Teknologi Risiko Kredit: Manfaat Otomatisasi

Pada zaman sekarang sudah banyak lini perusahaan yang menggunakan digitalisasi untuk bisnis mereka, tak terkecuali di bidang keuangan dan kredit. untuk mengikuti inovasi yang cepat dan gangguan yang muncul, pelanggan dan investor sama-sama mengharapkan digitalisasi di semua aspek utama bisnis. Dengan meningkatnya permintaan akan kemampuan analitis dan teknis, tim kredit perlu melakukan transformasi digital agar tetap kompetitif.

Biro kredit perlu untuk menghitung risiko dari setiap konsumen yang ada. Apabila tidak menggunakan sistem digital tentu akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Teknologi risiko kredit yang menggunakan otomatisasi merupakan salah satu layanan untuk membantu biro kredit dalam menilai risiko kredit secara digital. 

Apa itu otomatisasi dan kegunaanya bagi biro kredit

Otomatisasi adalah penerapan teknologi untuk melakukan proses dan mencapai hasil dengan masukan manusia yang minimal. Ini menyederhanakan praktik manajemen kredit dengan meningkatkan produktivitas dan profitabilitas.

Dalam menghitung dan mengelola resiko dari kredit yang perlu diperhatikan adalah waktu dan akurasi. Apabila menggunakan cara manual akan sangat memakan waktu dan informasi yang dihasilkan akan sangat rentan terhadap kesalahan

Dengan digitalisasi data yang dihasilkan akan konsisten dan akurat dengan meminimalkan pengumpulan data manual, kesalahan manusia, dan inkonsistensi terkait penilaian. Teknologi risiko kredit otomatis memungkinkan tim kredit untuk menghasilkan keputusan yang lebih baik dari analisis data, mengidentifikasi risiko dengan cepat, dan membuat keputusan yang lebih baik, menghasilkan profitabilitas yang lebih tinggi. Dengan otomatisasi ini juga akan meningkatkan transparansi dan pengawasan data bahkan pelaporan secara real time


Manfaat Otomatisasi Bagi Biro Kredit

Biro kredit yang menggunakan otomatisasi dalam pemberlakuan kegiatan operasionalnya tentu akan sangat terbantu dan mendapatkan banyak manfaat. Manfaat yang diberikan dengan adanya otomatisasi diantaranya:

Otomatisasi akan mempercepat transaksi dan meningkatkan produktivitas biro kredit

Otomatisasi akan menyederhanakan proses untuk mengurangi waktu penyelesaian, tim kredit akan dapat menangani lebih banyak pekerjaan yang diproses tanpa harus khawatir adanya hal hal yang tidak akurat. Proses yang biasanya dilakukan dalam tempo waktu berhari-hari dapat dipotong menjadi beberapa menit. Bisnis akan dapat memenuhi permintaan pelanggan dan aplikasi kredit swalayan.

Teknologi risiko kredit otomatis menghilangkan kebutuhan untuk mempekerjakan dan melatih personil tambahan untuk melakukan tugas-tugas biasa atau berulang karena pekerjaan ini dapat digantikan oleh sistem digital. karyawan akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan keterampilan khusus dalam pengerjaanya.

Otomatisasi menghasilkan data dan wawasan berkualitas lebih tinggi untuk organisasi

Digitalisasi database memungkinkan adanya integrasi dan konsolidasi data dari berbagai sumber termasuk sistem dan situs web baik dari perusahaan maupun pihak ketiga. Biro kredit dapat secara otomatis memvalidasi data dan menghapus data yang salah dari database.

Disisi lain otomatisasi akan memberikan sebuah mesin analitik yang canggih untuk mengolah data yang besar dan kompleks untuk menghasilkan sebuah informasi bagi biro kredit. Informasi ini dapat dikumpulkan dan dibagikan di antara unit bisnis dan fungsi pusat lainnya untuk menunjang peningkatan kinerja di seluruh organisasi.

