NgabuburIT With IndonesianCloud – Is Your IT Secure?

Baru-baru ini sebuah serangan siber menghebohkan dunia, WannaCry, ratusan negara terkena dampak ransomware  yang mengunci computer ini, Indonesia pun terkena dampaknya.

Ransomware adalah nama atau istilah umum untuk semua malware yang – sesuai dengan namanya – meminta uang tebusan (ransom) kepada user yang komputernya terinfeksi ransomware.

WannaCry yang memanfaatkan tool senjata siber dinas intel Amerika Serikat, NSA, yang dicuri hacker dan dibocorkan di internet menginfeksi ribuan sistem komputer di seluruh dunia. Instansi-instansi besar, seperti rumah sakit, pemerintahan, dan kepolisan, juga ikut terkena imbasnya. Di Indonesia sendiri, WannaCry diketahui memakan dua korban yakni Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita, mengakibatkan sistem antrean dan sistem pembayarannya terganggu karena ada dokumen yang dikunci oleh WannaCry.

Lantas melihat berbahayanya dampak dari ransomware WannaCry ini, langkah apa yang harus dilakukan untuk terhindar dari serangan ransomware? Beberapa langkah mitigasi bisa Anda lakukan untuk pencegahan seperti memastikan perangkat Windows yang Anda gunakan selalu terupdate terhadap patch atau hotfix dari windows. Malware juga sering datang mengandalkan security bug dalam aplikasi populer, termasuk Office, browser, Flash dan banyak lagi. Semakin cepat melakukan patch maka semakin sedikit lubang terbuka yang bisa diekploitasi oleh penjahat dunia maya.

Penting sekali untuk mengetahui penanggulangan dari berbagai ancaman kejahatan Cyber di masa sekarang ini. Kami dari IndonesianCloud sangat menyadari akan pentingnya sebuah pengetahuan dasar bagaimana cara mengamankan system IT dalam lingkungan bisnis Anda. Sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di dunia IT, IndonesianCloud memiliki sebuah tanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu mengenai keamanan cyber, mengekspos ancaman TI  yang ada saat ini.

Ayo bergabung bersama dengan IndonesianCloud di Event NgabuburIT with IndonesianCloud – is your IT secure? Sebuah bincang santai yang membahas tema seputar keamanan cyber bersama para Security Expert dari IndonesianCloud. Acara ini gratis, Anda hanya perlu melakukan registrasi melalui portal yang sudah disediakan. Ayo bergabung dan bersama-sama berdiskusi serta mempelajari tentang keamanan cyber sambil menunggu waktu berbuka puasa di event ini.

Alasan Perusahaan Sebaiknya tidak Menggunakan Email Gratisan dan Solusinya

Di masa sekarang, email adalah tulang punggung dari setiap perusahaan. Dengan email, Anda bisa dengan mudah berkomunikasi secara internal ke sesama kolega di perusahaan,...

Apa Itu Private Cloud ?

Private cloud  adalah salah satu  jenis layanan  cloud computing yang memiliki kelebihan hampir menyerupai public cloud, yaitu tingkat keamanan data yang baik serta fleksibilitas ...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.

× Butuh Bantuan? Chat Kami!