Mengenal Apa Itu Learning Management System?

Sebuah Istilah Learning Management System atau biasanya disingkat dengan LMS pastinya sering kita dengar akhir-akhir ini terutama selama ada sistem pembelajaran secara jarak jauh selama masa pandemi Covid 19 ini. 

Jika kita perhatikan dengan baik sistem pada pembelajaran LMS metode pembelajaran yang satu ini memang berkaitan dengan sebuah pembuatan silabus tentang belajar, menyajikan materi dan mengelola pembelajaran dengan cara online. 

Sistem yang disebut-sebut sebagai LMS E-learning ini, memang dirancang secara khusus supaya lebih memudahkan para guru selama pembelajaran jarak jauh seperti ini. Tidak sebanding dengan kepopuleran namanya, kita masih akan begitu minim menemukan penjelasan mengenai Learning Management System. Masih banyak para pengajar yang masih tidak mengetahui tentang LMS ini. 

Pengertian Learning Management System

Pengertian dari Learning Management System secara umum merupakan sebuah perangkat lunak yang khusus dirancang guna untuk melakukan distribusi, membuat, dan melakukan pengaturan terhadap konten pembelajaran. 

Sistem yang dirancang ini di harapan untuk bisa membantu para pengajar terutama guru untuk dapat merencanakan dan melakukan pembuatan silabus, mengelola bahan untuk pembelajaran, mengelola aktivitas belajar para siswa-siswanya, mengelola nilai para siswa, merekapitulasi absensi para siswanya, menampilkan transkrip nilai para siswa, dan mengelola tampilan untuk e-learning

Karena memang berbasiskan sebuah aplikasi digital, selain akan lebih memudahkan para guru guru di dalam merencanakan sebuah pembelajaran dengan cara online, learning manajemen sistem juga akan memudahkan para siswa untuk dapat mengakses konten-konten pembelajaran dimana saja dan kapan saja. 

Melalui Learning Management System para guru akan lebih dipermudah membuat sebuah konten belajar secara online, pelaporan, perencanaan sampai dengan dokumentasi. Guru juga dapat lebih memanfaatkan konten yang berbentuk digital, e-book, artikel, suara, video, animasi yang dapat menarik perhatian. Dengan cara seperti itu maka pembelajaran tersebut akan lebih menyenangkan. 

Manfaat Melakukan Pengajar Lewat Learning Management System 

Pada saat ini seorang guru dituntut untuk mampu memahami sistem pembelajaran secara daring. Sebuah sistem yang biasa kita kenal LMS terbaik yang memang di kembangkan guna mengelola dan memungkinkan kolaborasi antara guru dan muridnya. Dengan adanya LMS ini bukan hanya memudahkan guru dan siswa dalam melakukan sebuah pembelajaran jarak jauh. Lalu apa saja manfaat mengajar menggunakan LMS :

  1. Penjelasan Materi Dilakukan Secara Virtual

Pada Platform LMS, sebagai seorang pengajar kamu dapat memanfaatkan fitur pengajaran secara virtual. Hal tersebut hampir sama dengan jika kamu merekam sebuah kegiatan kamu di dalam video. Perbedaannya hanya jika LMS ini dapat dilakukan dengan cara langsung. Dengan fitur tersebut diharapkan bisa lebih menggantikan kegiatan dalam menjelaskan sebuah materi pengajaran di depan kelas.

2. Akan Memberikan Bahan Ajaran Dengan Bermacam-macam Format

Jika seorang guru akan memberikan sebuah referensi untuk materi mengajar maupun sebuah catatan yang memang sedang dibutuhkan oleh para siswa dan nantinya dapat dijadikan pegangan oleh siswa, maka guru dapat unggah bahan mengajar dari bermacam format. Umumnya sebuah format yang ada diterima oleh Learning Management System berupa JPG, PPT, DOC, PDF, XLS sampai dalam sebuah format video MP4. Seorang guru juga bisa memberikan sebuah tautan yang berupa link supaya dapat dipelajari oleh para siswa nantinya. Hal tersebut diharapkan untuk lebih mempermudah para guru dalam menyampaikan berbagai materi untuk mengajar. 

3. Memberikan Tugas Dengan Bermacam Alternatif Pilihan

Ketika dalam pembelajaran dengan cara daring pastinya seorang guru akan lebih banyak melakukan komunikasi dengan para siswanya dengan cara melalui grup chat. Dengan memakai LMS ini dalam memberikan tugas akan menjadi lebih mudah dan lebih sistematis. Para guru bisa langsung membuat soal-soal pada platform LMS itu. Bentuk soalnya para guru juga dapat memilihnya baik itu untuk pilihan ganda maupun esai. 

