March 15, 2018 10:57 am

InSync, Solusi Enterprise File Sync And Share (EFSS) Dari Indonesian Cloud

Jakarta, 15 Maret, 2018

Indonesian Cloud saat ini memperkenalkan layanan EFSS untuk ditujukan untuk organisasi dan kelas enterprise dengan nama InSync. Didukung oleh infrastruktur Cloud Computing yang dimiliki sendiri, layanan ini telah diluncurkan terutama bagi pengguna domestik karena data center untuk penyimpanan data ini berada pada wilayah hukum Indonesia.

InSync memberikan kemudahan akses data melalui workstation (PC/Laptop) atau mobile (Smartphone) dengan memberikan fasilitas agent-based installation sehingga mempermudah interaksi dengan user. Bahkan InSync mempunyai plugins untuk Microsoft Outlook yang memudahkan user sehingga tidak perlu melakukan attachment email, file tersebut bisa diupload langsung dan kemudian dishare.

Akses secara universal menggunakan browser secara umum. Otentikasi yang bisa digunakan meliputi single dan dual authentication. Dual authentication ini akan memanfaatkan Google Authentication (Android), SMS (text) dan email. InSync juga bisa memanfaatkan Active Directory sebagai source authentication jika sudah diterapkan oleh organisasi tersebut. Dengan adanya fungsi optimalisasi dari sisi file, akan memberikan kemudahan bagi user agar bisa memilih file yang boleh disinkronisasikan berdasarkan jenis file (file extension).

Cakupan InSync saat ini cukup luas dalam memberikan fasilitas untuk pengaturan hak akses untuk kolaborasi. Data bisa dibagikan secara umum dan private. Akses secara umum bisa dilakukan oleh siapa saja sedangkan akses secara private mengharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu dan akan tercatat oleh sistem. User juga bisa mengatur tanggal kedaluwarsa dan mendapatkan notifikasi melalui email jika ada aktivitas pengunggahan atau pengunduhan dokumen.

Karena sudah mengadopsi multitenancy, beberapa aturan (policy) bisa diterapkan pada level organisasi. Beberapa hal bisa sesuaikan seperti pengaturan logo/icon, banner perusahaan, rentensi data dan file versioning, akses via webdav. Ini akan membantu setiap organisasi untuk mendiversifikasikan kebutuhan unik mereka dari pengguna lainnya.

Kelebihan lainnya adalah Privacy Mode. Ketika fitur ini diaktifkan data tidak bisa diakses oleh user lainnya (bahkan sang administrator) kecuali mereka yang memiliki data tersebut. Hal ini yang menjadi benang merah solusi InSync dengan solusi EFSS lainnya, sehingga layanan ini bisa menjadi jembatan antara kebijakan IT dengan kebutuhan user.

Proses pemindahan data dari user ke InSync sudah menggunakan protokol yang aman, yakni SSL . Enkripsi terjadi pada jalur komunikasi end point (seperti Workstation (PC/Laptop) dan Smartphone kearah layanan InSync. Kemudian, data yang sudah diunggah akan mendapatkan enkripsi 256 AES. Sehingga InSync merapkan policy encryption pada data in transit dan data at rest.

Selain dari sinkronisasi file, user mendapatkan fitur backup secara continues (real time). Perbedaan mendasar dari sinkronisasi file dan backup adalah backup tidak bisa dibagikan (share) kepada pihak lainnya (internal dan eksternal).

Mungkin solusi file sharing terlihat cukup sederhana dan dirasakan tidak begitu penting, tapi karyawan Anda tetap membutuhkan kemampuan untuk berkolaborasi di dalam dan luar sebuah organisasi perusahan tanpa harus menghilangkan akses ruang lingkup pekerjaan pribadi masing-masing setiap individu dalam semua devices pekerjaannya sambil memberikan keamanan sebuah sistem IT dalam solusi file sharing tersebut. Indonesian Cloud cloud provider terbaik Indonesia menawarkan Sebuah solusi file sharing yang aman semacam InSync ini dikarenakan layanan ini memiliki peranan yang sangat kritikal dalam sebuah organisasi perusahaan, dan lebih penting lagi untuk sebuah perusahaan enterprise dengan skala raksasa.