Fungsi dan Kelebihan SLIK OJK

Untuk Anda yang sudah pernah lakukan pengajuan kredit, pastinya sudah tak asing dengan BI Checking. Pasalnya, lolos dari itu adalah salah satu syarat wajib untuk dipenuhi ketika ajukan permohonan kredit. Namun saat ini, layanan tersebut sudah tidak ada, sudah berganti nama menjadi SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan. 

SLIK sendiri merupakan layanan yang serupa dengan layanan sebelumnya dengan iDeb (Informasi Debitur) yang isinya mengenai riwayat kredit atau informasi mengenai debit virtual calon debitur. Walaupun begitu, ruang lingkup dari iDeb menjadi lebih luas, yaitu berupa lembaga keuangan bank, non-bank, serta finance (lembaga pembiayaan). 

SLIK OJK go id mempunyai beberapa fungsi dan kelebihan. Nah, di bawah ini adalah fungsi serta kelebihan tersebut:

Fungsi SLIK OJK
Fungsi yang utama dari SLIK sebenarnya telah tercantum secara jelas pada Surat Edaran OJK Nomor 50/SEOJK.03/2017 mengenai pelaporan serta permintaan iDeb (Informasi Debitur). Pada Surat Edaran tersebut telah dijelaskan mengenai SLIK yang dapat digunakan untuk lancarkan proses dari penyediaan dana, penerapan manajemen risiko, tingkatkan disiplin industri keuangan, serta penilaian kualitas dari debitur. Apabila dibandingkan SID (Sistem Informasi Debitur), SLIK merupakan suatu sistem yang didalamnya memiliki cakupan akses luas sekali. 

Hal itu bisa terjadi karena sistem yang SID terapkan hanya mampu untuk akses lembaga perbankan atau lembaga penyedia layanan keuangan melalui BI saja. Namun sekarang, semuanya dapat dilakukan secara mudah dengan adanya SLIK OJK go id, maka sudah tak lagi lewat BI. 

Bank Umum, BPR, Bank Umum Syariah, hingga unit usaha syariah yang lain adalah pihak kreditur yang seharusnya menjadi pelapor. Tak hanya itu, beberapa pihak yang lain pun diberikan ijin untuk jadi pelapor, seperti fintech atau financial technology, lembaga keuangan mikro, hingga koperasi simpan pinjam yang telah terdaftar dan tentunya penuhi syarat khusus. 

Ada beberapa data pokok pada SLIK, misalnya saja, nama, tempat tanggal lahir, alamat serta NIK. Kemudian, SLIK pun memiliki data keuangan debitur yang lengkap sekali yang asalnya dari informasi berkaitan pinjaman, seperti jenis pinjaman, kualitas dari pinjaman, hingga plafon kredit. Selain itu, informasi yang berkaitan fasilitas kredit maupun pembiayaan, penjamin, agunan, surat berharga sampai transaksi rekening administratif pun ada di dalam SLIK. 

Kelebihan dari SLIK OJK

Setelah ketahui fungsi dari SLIK OJK, Anda juga perlu untuk mengetahui kelebihannya apabila dibandingkan yang terdahulu. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Proses persetujuan kredit lebih cepat. Ini khusus ditujukan pada para pengaju yang punya riwayat pinjaman dan skor baik. 
  • Meluaskan akses untuk para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di dalam ajukan pinjaman atau kredit. Terutama apabila para pengaju punya reputasi keuangan bagus. SLIK OJK akan membantu peminjam ataupun pemberi kredit untuk terus jaga reputasi kredit.

Nah, itulah fungsi serta kelebihan dari SLIK OJK go id yang memang sebaiknya diketahui. Semoga bermanfaat!

Selamat! Indonesian Cloud Jetski Racing Team Peroleh Runner Up Dunia

Atlet Jetski andalan Indonesia, Aqsa Sutan Aswar berhasil menyabet Runner Up Juara Dunia untuk Indonesia dalam gelaran World Finals 2021, Lake Havasu City, Arizona-USA...

Fitur-Fitur Menarik yang Terdapat pada Saat Pembelajaran LMS dan Wajib untuk Diketahui

Akhir-akhir ini bagi kalian Bapak dan Ibu guru sudah tidak asing dengan istilah LMS atau yang sering dikenal dengan sebutan Learning Management System.  Istilah...

Share

#Trending

Promosi

Jalani bisnis atau industri anda bersama Indonesian Cloud

Dapatkan tawaran menarik dengan mendaftar ke Newsletter kami.