March 15, 2018 11:03 am

Berkenalan Dengan SAP Hybris Cloud For Customer

Dimasa sekarang ini pasti kita sudah biasa mendengar istilah CRM (Customer Relationship Management), dan sebagian besar kita pasti sudah tahu bahwa CRM merupakan suatu Aplikasi yang dipergunakan perusahaan untuk menyimpan data pelanggan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan serta percepatan proses pemasaran/promosi perusahaan kepada pelanggan yang berujung upselling atau peningkatan penjualan.

Mengapa kita Perlu CRM?

Melihat definisi CRM diatas, tentu saja CRM itu sangat diperlukan Perusahaan dimasa sekarang ini, bahkan bisa dikatakan “WAJIB” mengingat perubahan besar yang ada pada Journey / perjalanan pelanggan dimasa lalu (Pelanggan Dulu) dengan masa kini (pelanggan Sekarang).

Menarik bukan? mari kita sama-sama mengetahui tentang perubahan yang terjadi antara pelanggan Dulu dengan pelanggan Sekarang

Perjalanan Pelanggan Dulu

Melihat gambar diatas kita dapat menggambarkan bahwa perjalanan calon pelanggan untuk membeli suatu produk dan menjadi pelangga, saya akan memberikan sedikit gambaran :

  1. Awereness : Pada awalnya sales akan memberikan informasi mengenai produk-produk kepada calon pelanggan.
  2. Interest : Dari beberapa informasi yang sudah diberikan sales diharapkan akan muncul ketertarikan dari calon pelanggan terhadap salah satu produk.
  3. Desire : Ketika calon pelangga memiliki ketertarikan maka sales akan berusaha untuk menciptakan keinginan untuk membeli produk tersebut.
  4. Action : Akhirnya calon pelanggan memutuskan untuk membeli produk tersebut dan menjadi seorang pelanggan.

Implementasi CRM pada kebanyakan organisasi berapa tahun belakangan adalah berdasarkan proses seperti diatas. Saat ini mungkin proses tersebut sudah tidak relevan, karena setiap calon pelanggan sekarang sudah memiliki perjalanan masing-masing dalam prosesnya menjadi seorang pelanggan.

Perjalanan Pelanggan Sekarang

Dari gambar diatas kita melihat perubahan yang terjadi dengan era digitalisasi maka proses perjalanan menjadi pelanggan suatu produk akan sangat bervariasi.

Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  1. Awareness Dimasa sekarang calon pelanggan bisa menemukan informasi suatu produk dari  TV, Web, Banner, Digital Ads, Social Media, dan Cerita teman.
  2. Interest : Berdasarkan informasi tersebut calon pelanggan bisa langsung menentukan ketertarikan dengan melakukan riset di Social media, Web, keyword google, atau bahkan langsung mendatangi toko-toko terkait.
  3. Consideration : Setelah tertarik dan mempertimbangkan untuk membeli, calon pelanggan bisa melakukan review melalui media, blog, forum dan email ke layanan pelanggan perusahaan product.
  4. Purchase : Calon pelanggan dapat menjadi pelanggan dengan melakukan pembelian di toko, online store, atau website
  5. Retention : Proses retensi pelanggan terhadap produk pun bisa tercipta melalui forum atau komunitas pengguna produk yang sama, dan tentunya layanan pelanggan perusahaan.
  6. Advocacy : Maka dengan mudah pelanggan dapat memberikan pengalamannya di social media, cerita ke teman-teman di komunitas, serta email yang menjadi promosi tidak langsung bagi produk tersebut.

Dari informasi diatas maka diperlukan suatu system yang mendukung perusahaan untuk dapat melakukan Engage Customer yang memiliki Journey yang tidak terhingga.

Indonesian Cloud sebagai Business Partner SAP mengenalkan Hybris Cloud For Customer kepada kita semua sebagai solusi bagi Perusahaan untuk dapat Engage dengan Customer.

Apakah Hybris Cloud For Customer?

SAP Hybris Cloud For Customer adalah suatu sistem yang dapat memberikan perusahaan kemampuan untuk :

  • Melakukan engage customers 1-1 melalui semua akses dan device untuk berinteraksi.
  • Melakukan diferensiasi lebih dalam pada setiap industri, saat ini sudah mencapai 25 spesifik industry yang akan terus bertambah.
  • Memiliki solusi yang fokus untuk core Sales, Marketing, Service, Commerce dan Social namun tetap dapat terintegrasi dengan Core System
  • Melakukan predictive customer insights secara real-time dengan sistem analytics yang berjalan pada HANA Cloud Platform.