Blog

Aplikasi Sosial Dalam Menumbuhkan Kesadaran Akan Penggunaan Cloud Computing

Belakangan ini topik mengenai cloud computing sedang marak diperbincangkan di berbagai kalangan masyarakat. Akan tetapi permasalahannya adalah tidak semua tahu definisi cloud computing. Ketika seseorang ditanya mengenai apa itu cloud computing, sebagian dari mereka menjawab ‘tidak tahu’, lalu sebagian dari mereka menjawab ‘tidak tahu karena tidak pernah menggunakannya’. Padahal faktanya, kita yang hidup pada era sekarang ini tanpa disadari sudah menggunakan teknologi cloud computing itu sendiri.

Apakah anda pernah membayangkan di era sekarang ini ketika anda ingin memberikan informasi atau pesan pada orang lain, anda masih harus mengirimkan burung merpati agar pesan tersebut dapat diantarkan atau apakah anda pernah membayangkan ketika informasi tersebut masih berbentuk kertas dimana anda harus membawa kemanapun anda pergi jika membutuhkannya?

Maka teknologi email muncul untuk memecahkan keterbatasan itu dan hingga saat ini email berkembang begitu pesat. Gmail, Yahoo atau Hotmail merupakan bentuk dari teknologi cloud. Setiap pesan yang terkirim dan diterima, lalu kontak dan fitur lainnya tidak hanya disimpan pada personal komputer anda, melainkan pada Cloud Server dan ketika anda membutuhkan pesan atau kontak, anda tidak perlu lagi pergi ke personal komputer anda, anda bisa mengaksesnya dimana saja.

Selain layanan email, ada sejumah aplikasi lainnya yang menggunakan teknologi cloud computing. Sebut saja Google Docs, aplikasi Google ini memudahkan anda untuk membuat file, mengedit file bahkan berbagi file ke rekan kerja atau teman tanpa perlu kalut mencari flash disk untuk menyimpan file tersebut. Semua file tersimpan di clouddimana yang anda perlu lakukan hanyalah membuat akun di aplikasi tersebut, selanjutnya anda bisa secara nyaman mengolah data langsung tanpa perlu melakukan instalasi terlebih dahulu. Sama halnya ketika anda ingin menyimpan data tetapi tidak mempunyai media penyimpanan yang cukup, permasalahan lain muncul ketika media penyimpanan data anda itu tertinggal, maka cloud computing menjadi solusi dari permasalahan itu. Banyak aplikasi gratis yang menawarkan ruang penyimpanan file hingga beberapa GigaByte, anda dapat unggah file, audio, video, gambar atau dokumen lainnya secara mudah karena penyimpanan data ini secara virtual, maka anda bisa mengaksesnya dimana saja asal terhubung dengan internet.

Lalu bagaimana dengan aplikasi sosial yang menghiasi kehidupan sekarang ini. Twitter, Facebook, LinkedIn, bahkan YouTube memanfaatkan teknologi cloud computing dengan melibatkan kemampuan manajemen pengguna jejaring sosial. Dari satu pengguna ke pengguna lain, segala sesuatu yang anda post atau tweet akan tersimpan dalam media penyimpanan data secara cloud yang nantinya ditujukan untuk berbagi data yang tersimpan ke seluruh pengguna jejaring sosial yang memungkinan pengguna untuk mengakses data yang tersimpan secara fleksibel karena setiap data selalu ada dan tersimpan dengan baik.

Facebook dan Twitter misalnya adalah jejaring sosial yang menyediakan penggunaan halaman profil pribadi dimana anda bisa posting pesan, foto dan media lain. Semua itu dapat di share dengan pengguna lain. Lalu YouTube dimana anda bisa unggah video dan mengomentari video pengguna lain, dalam satu bulan mencapai satu milyar pengguna mengunjungi jejaring sosial itu. Aplikasi SoundCloud dimana anda bisa merekam suara anda secara online dan langsung mengunggahnya agar dapat di share ke pengguna lain. Sehubungan dengan hal itu YouTube dan SoundCloudmemanfaatkan teknologi Cloud yang bertanggung jawab untuk mengirimkan dan melayani konten video dan audio. Bukan hanya keempat aplikasi sosial diatas, begitu banyak aplikasi lain seperti Path, LinkedIn, Flickr, dan Instant Messaging WhatsAppyang memanfaatkan teknologi cloud ini.

Aplikasi diatas sudah pasti selalu anda jumpai setiap harinya, kemungkinan besar juga anda gunakan guna menunjang kegiatan anda dalam bekerja. Sayangnya, kerap kali kita tidak acuh akan hal yang paling dasar sekalipun seperti itu, kita hanya asal meggunakannya tanpa pernah tahu proses apa dan bagaimana dibalik aplikasi yang kita gunakan, padahal kenyataannya kita sudah dibuat nyaman dan mudah karena aplikasi tersebut. Jadi jika ada yang bertanya pada anda apa cloud computing itu, maka katakan pada mereka bahwa anda tahu karena anda menggunakannya setiap hari.

 

Oleh: Novi Kurniasih, IndonesianCloud Operations

Share:
0 comments on Aplikasi Sosial Dalam Menumbuhkan Kesadaran Akan Penggunaan Cloud Computing

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *