Keuntungan dan Kelemahan Cloud Computing Untuk Infrastruktur IT Perusahaan

Banyak dari Anda yang pasti sudah pernah mendengar istilah cloud computing, atau bahkan secara tidak sadar sedang menggunakan cloud computing. Cloud computing adalah sebuah istilah untuk menyimpan dan mengakses data di internet. Jadi, Anda tidak perlu menyimpan data atau file apa pun di hard disk komputer. Dalam cloud computing, Anda bisa mengakses data yang Anda miliki asal memiliki koneksi internet.

Kali ini Indonesian Cloud akan berbagi informasi mengenai keuntungan dan kelemahan penggunaan cloud computing untuk infrastruktur IT perusahaan anda.

Keuntungan menggunakan cloud computing

Selain bisa menghemat kapasitas penyimpanan di hard disk komputer atau laptop, sejatinya Anda juga akan mendapatkan deretan keuntungan lainnya seperti berikut ini:

  • Biaya lebih hemat dibandingkan on-site server

Memangkas biaya bisa dibilang merupakan keuntungan paling besar dari penggunaan cloud computing. Cloud computing akan membantu Anda menghemat ongkos yang cukup signifikan karena tidak memerlukan tambahan perangkat keras dalam penggunaannya. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar orang atau karyawan untuk memelihara perangkat keras. Pembelian dan pemeliharaan peralatan cloud computing sudah disediakan oleh penyedia layanan cloud.

  • Memudahkan manajemen bisnis

Cloud computing menawarkan kemudahan manajemen bisnis . Cloud computing membuat Anda bisa mengakses data atau aplikasi di mana dan kapan pun tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang untuk instalasi.

  • Kecepatan load tinggi

Cloud computing bisa membuat Anda menerapkan layanan secepat mungkin hanya dalam beberapa klik. Penerapan yang cepat seperti ini memungkinkan Anda mendapatkan sumber daya yang diperlukan lebih cepat pula untuk sistem Anda hanya dalam beberapa menit.

  • Adanya fitur back-up dan pemulihan data

Ketika data-data yang Anda punya sudah tersimpan di cloud, akan mudah juga untuk back-up dan pemulihan data. Hal sebaliknya akan terjadi jika Anda belum menggunakan cloud computing.

  • Integrasi software otomatis

Di cloud, integrasi software adalah sesuatu yang terjadi secara otomatis. Karena itu, Anda tidak memerlukan usaha tambahan untuk mengatur dan mengintegrasi aplikasi Anda sesuai preferensi.

  • Reliability

Reliability adalah salah satu keuntungan terbesar penggunaan cloud computing. Anda akan selalu dapat mendapatkan update secara instan tentang pembaruan aplikasi.

  • Kapasitas penyimpanan tanpa batas

Cloud menawarkan kapasitas yang hampir tanpa batas. Anda bisa kapan pun menambah kapasitas yang Anda punya dengan tambahan biaya yang sudah ditentukan.

  • Memungkinkan kolaborasi tim lebih baik

Platform cloud computing membantu karyawan-karyawan yang berlokasi di tempat berbeda untuk bisa berkolaborasi dengan nyaman dalam bekerja.

  • Implementasi yang cepat

Terakhir bukan berarti tidak penting. Cloud computing memberikan Anda keuntungan soal penerapan cepat. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan cloud, seluruh sistem Anda bisa sepenuhnya berfungsi hanya dalam beberapa menit. Kendati begitu, jumlah waktu yang dibutuhkan sebenarnya tergantung dari teknologi apa yang digunakan pada bisnis Anda.

