Blog

Cloud Disaster Recovery, Solusi Untuk Menjaga Bisnis Anda

Sebagai Cloud Service Provider, IndonesianCloud memiliki beberapa layanan solusi untuk cloud-yaitu Infrastructure Solutions, Business Solutions dan Consulting Solutions. Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai solusi yang ditawarkan oleh Infrastructure Solutions, yaitu Solusi Cloud DR (Disaster Recovery).

Apa sih Disaster Recovery itu?? Disaster Recovery adalah Pemulihan Bencana.

Sekarang ini, hampir 80% perusahaan yang ada di Indonesia tidak memiki  DRC (Disaster Recovery Center). Padahal bisnis suatu perusahaan sangat bergantung kepada Primary Data Center, karena semua informasi dan raplikasinya tersimpan di dalam data center. Hal ini akan menjadi sangat kritikal ketika Primary Data Centertersebut terkena bencana, walaupun hanya beberapa saat maka secara otomatis akan mengganggu kelangsungan bisnis suatu perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki DRC (Disaster Recovery Center)  untuk menjamin kelangsungan bisnisnya ketika terjadi suatu bencana atau gangguan yang tidak direncanakan.

Keuntungan menggunakan Cloud Disaster Recovery :

1. Cost Effective

Biaya akan menjadi concern pertama, ketika suatu perusahaan memutuskan untuk menggunakan DR. Dengan menggunakan Cloud, Anda hanya membayar premi-nya saja seperti asuransi, yang artinya hanya membayar biaya storage dan replikasinya saja setiap bulannya (jika tidak ada bencana). Namun jika suatu saat Primary Data Center tersebut terkena bencana, maka secara otomatis DR akan aktif dan setelah itu baru Anda membayar seluruh resource yang dibutuhkan (CPU, RAM dan Storage) sesuai dengan berapa lama aktifnya DR tersebut

2. No Loss Data

Salah satu keuntungan jika menggunakan Cloud Disaster Recovery, tidak ada data yang hilang selama proses migrasi. Dalam hal ini, sebagai penyedia jasa layanan cloud, kami memanfaatkan Public Cloud dengan teknologi virtualisasi dari VMware. Ini dapat diandalkan untuk memulihkan bencana, sehingga bisa menghindari hilangnya data–data penting perusahaan.

3. Rapid Recovery

Dengan cloud rencana pemulihan sangat simpel dan tetap sinkron dengan setiap perubahan data yang terjadi, dibandingkan menggunakan traditional DR yang memiliki mekanisme replikasi yang sangat kompleks.

Jika  menggunakan data center yang sifatnya masih physical (IT Traditional), traditional DR sangat mahal karena Anda perlu membangun Secondary Data Centeryang sama persis dengan Primary Data Center. Bayangkan jika Anda menggunakan traditional DR ini, berapa biaya dan waktu yang anda butuhkan untuk membangun kedua datacenter ini.

Sebagai pebisnis, sangat penting memiliki Plan B untuk melindungi aplikasi dan data perusahaan agar bisnis Anda tetap berjalan lancar. Ini penting karena Anda harus menjaga kelangsungan bisnis Anda.

Cloud DR adalah solusi yang tepat untuk menjaga kelancaran bisnis Anda.

Oleh : Ayu Mulyasari, Sales Manager – IndonesianCloud

Share:
0 comments on Cloud Disaster Recovery, Solusi Untuk Menjaga Bisnis Anda

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *