March 15, 2018 9:51 am

IDCloudTalks #1 NgabuburIT Bersama Indonesian Cloud

Seperti kita tahu Ransomware WannaCry menjadi perbincangan hangat baru-baru ini.Tim cyber security IndonesianCloud berinisiatif untuk mengadakan sebuah event yang mengupas tuntas mengenai insiden Ransomware tersebut dalam gelaran perdana IDCloudTalks.

Sebuah event yang nantinya akan rutin hadir secara periodik dengan berbagai bahasan seputar dunia IT. Untuk kali ini, diharapkan event ini bisa lebih meningkatkan user security awareness akan ancaman-ancaman cyber seperti Ransomware WannaCry ini dimasa depan. Head of Cyber Security Division IndonesianCloud, Herwono Wijaya sendiri yang menyampaikan materi di dalam event IDCloudTalks, yang diadakan di Conclave Co. Working Space Wijaya. Selasa 13 Juni 2017.

Dalam penjelasannya, Ransomware merupakan sebuah serangan yang membatasi akses data korban serangannya dengan motif finansial berupa uang tebusan yang harus dibayarkan oleh para korban Uang tebusan harus dibayar supaya mereka bisa mendapatkan lagi data mereka yang sudah terinfeksi oleh malware Ransomware ini. Lebih lanjut lagi, Ransomware jelas harus kita takuti mengingat serangan Ransomware bisa memberikan dampak yang serius bagi kehidupan manusia di era digital seperti sekarang ini.

Ransomware tidak pandang bulu dalam menentukan korban serangan mereka. Bahkan lebih spesifik lagi kejahatan cyber Ransomware ini memang sengaja mengincar fasilitas yang bisa mempengaruhi kehidupan masyarakat. Mitigasi serangan dari Ransomware adalah keharusan, seperti disampaikan oleh Garibaldi, Senior Cloud Presales dari IndonesianCloud. Pencegahan serangan dan meminimalisir dampak efeknya adalah menjadi pekerjaan rumah dari setiap masing-masing individu.

Back up file secara rutin, bukan hanya ketika ada serangan melainkan untuk pencegahan secara menyeluruh atas perlindungan data penting Anda. Layanan backup solusi dari IndonesianCloud bisa menjadi pilihan. Sebagai penutup dari rangakaian acara IDCloudTalks sore itu, para peserta melakukan sesi networking sambil berbuka puasa bersama. Semoga event ini bisa bermanfaat untuk semua peserta, dan sampai jumpa di event IDCloudTalks selanjutnya.