  • Keuntungan lainnya

Selain keuntungan yang sudah disebutkan di atas, ada juga keuntungan lainnya sebagai berikut ini :

  1. Layanan mandiri on-demand
  2. Multi-tenancy
  3. Komputasi yang tangguh
  4. Virtualisasi yang cepat dan efektif
  5. Software yang murah
  6. Keamanan online yang canggih
  7. Lokasi dan perangkat mandiri
  8. Selalu tersedia, menskalakan secara otomatis untuk menyesuaikan dengan peningkatan permintaan
  9. Bayar sesuai penggunaan
  10. Kendali dan antarmuka berbasis web
  11. Tersedia akses API

Tantangan dalam menggunakan cloud computing

Meskipun menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan, cloud computing juga memiliki tantangan seperti berikut ini:

  • Isu teknis

Teknologi pada cloud selalu rentan terhadap pemadaman atau isu teknis lainnya. Bahkan, penyedia layanan cloud terbaik pun sangat mungkin berhadapan dengan tipe masalah ini, meskipun sudah menerapkan maintenance dengan standar yang tinggi.

  • Ancaman keamanan

tantangan lain saat sedang bekerja menggunakan layanan cloud computing adalah risiko keamanan. Sebelum mengadopsi teknologi cloud, Anda harus paham betul bahwa Anda akan membagi seluruh informasi sensitif perusahaan kepada pihak ketiga yakni penyedia layanan cloud computing. Bahkan para hacker bisa memiliki akses kepada informasi ini.

  • Downtime

Downtime juga menjadi pertimbangan ketika bekerja menggunakan cloud computing. Ini terjadi karena penyedia layanan cloud computing Anda mungkin kehilangan power, koneksi internet lambat, perawatan rutin, dan lain-lain.

  • Konektivitas internet

Koneksi internet yang baik adalah hal yang harus dimiliki saat Anda menggunakan cloud. Anda tidak bisa mengakses cloud tanpa koneksi internet. Lebih lanjut, tidak akan ada cara lain untuk mengakses data Anda di cloud tanpa menggunakan internet.

  • Bandwidth terbatas

Banyak dari penyedia layanan cloud membatasi penggunaan bandwidth dari penggunanya. Jadi, ketika organisasi atau perusahaan Anda melebihi jatah yang sudah disediakan, biasanya akan ada biaya tambahan yang cukup mahal.

  • Kurangnya customer support

Perusahaan-perusahaan cloud computing terkadang gagal menyediakan layanan custommer support yang layak. Mereka kadang hanya ingin para penggunanya bergantung pada FAQ atau bantuan secara online, yang kadang menjadi pekerjaan yang cukup membosankan bagi orang non-teknis.

Sebenarnya tantangan-tantangan ini dapat ditangani dengan mengambil jasa tambahan seperti managed IT services atau addon cyber security jika memang perusahaan anda membutuhkan bantuan dan proteksi prioritas. Dengan sedikit tambahan budget, anda dapat menikmati layanan cloud computing seperti memiliki tim dan server on-premise sendiri.

Kesimpulan

Meskipun memiliki banyak keuntungan maupun kekurangan, kita tidak bisa menepis fakta bahwa cloud computing dewasa ini sedang berkembang cepat. Meskipun begitu, tak bisa dibantah bahwa cloud computing menawarkan keuntungan yang sangat besar kepada berbagai lapis penggunanya, mulai dari pengguna perorangan, developer, perusahaan besar, dan semua tipe organisasi. Maka itu, tipe teknologi seperti ini bisa dipastikan akan bertahan lama.

Di Indonesian Cloud, kami menyediakan public cloud yang tersedia berdasarkan permintaan tanpa perlu membangun infrastruktur atau menyewa tempat. Juga ada private cloud yang dibuat dan dioperasikan hanya untuk satu customer saja, sehingga layanan ini secara server fisik (hardware) tidak akan digabungkan dengan customer yang lain. .

Apa Itu Cloud Server?

Cloud server adalah sebuah server virtual yang berjalan di lingkungan cloud computing. Cloud server membangun, menyimpan, dan mengirim setiap data via platform cloud computing...

10 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Merekrut Cloud Engineer

Apa Anda sedang membangun aplikasi yang akan berjalan di Google Cloud Platform (GCP) atau Amazon Web Services (AWS)? Atau sedang migrasi dari suatu aplikasi...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.

× Butuh Bantuan? Chat Kami!