4. Melakukan Analisis Terhadap Perkembangan Belajar Siswa

Guru tidak perlu dikhawatirkan yang berkaitan dengan melakukan pengisian nilai dari kegiatan belajar siswa yang dilakukan di rumah. Dengan memakai LMS ada berbagai banyak analisis nilai yang para guru bisa dapatkan. Saat menggunakan fitur tersebut dapat mengetahui pengetahuan para siswa, sikap dari para siswa, performa dalam tugas secara keseluruhan. 

5. Melakukan Kegiatan Diskusi Bersama Siswa

Layanan Learning Management System yang bagus pastinya akan menyediakan fasilitas yang dapat digunakan untuk melakukan sebuah diskusi antara para guru dengan muridnya. Diskusi tersebut dapat dilakukan di sebuah grup chat pada masing-masing kelas yang sudah ditentukan. 

Dalam sebuah kegiatan berdiskusi tersebut para murid dan guru masing-masing bisa untuk melampirkan sebuah file yang berbentuk dokumen maupun foto. Guru juga bisa untuk memberikan komentar untuk tugas yang sudah diberikan pada para siswanya yang belum memahami tentang tugas tersebut. 

Fitur LMS Yang Mendukung Dalam Proses Pembelajaran Online

Sebuah aplikasi LMS yang sudah memiliki lisensi biasanya mempunyai berbagai fitur yang unggulan, diantaranya adalah :

Melakukan Pendaftaran Online

Fitur untuk melakukan pendaftaran adalah sebuah fitur yang memang diperlukan dan wajib dimiliki oleh LMS. Dengan adanya fitur ini nantinya para siswa akan bisa melakukan pendaftaran dirinya dengan cara online melalui halaman LMS dan bisa melihat silabus yang sudah dipersiapkan oleh para guru masing-masing. 

Fitur pendaftarannya juga harus sangat mudah untuk digunakan karena nantinya akan berkaitan dengan berbagai pembayaran yang khusus melalui berbagai metode pembayaran yang sudah disediakan. 

User Interface Yang Mudah Untuk Di Pakai

LMS yang memiliki kualitas yang bagus pastinya akan tersedia dan menyajikan interface yang cukup menarik, tidak sulit untuk diakses, dan para penggunanya mudah dalam menggunakannya. 

Penggunaan LMS juga tidak akan dibingungkan pada saat menggunakannya, Bagi penyedia LMS, untuk fitur antarmuka yang menarik perhatian juga mampu memberikan kesan estetika pada halaman web LMS sehingga mampu untuk bisa menarik para calon penggunaannya yang baru. 

Kelebihan Dari Menggunakan LMS

  1. Para murid dapat memanfaatkan paket datanya untuk mencari sebuah pembelajaran yang memang sesuai. Sehingga nantinya siswa tidak perlu dikhawatirkan  tertinggal dalam mata pelajaran, dan tidak membutuhkan biaya yang mahal supaya mendapatkannya. 
  2. Siswa mempunyai alternatif internet yang dapat dipakai sebagai media pembelajaran mereka dan dapat dijadikan acuan untuk mencari sebuah referensi materinya. Sehingga nantinya, materi tidak hanya di dapat dari buku tetapi juga dari 
  3. Pengajar dapat menyampaikan sebuah materi dengan cara yang berbeda-beda. Lewat e-learning penyampaian berbagai materi akan lebih terasa inovatif dan kreatif. Dan siswa akan lebih begitu paham dengan mencari materi tambahan yang ada di internet. 
  4. Untuk kegiatan belajar mengajarnya akan menjadi lebih efektif entah itu dari segi waktu maupun lokasinya. 
  5. Guru bisa cepat mengumpulkan, mencari, beserta menyampaikan sebuah konten belajar pada siswanya. 
  6. Memberikan kemudahan untuk para pekerja akademik di dalam mengelola dan melakukan pengolahan data administrasi kelembagaan menggunakan jaringan internet. 

Selamat! Indonesian Cloud Jetski Racing Team Peroleh Runner Up Dunia

Atlet Jetski andalan Indonesia, Aqsa Sutan Aswar berhasil menyabet Runner Up Juara Dunia untuk Indonesia dalam gelaran World Finals 2021, Lake Havasu City, Arizona-USA...

Fitur-Fitur Menarik yang Terdapat pada Saat Pembelajaran LMS dan Wajib untuk Diketahui

Akhir-akhir ini bagi kalian Bapak dan Ibu guru sudah tidak asing dengan istilah LMS atau yang sering dikenal dengan sebutan Learning Management System.  Istilah...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.