Digitalisasi juga membantu biro kredit melacak aktivitas secara terperinci untuk kepatuhan regulasi dan audit. Dengan otomatisasi biro kredit akan mendapatkan laporan tentang kepatuhan yang sedang berlangsung, sehingga dengan ini dapat membuat biro kredit akan lebih aman terhadap hukum.

Teknologi risiko kredit otomatis membuat pengambilan keputusan yang lebih baik

Otomatisasi akan membuat biro kredit dapat mengetahui trend dari produk baru mereka sehingga biro kredit dapat untuk mengembangkah hingga memperbaiki produk mereka secara real time. Dengan hal ini dapat membuat sebuah keputusan dengan lebih baik dan tepat sasaran

Biro Kredit akan dapat membuat keputusan berdasarkan fakta dengan cepat sambil menyesuaikan dengan perkembangan pasar. Mereka akan dapat melakukan analisis trend dan benchmarking yang lebih baik serta menciptakan segmen pelanggan yang lebih baik untuk produk dan strategi harga yang disesuaikan dengan mempertimbangkan risiko yang ada. Dengan hal ini dapat membuat sebuah keputusan dengan lebih baik dan tepat sasaran

Mekanisme pelaporan risiko dapat secara otomatis menerapkan teknik deteksi peringatan dini untuk mengidentifikasi potensi kerugian dan risiko.  Biro Kredit akan dapat dengan mudah untuk memperkirakan pendapatan dan memberikan reminder terhadap kredit sehingga akan mempercepat proses penagihan.

Otomatisasi dapat memperluas skalabilitas biro kredit

Praktik manajemen risiko kredit digital juga meningkatkan skalabilitas. sistem dapat dikonfigurasi tidak hanya untuk mendukung integrasi, tetapi juga memungkinkan biro kredit untuk dengan cepat membuat, menguji, dan menerapkan aturan atau prosedur baru. 

Otomatisasi dapat meningkatkan profitabilitas biro kredit

Otomatisasi memungkinkan biro kredit untuk menagih hutang dari konsumen secara berkala dan tentunya hal ini akan menghindari kredit yang macet. Terlebih sistem otomatisasi ini dapat memberikan data target konsumen yang dapat diberikan tawaran produk atau program dari biro kredit. Sehingga dengan adanya otomatisasi ini akan sangat meningkatkan profitabilitas biro kredit 

Penyedia layanan otomatisasi bagi biro kredit

Otomatisasi dalam sistem kredit tentu akan memberikan berbagai manfaat untuk menunjang kinerja dan operasional dari biro kredit. Profit dari biro kredit akan meningkat dan tentunya penggunaan sistem ini akan menghasilkan data yang akurat sehingga pembuatan keputusan akan lebih tepat. 

Memilih penyedia layanan otomatisasi ini akan sangat berdampak pada kinerja dari biro kredit, karena apabila biro kredit salah dalam memilih penyedia layanan dari otomatisasi ini tentu akan membuat perusahaan mengalami kerugian. Biro kredit dapat mengalami kebocoran data hingga peretasan apabila salah dalam memilih dalam penyedia layanan tersebut 

IndonesianCloud menawarkan layanan Aurora SLIK OJK dimana membantu memberdayakan biro kredit untuk membuat keputusan lebih cepat dengan mengotomatiskan praktik manajemen risiko kredit mereka dengan data dan alat interaktif. Layanan Aurora SLIK OJK juga sudah di verifikasi dan di awasi oleh OJK sehingga akan memberikan rasa aman bagi biro kredit maupun bagi calon konsumen.

Ancaman Cyber Terhadap Kesinambungan Bisnis Anda (Cyber Security and Business Continuity)

Kesinambungan bisnis tengah menjadi fokus para petinggi perusahaan, sebab mereka harus menemukan cara agar semuanya tetap berjalan normal di tengah pandemi COVID-19. Kesinambungan bisnis...

On Premise vs. Cloud: mana infrastruktur IT yang tepat untuk rumah sakit ?

Berbicara tentang Hospital Management Software (HMS), perangkat lunak untuk rumah sakit atau klinik, pilihannya ada banyak untuk menjawab solusi yang beragam. Beberapa rumah sakit...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.