasi, media sosial, dan informasi.

Dilansir dalam Viva.co.id, dalam arena dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi, kecepatan respons 5G sepuluh kali lebih cepat ketimbang 4G. Kecepatan jaringan generasi ke-5 ini rata-rata menyentuh angka 500 Mbps sementara 4G hanya 30 Mbps. Dalam arena yang normal, 5G menawarkan kecepatan 10 GBps dan 4G hanya mencapai 100 Mbps. Tentunya kecepatan tersebut dapat lebih memudahkan dalam streaming, melakukan video conference, hingga bermain games dengan lancar serta minimnya buffering atau delay.

Generasi jaringan 5G

Kelebihan Jaringan 5G

Dengan hadirnya jaringan 5G tentunya kegiatan komunikasi menjadi lebih baik dan cepat. Berikut adalah kelebihannya :

  1. Hemat Energi

Teknologi jaringan generasi ke-5 ini sudah ada sejak awal untuk mengurangi konsumsi energi. Kemampuannya untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 10% dicapai dengan mengurangi lalu lintas data. Kecepatan transmisi data yang sangat cepat juga merupakan kontribusi terbesar untuk menciptakan teknologi hemat energi. Singkatnya, jaringan ini lebih ramah energi dari generasi sebelumnya, dengan lebih banyak bit data per kilowatt energi.

  1. Minim Kemungkinan Delay

Selain koneksi yang luas dan kecepatan transmisi yang lebih baik dari generasi sebelumnya, teknologi ini hampir tidak memiliki delay. Jaringan ini diketahui memiliki latensi sekitar 4 hingga 5 milidetik. Bahkan, bisa dikurangi menjadi 1 milidetik. Latensi rendah ini memungkinkan pengguna untuk menonton video beresolusi tinggi tanpa buffering.

  1. Koneksi Yang Lebih Luas

Teknologi jaringan ini menawarkan kelebihan dibanding LTE yang hanya mempunyai subcarrier spacing mencapai 15 kHz, dengan kapasitasnya yang besar, teknologi jaringan generasi ke-5 ini juga mampu beradaptasi dengan berbagai perangkat pintar. Berarti, semakin banyak perangkat pintar yang dapat terhubung dan beradaptasi.

Kelebihan 5G

Perbedaan 5G dan 4G

Lalu, apa perbedaannya jaringan 5G dan 4G? berikut adalah beberapa perbedaannya :

  1. Kekuatan Sinyal

Perbedaan pertama adalah pada kekuatan sinyalnya. Dengan menggunakan gelombang yang lebih pendek, jaringan 5G memiliki distribusi sinyal yang lebih baik, lebih terarah dan tidak menimbulkan gangguan. Berbeda dengan jaringan 4G, distribusi sinyal 4G tidak teratur, dapat membuang energi dan daya pemancar.

  1. Latency

Berikutnya adalah Latency yaitu durasi waktu yang dibutuhkan data untuk sampai ke tujuan yang diukur dalam satuan mili detik. Semakin kecil latency maka jaringan tersebut semakin baik. Sedangkan dengan 4G yang memiliki latency lebih lama, jaringan 5G justru menawarkan latency yang jauh lebih singkat. Standar latency rendah milik jaringan generasi ke-5 ini disebut sebagai URLLC: ultra-reliable, low-latency connections.

  1. Kecepatan

Seperti yang dilansir pada AWS, perbedaan berikutnya adalah jaringan 5G dapat mencapai kecepatan 10 gigabit per detik, menjadikannya 10 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Artinya, tugas-tugas yang sebelumnya intensif, seperti mengunduh film atau mencadangkan basis data, sekarang akan memakan waktu lebih singkat dari sebelumnya.

  1. Kecerdasan Perangkat

Kecerdasan perangkat juga menjadi perbedaan 4G dan 5G. Dengan teknik radio kognitif yang dapat mengidentifikasi tiap perangkat, jaringan generasi ke-5 ini mampu membedakan perangkat tetap/fixed dan mobile. Hal ini tentu saja tidak dapat dilakukan oleh 4G.

Dengan penjelasan di atas, tentunya jaringan 5G memiliki banyak manfaat dan keunggulan dari jaringan generasi sebelumnya. Semoga dengan penjelasan tersebut dapat membantu Anda dalam mengenal lebih dalam mengenai jaringan 5G. Jika ingin melihat artikel lainnya, dapat mengunjungi laman website resmi kami Indonesiancloud.com. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.